Tahukah Anda bahwa seseorang yang terinfeksi penyakit kutil Kelamin tentu saja awalnya akan menimbulkan tanda kutil kelamin ataupun gejala, namun sayangnya kebanyakan penderita tidak merasakan bahwa ia telah terinfeksi kutil kelamin, lalu apa sajakah tanda kutil kelamin?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang sangat berbahaya jika tidak segera di tangani dan umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktivitas seksual.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang dapat dialami oleh pria dan wanita. Karena penyakit ini sangat mudah menular melalui aktifitas seksual maka ada baiknya untuk menghindari untuk melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan.

Baca Juga: Selain Seks, Inilah 5 Faktor Seseorang Terinfeksi Sifilis

Umumnya kutil kelamin akan menyerang pria dan wanita berusia remaja atau di usia dewasa yang sudah melakukan hubungan seks, karena hal ini dipengaruhi oleh virus yang menjadi penyebab kutil kelamin sangat mudah berkembang melalui hubungan seks.

Maka itu, sangat disarankan untuk Anda mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab munculnya kutil kelamin dan tanda kutil kelamin yang harus Anda waspadai sebelum berkembang menjadi lebih besar dan menimbulkan banyak komplikasi yang berbahaya.


Awas, Inilah Faktor Utama Penyebab Kutil Kelamin


Human Papillomavirus (HPV) adalah penyebab utama dari penyakit kutil kelamin. Virus ini memiliki ratusan jenis virus yang dapat menular dan biasanya HPV tipe 6 dan 11 adalah tipe yang paling umum dalam menyebabkan penyakit kutil kelamin.

Virus ini akan memasuki tubuh penderitanya melalui aktivitas hubungan seksual yang dilakukan dengan pasangan yang menderita kutil kelamin.

Baca Juga: Mungkinkah Virus Kutil Kelamin Dimusnahkan?

Dan virus HPV sangat mudah menular melalui aktivitas seksual yang tidak aman, sehingga apabila pasangan Anda memiliki pertumbuhan kutil di sekitar kelamin maka Anda akan memiliki risiko yang sangat tinggi untuk menderita kutil kelamin, selain itu Penularan virus akan sangat mudah menular melalui aktivitas hubungan seks seperti:

- Melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom

- Berhubungan seksual dengan penderita yang sudah positif mengalami penyakit menular seksual

- Berganti-ganti pasangan seksual

- Melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah terinfeksi kutil kelamin|


Wajib Tahu, Inilah Gejala dan Tanda Kutil Kelamin Lengkap Pada Pria dan Wanita


Perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan kutil kelamin tidak selalu terlihat pertumbuhannya, karena pada wanita kutil kelamin dapat tumbuh pada tempat yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, karena pada wanita pertumbuhan kutil kelamin dapat terjadi pada organ reproduksi bagian dalam seperti pada leher rahim

Maka dari itu, sangat disarankan kepada seseorang untuk mengetahui apa saja tanda kutil kelamin agar tindakan pengobatan lebih mudah untuk dilakukan dan berikut di bawah ini beberapa gejala dan tanda awal kutil kelamin yang akan Kita bahas secara lengkap, diantaranya:

- Umumnya, kutil kelamin di tandai dengan munculnya benjolan daging berukuran kecil yang muncul pada area kelamin penderitanya.

- Benjolan ini biasanya berwarna abu-abu yang tumbuh di permukaan kulit kelamin.

- Benjolan ini akan tumbuh secara berdekatan dan membentuk seperti sebuah kelompok yang jika tidak segera di atas maka pertumbuhannya bisa menjadi besar.

 

Baca Juga: Awas, Inilah Gejala dan Ciri-Ciri Herpes Pada Pria dan Wanita

Ternyata selain benjolan daging di sekitar kelamin, tanda kutil kelamin biasanya akan disertai dengan beberapa hal yang menimbulkan gejala seperti menimbulkan rasa ketidaknyamanan bagi penderitanya seperti:

- Terasa gatal di area kelamin

- Terjadi pembengkakan di area Mr P dan buah zakar

- Pada wanita gejala kutil kelamin akan ditandai dengan bengkak pada Miss V yang dibarengi dengan rasa nyeri

- Terkadang kutil kelamin juga akan menimbulkan gejala susah saat buang air kecil, biasanya kutil kelamin ini tumbuh di saluran kencing ataupun saluran kemih.

Dan pada pria tanda kutil kelamin biasanya lebih mudah untuk diketahui dibandingkan pada wanita, selain itu dalam kebanyakan kasus wanita yang menderita kutil kelamin mungkin tidak merasakan gejala yang begitu jelas ataupun gejalanya sangat ringan.

Sehingga untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan salah satu gejala awal kutil kelamin maka ada baiknya jika Anda aktif secara seksual untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan kelamin secara rutin yang bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan kelamin dan mencegah penyakit menjadi berkembang semakin besar.

Saya Mengalami Tanda Kutil Kelamin, Kapan Saya Harus Melakukan Pemeriksaan?

Jika Anda maupun pasangan seseorang yang aktif secara seksual yang mengetahui atau memiliki salah satu gejala tanda awal kutil kelamin dan memiliki pertumbuhan kutil di sekitar kelamin.

Maka segera lakukan pemeriksaan secepat mungkin dengan dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan kutil yang Anda alami.

Selain itu janganlah untuk menunda untuk melakukan pengobatan setelah Anda mengalami pertumbuhan kutil di sekitar kelamin Anda, karena hal ini akan sangat membahayakan dan akan menimbulkan kutil kelamin yang berukuran lebih besar serta menimbulkan komplikasi kesehatan menjadi lebih buruk.

Apa yang Akan Terjadi Jika Kutil Kelamin Tidak Segera Diatasi?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kutil kelamin yang tidak segera diobati akan menimbulkan komplikasi besar bagi penderitanya, selain itu penularannya akan semakin luas akan terjadi jika kutil tidak segera diobati.

Dan jika kutil kelamin didiamkan terlalu lama tanpa mendapatkan pengobatan dari medis maka kemungkinan besar pertumbuhan kutil semakin lama akan menjadi besar yang menyerupai kembang kol dan bergelombang.

Pada wanita yang menderita kutil kelamin tentu saja memiliki risiko dan bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria, karena pada beberapa kasus wanita yang menderita kutil kelamin yang tidak segera diobati maka kemungkinan besar dapat berkembang menjadi kanker.

Dan ternyata hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh virus HPV yang menginfeksi dan memiliki banyak jenis sehingga kutil yang tumbuh di leher rahim mungkin saja berubah menjadi kanker serviks.

Meskipun hal ini jarang terjadi tetapi kemungkinan risiko ini sangat besar terjadi pada wanita yang aktif berhubungan seks dengan banyak pasangan, sehingga untuk mencegahnya cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Saya Mengalami Kutil Kelamin, Bagaimanakah Cara Mengatasi dan Mengobatinya?



Jika Anda aktif secara seksual dan memiliki salah satu tanda kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera mengatasi permasalahan tersebut karena seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa jika didiamkan terlalu lama pertumbuhan kutil kelamin akan semakin membesar dan bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh pasien.

Sehingga jika Anda merasa memiliki salah satu gejala maupun tanda kutil kelamin maka segeralah berkonsultasi kepada Kami di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin untuk menjalani perawatan dan pengobatan yang paling tepat.

Selain itu perlu Anda catat bahwa janganlah sesekali membeli obat-obatan yang dijual bebas di pasaran untuk mengatasi permasalahan tersebut dan ada baiknya hanya meminum obat kutil kelamin yang di resepkan langsung dari dokter spesialis penyakit kelamin.

Dan jika Anda membutuhkan bantuan pengobatan kutil kelamin maka segeralah untuk menghubungi Kami di Klinik Utama Gracia atau melakukan konsultasi online dengan tim medis kami terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat konsultasi di atas ini.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.