Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati dan begitu juga halnya dengan cara mencegah penyakit sipilis yang akan Kami bahas kali ini, lalu bagaimanakah caranya? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sebelum menjelaskan cara mencegah penyakit sipilis perlu Anda ketahui bahwa penyakit sipilis ataupun penyakit raja singa merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum.

Bagaimanakah Penyakit Sipilis Menular?

Tentunya penyakit ini termasuk penyakit yang sangat menular terutama bakteri sangat mudah menular melalui aktivitas seksual vaginal, seks oral dan anal seks dan pada beberapa kasus, bakteri sipilis dapat menyebar melalui ciuman berkepanjangan atau kontak tubuh dengan penderita sipilis.

Namun, sayangnya kebanyakan orang yang terinfeksi sipilis sering tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit ini karena luka yang sulit untuk dikenali, sehingga secara tidak sengaja telah menularkan infeksi tersebut kepada pasangan seks.

Umumnya seseorang yang terinfeksi sipilis dapat memiliki penyakit ini selama bertahun-tahun tanpa gejala yang jelas dan tanpa disadari menularkan kepada pasangan saat berhubungan seksual.

Baca Juga: Selain Seks, Inilah 5 Penyebab Raja Singa

Penularan bakteri juga dapat menular kepada bayi yang ditularkan oleh wanita hamil yang memiliki riwayat sipilis dan menularkan bakteri kepada bayi selama masa kehamilan atau proses persalinan dan pada bayi yang terinfeksi sipilis akan mengalami banyak kerusakan organ tubuh saat terlahir.

Namun yang harus Anda ketahui adalah penyakit sipilis dapat disembuhkan di awal penyakit menginfeksi dan saat Anda mengalami gejala penyakit ini dan melakukan pengobatan maka ini merupakan cara mencegah penyakit sipilis yang sangat baik untuk dilakukan.

Akan tetapi, jika sipilis dibiarkan tanpa melakukan pengobatan maka, Anda akan mengalami komplikasi yang menyebabkan banyak kerusakan tubuh bahkan memungkinkan penderitanya untuk mengalami kematian.

 

Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Itu Seperti Apa?

Tahukah Anda bahwa sipilis salah satu penyakit yang sulit untuk diketahui gejala pastinya, karena penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda di setiap tahapnya.

Dan jika gejala di setiap tahap tidak diobati maka infeksi akan terus berkembang sehingga bisa berlanjut ke tahap berikutnya dengan gejala yang berbeda-beda, berikut di bawah ini merupakan gejala-gejala sipilis yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Sipilis Tahap Pertama

Pada tahap ini gejala akan ditandai dengan munculnya luka tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre dan luka ini akan berkembang pada area tubuh yang terinfeksi bakteri.

Luka ini biasanya berbentuk bulat dan mengandung bakteri yang sangat menular dan apabila Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki sipilis dan melakukan kontak langsung dengan luka maka kemungkinan besar Anda berisiko untuk memiliki sipilis.

Luka ini biasanya ditemukan pada area sekitar kelamin dan jika seseorang sering melakukan seks oral, maka kemungkinan besar pasien tersebut akan memiliki chancre di area mulut yang dapat menginfeksi pasangan seks saat melakukan ciuman berkepanjangan dan gejala ini biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 6 minggu dan akan hilang dengan sendirinya meskipun tanpa melakukan pengobatan, akan tetapi jika tidak menjalani pengobatan maka sipilis akan masuk ke tahap kedua.

- Sipilis Tahap Kedua

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa jika sipilis tahap pertama tidak diobati, maka akan berlanjut ke sipilis tahap kedua dan tahap ini akan berlanjut selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan setelah tahap awal menghilang.

Di tahap ini Anda akan mengalami gejala munculnya ruam kulit tanpa disertai rasa gatal dan ruam biasanya muncul di semua bagian tubuh tetapi, lebih umum ruam ditemukan pada telapak kaki dan tangan.

Baca Juga: 7 Penyakit Kelamin Paling Bahaya Pada Wanita

Selain ruam sipilis tahap kedua akan menimbulkan gejala lainnya yaitu kerontokan rambut, flu, demam, sakit pada otot tubuh dan sebagian besar kasus sipilis tahap kedua akan menyebabkan munculnya kutil kelamin yang dialami oleh penderita sipilis.

Seperti tahap pertama di tahap ini gejala akan menghilang meski tidak dilakukan pengobatan dan akan berlanjut ke tahap berikutnya.

- Sipilis Tahap Ketiga

Setelah tahap kedua hilang, infeksi akan tetap berada di dalam tubuh dan sekitar 15% penderita yang terinfeksi dan tidak melakukan pengobatan akan mengembangkan ke sipilis tahap ketiga yang terjadi setelah bertahun tahun sejak infeksi awal terjadi.

Sipilis tahap ketiga tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya pada tahap ini penderita sipilis akan berpikir bahwa mereka sudah terbebas dari penyakit yang dideritanya. Padahal, bakteri sipilis masih berada di dalam tubuh dan masih sangat menular dan akan berkembang ke tahap akhir yang sangat mengerikan.

- Sipilis Tahap Akhir

Sipilis yang tidak diobati akan berlanjut ke tahap akhir yaitu tahap yang sangat mengerikan karena bisa menyebabkan kerusakan, dan pada tahap ini akan menimbulkan banyak kerusakan pada organ tubuh.

Seperti kerusakan pada jantung, otak, mengalami kebutaan, bahkan sipilis yang tidak diobati akan mengindikasi penderitanya mengalami jenis penyakit menular seksual lainnya dan kemungkinan mengalami kematian akibat bakteri yang sudah berkembang di dalam tubuh.

 

Mau Terhindar Dari PMS? Inilah 3 Cara Mencegah Penyakit Sipilis

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindari dari penyakit menular seksual (PMS) seperti sipilis, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Stop Aktivitas Seksual Bebas
Cara mencegah penyakit sipilis yang paling ampuh untuk mencegah penyebaran bakteri yaitu dengan stop melakukan aktivitas seksual bebas seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan banyak pasangan, dan ada baiknya hanya melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah di nikahi.

Karena cara mencegah penyakit sipilis yang sederhana ini dinilai paling ampuh untuk mencegah berbagai macam penyakit menular seksual seperti sipilis dan hal ini juga dapat dilakukan untuk mencegah penularan bakteri semakin luas.

2. Melakukan Pemeriksaan Rutin
Jika Anda sudah terlanjur pernah melakukan hubungan seks maka cara mencegah penyakit sipilis bisa Anda lakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kelamin secara rutin.
Karena dengan melakukan pemeriksaan rutin mengenai penyakit menular seksual akan membantu Anda dalam mencegah penyakit sipilis sebelum menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Segera Lakukan Pengobatan Jika Dirasa Memiliki Gejala Sipilis
Apabila Anda mengalami gejala penyakit sipilis dan hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan segera melakukan tindakan pengobatan.

Karena dengan melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin akan membantu proses pengobatan lebih mudah untuk dilakukan dan Anda akan sembuh dari penyakit sipilis.

Selain itu, menggunakan kondom pada aktivitas seksual bagi penderita sipilis menjadi salah satu cara mencegah penyakit sipilis yang dapat dilakukan. Tetapi sebaiknya hindari berhubungan seksual saat Anda mengalami infeksi sipilis, karena bakteri dapat menular meskipun berhubungan seksual dilakukan menggunakan pengaman.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mencegah penyakit sipilis dan apabila Anda membutuhkan bantuan pengobatan penyakit sipilis maka silahkan menghubungi dokter Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik penyakit kelamin untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat sesuai kondisi yang sedang Anda derita.

Dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online untuk mempermudah Anda untuk berkonsultasi dengan tim medis Kami yaitu dengan mengklik tombol chat online di atas ini, dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.