Dalam kebanyakan kasus penyakit kelamin tentunya seseorang yang terinfeksi penyakit kelamin akan mengalami gejala penyakit kelamin, namun sayangnya kebanyakan orang yang telah terinfeksi seringkali salah mengira bahwa hal tersebut merupakan gejala penyakit kelamin karena mungkin gejalanya bisa sangat ringan.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai bagi pria dan wanita terlebih bagi mereka yang aktif melakukan hubungan seksual dan umumnya penyakit ini tidak dapat di ketahui keberadaannya tanpa melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Hal tersebut terjadi karena infeksi yang berasal dari kuman tidak menimbulkan gejala yang dapat dikenali sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin dan secara tidak sadar menularkan infeksi ke pasangannya.

Jadi, cara yang tepat untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit kelamin dengan mengenali apa saja gejala penyakit kelamin dan lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Dan Penyebabnya


Tahukah Anda bahwa umumnya penyakit kelamin bisa disebabkan oleh adanya bakteri, virus dan beberapa jenis kuman yang menginfeksi kelamin dan berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis penyakit kelamin beserta infeksi penyebabnya yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

- Kutil Kelamin
Umumnya kutil kelamin disebabkan oleh virus yang bernama human papillomavirus (HPV). Virus ini memiliki banyak jenis dengan tingkat bahaya dan penyakit yang ditimbulkan berbeda-beda pada setiap jenis strainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kutil Pada Kelamin

Benjolan daging berukuran kecil yang muncul di sekitar kelamin menjadi gejala utama penyakit kelamin yang harus Anda waspadai keberadaannya.

- Herpes Kelamin
Selanjutnya, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yaitu herpes kelamin dan penyakit ini umumnya disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh adanya herpes simpleks virus (HSV).
Akan tetapi biasanya herpes kelamin dapat disebabkan oleh HSV- tipe 1 dan HSV tipe 2, namun yang umum menyebabkan herpes kelamin adalah virus HSV tipe 2.

Gejala penyakit kelamin herpes ditandai dengan munculnya luka yang muncul di sekitar kelamin, mulut dan anus. Selain dua jenis di atas penyakit kelamin akibat infeksi virus yang sering terjadi seperti HIV/Aids.

- Gonore
Penyakit gonore ataupun kencing nanah umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae, biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan yang menyerupai nanah dari alat kelamin.

Baca Juga: Selain Seks Inilah 5 Faktor Penyebab Raja Singa

- Sifilis
Penyakit sifilis atau dikenal dengan raja singa disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan dalam kebanyakan kasus penyakit ini sangat sulit untuk mengetahui gejalanya karena memiliki gejala yang berbeda-beda.

 

Bahaya, Inilah 4 Gejala Penyakit Kelamin yang Harus Anda Ketahui!!



Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dalam kebanyakan kasus seseorang yang telah terinfeksi penyakit kelamin seringkali mengalami beberapa gejala dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala umum penyakit kelamin, diantaranya:

1. Keluar Cairan Tidak Normal Dari Alat Kelamin
Umumnya, gejala penyakit kelamin yang ditandai dengan keluarnya cairan abnormal dari kelamin disebabkan oleh infeksi bakteri.

Biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh penyakit akibat infeksi bakteri seperti gonore, sifilis dan trikomoniasis, dan biasanya kaum wanita akan mengalami gejala seperti timbulnya cairan keputihan yang tidak normal dengan ciri-ciri keputihan telah berubah warna, terasa gatal dan menimbulkan bau busuk.

2. Buang Air Kecil Terasa Sakit
Tahukah Anda bahwa biasanya seseorang yang aktif secara seksual dan telah terinfeksi penyakit kelamin seringkali merasakan sakit saat buang air kecil? dan biasanya terjadi akibat adanya infeksi yang menyerang area kelamin.

Biasanya pada pria dan wanita yang terinfeksi gonore, sifilis dan trikomoniasis akan menyebabkan penderitanya merasakan gejala dengan kondisi ini dan terkadang, urin juga akan berubah warna bahkan disertai darah pada urin.



3. Terasa Sakit Di Perut Bagian Bawah
Umumnya, kondisi seperti ini akan di alami oleh wanita yang menandakan bahwa seseorang sedang terinfeksi oleh penyakit kelamin.

Rasa sakit yang terjadi di perut bagian bawah akan menyebabkan terjadinya radang panggul akibat bakteri yang menginfeksi rahim dan bagian perut sehingga menimbulkan peradangan.

4. Nyeri Saat Berhubungan Seksual
Rasa sakit dan nyeri saat berhubungan seksual merupakan kondisi yang umum di alami oleh kebanyakan wanita yang telah terinfeksi penyakit menular seksual.
Tetapi, jika kondisi ini terus menerus terjadi setiap Anda melakukan hubungan seksual maka ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Namun, sayangnya gejala penyakit kelamin seperti ini sering di abaikan oleh wanita dan mereka tidak menyadari sedang terinfeksi oleh penyakit kelamin.


Lalu, Faktor Apakah yang Menyebabkan Seseorang Terinfeksi Penyakit Kelamin?


Tahukah Anda bahwa sebagian besar penyakit kelamin disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman.? Karena hubungan seks seperti ini menjadi faktor penularan infeksi yang sangat mudah untuk berkembang dan ditularkan kepada pasangan seks selanjutnya.

Dan karena itulah mengapa seks bebas sangat berbahaya jika terus dilakukan, maka sebaiknya, Anda menghindari aktivitas seks seperti ini jika tidak ingin terinfeksi penyakit kelamin yang akan membahayakan kesehatan Anda.

Saya Mengalami Gejala Penyakit Kelamin Seperti Di Atas, Bagaimana Cara Mengatasinya?



Jika Anda aktif secara seksual dan mengalami salah satu gejala penyakit kelamin seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Penyakit Kelamin.

Biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan kepada pasien dan masing-masing pemeriksaan mungkin akan berbeda-beda tergantung pada kondisi gejala yang dialami oleh pasien, kemudian dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat untuk pasien.

Selain itu ada baiknya jika Anda merasa gejala-gejala seperti di atas maka segeralah melakukan pengobatan secepatnya karena pengobatan yang tepat akan lebih mudah dilakukan dan kemungkinan untuk sembuh total lebih besar.

Baca Juga: 5 Penyakit Kelamin Ini Sering Menginfeksi Pasangan Seks

Karena jika penyakit menular seksual dibiarkan terlalu lama tanpa menjalani pengobatan yang tepat maka kemungkinan besar akan memperburuk keadaan pasien dan mungkin saja bisa menyebabkan kerusakan yang tak bisa diperbaiki.

Nah, itulah beberapa gejala penyakit kelamin yang bisa Anda jadikan panduan untuk mengetahui adanya infeksi yang menyerang kelamin Anda, akan tetapi untuk memastikan hal tersebut merupakan gejala penyakit kelamin maka memerlukan pemeriksaan medis dan jangan biarkan gejala ini terjadi terlalu lama tanpa dilakukan tindakan pencegahan dengan melakukan pengobatan.

Sehingga pada intinya jika Anda aktif secara seksual dan ingin melakukan konsultasi mengenai penyakit kelamin yang sedang Anda alami maka silahkan melakukan konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia dengan mengklik layanan konsultasi gratis di atas ini.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.