Apakah Anda aktif secara seksual dan sering berganti pasangan dan pernah mengeluarkan urin seperti nanah? jika ya maka tanda terkena penyakit kelamin, lalu apa sajakah jenis penyakit kelamin dan bagaimanakah caranya untuk mengatasinya?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dapat menular melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi salah satu jenis PMS.

Baca Juga: Selain Seks, Inilah 5 Penyebab Lain Raja Singa

Dan biasanya penyakit kelamin paling sering menyerang ataupun menginfeksi pria dan wanita yang sudah aktif berhubungan seksual yang cenderung memiliki hubungan seksual yang tidak aman.

Namun, sayangnya masih banyak pria dan wanita yang tidak memperhatikan tanda terkena penyakit kelamin yang mereka alami, sehingga mereka tidak menyadari sedang terinfeksi oleh penyakit kelamin dan secara tidak sengaja menularkan penyakit kelamin pada pasangan seks.



Keluar Urin Seperti Nanah? Awas Tanda Terkena Penyakit Kelamin !!



Tahukah Anda bahwa penyakit kelamin memiliki banyak jenis yang berbeda-beda dan tidak semua penyakit kelamin dapat dialami oleh wanita begitupun sebaliknya, dan berikut di bawah ini adalah jenis-jenis dan gejala penyakit kelamin yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Gonore

Gonore adalah salah satu penyakit kelamin yang umum terjadi di Indonesia dan penyakit gonore atau kencing nanah ini disebabkan oleh adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae yang ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Dan umumnya penyakit kelamin gonore akan ditandai dengan keluarnya cairan nanah, sehingga seringkali masyarakat di Indonesia menyebut penyakit ini sebagai penyakit kencing nanah.

- Sifilis

Penyakit sifilis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum dan penyakit sifilis dikenal dengan sebutan penyakit raja singa adalah jenis penyakit yang sulit untuk diketahui gejalanya.

Penyakit ini akan menyerang kesehatan area kulit kelamin penderitanya dan merupakan penyakit yang sangat menular, selain itu jika tidak diobati maka penyakit ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada orang yang menderita.

- Kutil Kelamin

Genital wart atau kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang sangat mudah menyebar dan biasanya penderita akan mengetahui tanda terkena penyakit kelamin kutil kelamin dengan munculnya benjolan daging di sekitar alat kelamin mereka.



Baca Juga: Seks Oral Sebabkan Kutil Kelamin, Mitos Atau Fakta?

Tetapi, tidak semua pertumbuhan kutil kelamin dapat diketahui sehingga banyak penderita tidak mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit ini, sehingga untuk memastikan hal tersebut membutuhkan bantuan dari medis.

- Herpes Kelamin

Tahukah Anda bahwa umumnya penyakit herpes disebabkan oleh jenis virus HSV 1 dan HSV 2, akan tetapi, yang sering menyebabkan herpes kelamin adalah HSV tipe 2 dan perlu Anda ketahui bahwa penyakit herpes kelamin merupakan jenis penyakit kelamin dengan tingkat bahaya yang sangat tinggi.

Penyakit ini akan menginfeksi pria dan wanita disertai dengan gejala luka di sekitar tubuh atau alat kelamin dan infeksi dapat menular kepada orang lain melalui luka tersebut, sehingga dengan melakukan pencegahan diawal untuk penyakit herpes kelamin sangat diperlukan bagi penderita penyakit ini.



Waspadai, Inilah Beberapa Tanda Terkena Penyakit Kelamin



Seperti yang sudah kita ketahui tidak ada orang yang ingin mengalami penyakit kelamin jenis apapun, untuk itu sangat diperlukan mengetahui tanda terkena penyakit kelamin dan melakukan pencegahan sedini mungkin setelah Anda mengalami gejalanya.

Dan berikut di bawah ini merupakan tanda terkena penyakit kelamin yang umum terjadi pada seseorang, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Sakit Saat Buang Air Kecil

Tahukah Anda bahwa pada kondisi normal biasanya Kita tidak merasakan sakit atau gangguan apapun pada saat buang air kecil?

Akan tetapi, saat seseorang terinfeksi oleh virus atau bakteri penyakit kelamin maka kemungkinan besar akan mengalami gejala seperti terasa sakit saat buang air kecil dan biasanya rasa sakit ini sangat menyiksa dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi mereka yang mengalaminya.

- Nyeri Saat Berhubungan Intim

Mungkin rasa nyeri saat berhubungan seksual pernah dialami oleh beberapa pasangan, namun jika rasa nyeri ini terjadi hampir setiap saat melakukan hubungan seksual, maka kemungkinan seseorang tersebut mengalami gangguan pada kesehatan kelamin yang menyebabkan memiliki infeksi dan penyakit menular seksual.

- Terasa Gatal Di Sekitar Alat Kelamin

Tanda terkena penyakit kelamin dengan rasa gatal biasanya sering diabaikan oleh penderita penyakit kelamin dan biasanya rasa gatal ini akan muncul di sekitar alat kelamin yang disertai dengan rasa nyeri dan biasanya banyak yang tidak menyadari sehingga mereka menggaruk area kelamin yang gatal dan menyebabkan infeksi pada kulit di sekitar kelamin.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Menular Seksual Paling Berbahaya

- Siklus Buang Air Kecil yang Tidak Normal

Penderita penyakit kelamin biasanya akan mengalami siklus buang air kecil yang tidak normal dan biasanya jika seseorang memiliki infeksi penyakit kelamin akan mengalami peningkatan rasa ingin buang air kecil yang terus menerus dan air kencing yang keluar akan berjumlah sedikit.

- Keluar Cairan Tidak Normal Dari Alat Kelamin

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit gonore gejala umumnya akan mengeluarkan cairan tidak normal seperti nanah, selain itu seorang wanita yang telah terinfeksi penyakit menular seksual juga sering mengalami keputihan yang tidak normal.

Dan wanita akan mengalami keputihan yang tidak normal dengan mengeluarkan debit cairan yang sangat banyak yang keluar dari kelamin yang telah berubah warna menjadi kuning kehijauan yang disertai dengan bau busuk dan rasa gatal yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

- Bengkak Dan Nyeri Pada Area Kelamin

Kondisi lainnya akan ditandai dengan pembengkakan yang terjadi pada area kelamin. Bengkak akan meliputi area Mr P, buah zakar, Miss V dan pada vulva, selain itu biasanya bengkak di area kelamin akan disertai dengan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan oleh penderitanya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Salah Satu Tanda Penyakit Kelamin?

Apabila Anda mengalami salah satu tanda dan gejala seperti di atas maka jangan panik dan ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dengan dokter Kami di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Penyakit Kelamin.

Baca Juga: Ngeri, Ini yang Terjadi Jika Kutil Kelamin Tidak Diobati

Karena semakin cepat pasien melakukan pengobatan maka tindakan pengobatan akan lebih mudah dilakukan dan kemungkinan untuk sembuh total lebih besar.

Akan tetapi jika penyakit menular seksual dibiarkan terlalu lama tanpa menjalani pengobatan yang tepat maka kemungkinan besar akan memperburuk keadaan dan mungkin saja bisa menyebabkan kerusakan

Nah, itulah tadi beberapa tanda terkena penyakit kelamin yang harus Anda waspadai, sehingga pada intinya jika Anda memiliki tanda terkena penyakit kelamin seperti di atas maka segeralah hubungi Klinik Utama Gracia untuk dilakukan tindakan lanjut pemeriksaan dan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan jenis penyakit kelamin yang sedang dialami.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online gratis dengan mengklik tombol chat online di atas dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.