Tahukah Anda bahwa penyakit kutil kelamin dapat menyerang pria dan wanita? Lalu yang jadi pertanyaannya adalah apakah penyakit kutil kelamin pria dapat menular melalui seks oral? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya baca artikel ini sampai tuntas.

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum terjadi dan disebabkan oleh adanya infeksi virus.

Penyakit ini dapat mempengaruhi pria maupun wanita yang sudah aktif dalam aktivitas seksual di usia berapapun, namun sayangnya kebanyakan pria tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi virus kutil kelamin dan secara tidak sadar menularkan infeksi ini kepada pasangan mereka.

Untuk itu sangat penting untuk melakukan pencegahan karena dengan mencegahnya lebih awal Kita dapat mencegah berbagai macam penyakit menular seksual sebelum menginfeksi Kita ataupun menginfeksi pasangan.



Inilah Penyebab Kutil Kelamin Pria Maupun Pada Wanita


Human Papillomavirus (HPV) dipercaya menjadi penyebab umum dari kutil kelamin dan virus ini memiliki ratusan jenis yang secara khusus akan menginfeksi kelamin. Virus ini sangat mudah untuk ditularkan melalui kontak kulit ke kulit dan menjadi penyebab penyakit kelamin jenis lainnya.

Baca Juga: Mungkinkah Virus Kutil Kelamin Dimusnahkan?

Karena kutil kelamin pria maupun wanita disebabkan oleh adanya strain (jenis) HPV yang berbeda dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lainnya yang tidak termasuk area kelamin.

Jenis strain tipe 6 dan 11 yang menjadi penyebab umum penyakit kutil kelamin dan seorang pria akan meningkatkan risiko terinfeksi penyakit kutil kelamin apabila memiliki perilaku seks seperti berikut ini:

• Berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki pertumbuhan kutil di kelaminnya

• Sering berganti-ganti pasangan seksual

• Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual dengan pasangan baru

• Memiliki hubungan seksual sesama jenis (pria dengan pria)

Sehingga bisa dikatakan bahwa prilaku seksual yang buruk menjadi faktor penularan virus yang sangat cepat dalam penyebarannya.

Selain itu penularan kutil kelamin pria bisa terjadi pada saat seorang pria maupun wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak baik dan melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan.


Seks Oral Sebabkan Kutil Kelamin Pria, Mitos Atau Fakta?


Mungkin kebanyakan orang hanya akan mengira bahwa aktivitas seks vaginal dengan banyak pasangan merupakan salah satu penyebab seseorang terinfeksi kutil kelamin, ya memang benar seks vaginal merupakan penyebab utama tertular nya penyakit menular seksual akan tetapi apakah seks oral dapat menyebarkan kutil kelamin pria? Nah berikut di bawah ini adalah penjelasannya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di surat kabar The Guardian di London, Douglas (pasien yang terinfeksi kutil kelamin) menyebutkan bahwa kanker tenggorokan nya sendiri dapat disebabkan oleh seks oral yang merupakan cara yang umum untuk terinfeksi HPV.

Karena penyakit kutil kelamin adalah penyakit menular seksual, yang berarti penyakit tersebut dapat menyebar melalui jenis kelamin apapun, termasuk seks oral dan infeksi ini disebabkan oleh virus (human papillomavirus, atau HPV) yang menyebar dari orang ke orang melalui kontak kulit.

Itu berarti bahwa segala jenis hubungan seksual seperti seks vaginal, seks anal, dan seks oral dapat menyebarkan kutil kelamin, sehingga bisa dikatakan bahwa seks oral merupakan salah satu penyebab penularan kutil kelamin merupakan suatu fakta bukan hoax!!

Kutil kelamin menyebabkan pertumbuhan kutil yang paling sering terjadi pada alat kelamin dan di anus, namun jika seseorang memiliki seks oral dengan orang yang terinfeksi maka otomatis kutil dapat terjadi di tenggorokan dan mulut.

HPV yang ditularkan melalui kontak seksual seringkali tidak cukup aktif menyebabkan gejala, namun jika sudah menjadi aktif kutil kelamin cenderung menyerang selaput lendir, seperti yang menutupi lapisan vagina, leher rahim, anus, mulut, lidah, dan tenggorokan sehingga infeksi yang disebabkan oleh HPV dapat menyebabkan kutil di dalam dan sekitar jaringan ini.



Apa Sajakah Gejala dan Dimanakah Kutil Kelamin Pria Akan Tumbuh?

Pada pria yang menderita kutil kelamin, gejala akan ditemukan dengan munculnya benjolan berukuran kecil dan biasanya paling sering kutil kelamin timbul di sekitar area kelamin, selain itu biasanya benjolan ini akan tumbuh hanya satu atau secara berkelompok di sekitar kelamin pria.

Jika dilihat lebih jelas benjolan ini akan memiliki warna abu-abu atau kemerahan dan berbentuk bintik kecil secara berdekatan bahkan pertumbuhan kutil yang semakin besar dan secara berkelompok akan terlihat seperti kembang kol.

Dan berikut di bawah ini merupakan gejala-gejala kutil kelamin pria lainnya yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Terjadi pembengkakan pada penis dan buah zakar

- Terasa gatal pada kelamin dan di sekitar dubur

- Terkadang gejala kutil kelamin akan disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil

- Terjadi pendarahan saat berhubungan seksual

Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Kutil Kelamin

Sementara itu, pertumbuhan kutil kelamin pada pria akan terdapat di area seperti:

- Akan tumbuh pada batang Mr P

- Sekitar buah zakar

- Di pangkal paha

- Sekitar anus

- Pada ujung Mr P

- Tumbuh pada saluran kencing hal ini menjadi penyebab sakit saat buang air kecil

Apakah Kutil Kelamin Pria Merupakan Penyakit Berbahaya?

Perlu Anda ketahui bahwa sejatinya hampir semua penyakit yang disebabkan oleh virus memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dibanding dengan penyakit yang disebabkan oleh hal lainnya.

Namun, kutil kelamin termasuk jenis penyakit yang tidak berbahaya apabila Anda segera melakukan tindakan pengobatan saat awal mengalami gejala, akan tetapi perlu Anda catat bahwa penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya jika Anda membiarkannya tanpa melakukan pengobatan.

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari penyakit kutil kelamin yaitu penularan infeksi yang semakin luas kepada pasangan saat berhubungan seksual.

Kutil akan tumbuh semakin besar dan berkembang di sekitar kelamin sehingga dapat menimbulkan pendarahan pada saat melakukan hubungan seksual.

Penyakit ini memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi jika di alami oleh wanita. Virus HPV yang menginfeksi seorang wanita dapat berkembang dan menyebabkan seorang wanita menderita kanker serviks bahkan mengalami kematian.


Bagaimanakah Cara Mencegah Penularan Kutil Kelamin Pria?


Menghindari berhubungan seksual saat Anda terinfeksi kutil kelamin adalah salah satu pencegahan yang tepat untuk dilakukan, karena virus sangat mudah penyebaran melalui aktivitas seksual yang dilakukan sehingga pasangan Anda rentan untuk memiliki risiko penyakit ini.

Selain itu dengan pengobatan di tahap awal Anda menderita kutil kelamin akan lebih mudah untuk ditangani dan pencegahan kutil kelamin dengan menggunakan kondom dapat menjadi pilihan saat Anda ingin berhubungan seksual, namun terkadang penggunaan kondom masih berpotensi untuk terinfeksi penyakit menular seksual.

Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas seksual saat mengalami infeksi agar tidak menimbulkan komplikasi yang bisa memperburuk kesehatan Anda dan untuk mencegah tidak terinfeksi penyakit menular seksual jenis apapun.

Tindakan Pengobatan Untuk Kutil Kelamin

Sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih pengobatan untuk penyakit kutil kelamin dan tindakan pengobatan kutil kelamin lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan dokter di Klinik Utama Gracia, namun sebelum dokter melakukan pengobatan terlebih dahulu dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada pasien.

Dan perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa pilihan metode pengobatan untuk kutil kelamin yang akan diberikan dokter salah satunya metode laser maupun metode lainnya, karena metode laser memiliki banyak manfaat dan lebih cepat dalam proses penyembuhan dibandingkan dengan metode lainnya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai penyakit kutil kelamin dan bisa dikatakan bahwa hubungan seks oral bisa menyebabkan tertular nya penyakit kelamin merupakan sebuah fakta dan jika misalkan Anda maupun pasangan merasa memiliki kutil kelamin maka segeralah untuk datang berobat di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang tepat.

Karena Klinik Utama Gracia memiliki dokter ahli dan peralatan medis yang canggih dan modern dalam tindakan pengobatan yang lebih efektif dan aman, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online gratis dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.