Tahukah Anda bahwa ternyata tanda dan gejala awal sipilis pada pria dan wanita biasanya ditandai dengan adanya luka yang disebut chancre? Lalu bagaimanakah penyakit ini menular dari satu orang ke orang lainnya?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gejala sipilis pada pria perlu Anda ketahui bahwa penyakit sipilis ataupun raja singa adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan jika tidak segera diobati maka penyakit ini menyebabkan komplikasi jangka panjang

Baca Juga: 7 Bahaya Penyakit Menular Seksual

Diketahui penyakit sipilis ini ditularkan dari satu orang ke orang lain saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki infeksi, dan bakteri ini juga dapat menular melalui aktivitas seks anal maupun seks dan oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Namun, sayangnya banyak pria yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit sipilis dan secara tidak sengaja telah menularkannya pada pasangan seks dan hal ini disebabkan gejala sipilis yang tidak dapat terlihat dan dirasakan dengan jelas.

Penyebab Dan Penularan Infeksi Sifilis

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum dan bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh seseorang melalui aktivitas seksual dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa jika tidak segera di atasi penyakit ini bisa menyebabkan banyak kerusakan.

Selain itu pria yang aktif melakukan hubungan seksual sangat mudah terinfeksi oleh bakteri ini dan berikut ini beberapa aktivitas seksual yang sangat mudah untuk menularkan infeksi diantaranya:

- Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang menderita sipilis

- Bergonta-ganti pasangan seksual saat berhubungan seks

- Berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya

- Memiliki infeksi penyakit kelamin

- Penyebaran infeksi bakteri ini sangat mudah menular melalui hubungan seks yang tidak aman. Sebaiknya, Anda menghindari berhubungan seksual dengan sembarang pasangan dan gunakan pengaman ketika ingin melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru.


Waspada, Inilah Gejala Awal Sipilis Pada Pria dan Wanita


Tahukah Anda bahwa ternyata penyakit sipilis memiliki beberapa tahap dengan gejala yang berbeda dan tidak sedikit penderita sipilis yang bingung dengan gejala dan tahap dari penyakit ini.

Seorang pria dan wanita yang terinfeksi penyakit sipilis bisa saja tidak memiliki gejala sama sekali, namun infeksi tetap berkembang di dalam tubuh terlebih jika tidak dilakukan pengobatan.

Baca Juga: Obat Herves Sesuai Ciri-Cirinya

Perlu Anda catat bahwa gejala awal sipilis pada pria maupun pada wanita biasanya ditandai dengan munculnya luka terbuka tanpa rasa sakit di sekitar kelamin dan luka ini biasanya bisa ditemukan pada Mr P, buah zakar, dan di area kelamin lainnya.

Selain luka, gejala sipilis akan disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil dan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga banyak yang tidak menyadari gejala ini dan secara tidak sadar menularkan infeksi ini kepada pasangan saat berhubungan seksual.


Inilah, Gejala Sipilis Berdasarkan Tahapan nya



Perlu Anda ketahui bahwa gejala sipilis memiliki empat tahap dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap tahapnya dan dengan mengetahui gejala awal sipilis pada pria dan wanita berdasarkan tahapan nya sehingga dapat mempermudah untuk melakukan pencegahan.

- Gejala Sipilis Tahap Primer
Ini merupakan tahap pertama penyakit sipilis dan gejala awal sipilis pada pria ditandai dengan munculnya beberapa gangguan ringan pada permukaan kulit kelamin seperti adanya luka terbuka (chancre).

Pada pria, luka ini dapat ditemui di kepala Mr P, batang Mr P, dan sekitar skrotum dan luka ini akan terbentuk sekitar 9 hari bahkan 3 bulan setelah terpapar infeksi bakteri.

Anda bisa terinfeksi sipilis jika melakukan kontak langsung dengan luka chancre ini, selain itu jika pria maupun wanita mengalami gejala ini dan tidak melakukan pengobatan, maka kemungkinan besar infeksi akan berkembang dan menimbulkan gejala pada tahap selanjutnya.

- Tahap Sekunder
Gejala sipilis ditahap sekunder akan terjadi setelah beberapa minggu terjadinya tahap primer, dan biasanya setelah chancre di anggap sembuh. Banyak yang mengira bahwa mereka sudah terbebas dari penyakit sipilis karena luka (chancre) menghilang.

Namun, ditahap ini pria maupun wanita yang menderita sipilis akan mengalami ruam pada kulit dan ruam ini umumnya terdapat pada telapak tangan dan kaki meskipun biasanya ruam bisa terjadi di seluruh badan.

Ruam ini tidak disertai dengan rasa gatal yang sering di salah artikan sebagai penyakit lain dan banyak yang beranggapan bahwa kondisi ini biasa saja sehingga mereka tidak melakukan pengobatan.

Pada tahap ini pria yang menderita sipilis akan mengalami nyeri otot, sakit kepala, kerontokan pada rambut dan biasanya ditahap kedua gejala akan muncul dan menghilang pada waktu yang tidak dapat ditentukan dan jika tidak dilakukan pengobatan, maka gejala akan berlanjut ke tahap berikutnya.

Baca Juga: Bukan Cuman Seks, Ternyata 2 Hal Ini Bisa Sebabkan Penyakit Kelamin

- Tahap Laten
Diantara tahap sekunder dan tahap tersier infeksi mungkin akan bersifat laten atau tidak menimbulkan gejala sama sekali. Hanya saja pada tahap ini gejala yang terjadi pada tahap sebelumnya dapat kambuh dan menyebabkan kondisi yang semakin buruk jika tidak segera diobati.

- Tahap Tersier
Tahap akhir sipilis tidak menimbulkan gejala tetapi akan menyebabkan banyak kerusakan pada organ tubuh. Kerusakan akan meliputi sistem saraf, otak, jantung bahkan penderita akan mengalami kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan dari medis.

Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak diobati dan mendapatkan penanganan dari dokter. Itulah betapa pentingnya untuk mengetahui gejala awal sipilis pada pria sehingga lebih mudah untuk melakukan pencegahan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai tanda dan gejala awal sipilis pada pria dan jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki salah satu gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk segera mengatasinya di Klinik Utama Gracia.

Karena, jika Anda membiarkan penyakit kelamin tersebut terlalu lama dikhawatirkan bisa menyebabkan hal buruk bahkan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pada tahap akhir sipilis bisa mengakibatkan banyak kerusakan pada organ vital.

Sehingga pada intinya jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas ada baiknya untuk segera melakukan perawatan dan pengobatan di Klinik Utama Gracia dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis dengan mengklik tombol chat online di atas.



Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.