Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar kutil pada kelamin karena kebanyakan orang hanya mengetahui pertumbuhan kutil hanya tumbuh pada tangan maupun kaki, padahal faktanya kutil bisa tumbuh pada alat kelamin, lalu apakah penyebabnya?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa kutil yang tumbuh di area kelamin merupakan jenis penyakit menular seksual (PMS) yang dikenal dengan kutil kelamin.

Dan umumnya pertumbuhan kutil kelamin lebih mudah terlihat pada pria yang menderitanya daripada wanita, karena dalam kebanyakan kasus pertumbuhan kutil kelamin pada wanita tumbuh di dalam organ reproduksi bagian dalam seperti leher rahim, sehingga lebih sulit untuk mengetahui pertumbuhan kutil dan harus menggunakan peralatan medis khusus.

Penyakit ini akan menular melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan penderita kutil kelamin dan dapat dialami oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan.


Punya Kutil Pada Kelamin? Ini Penyebabnya


Ternyata virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV) adalah penyebab kutil kelamin dan umumnya virus ini memiliki ratusan jenis virus dengan tipe yang berbeda-beda dan virus HPV menyebabkan penyakit berbahaya seperti kutil kelamin dan kanker serviks.

Baca Juga: Apakah Mungkin Virus Kutil Kelamin Di Musnahkan?

HPV tipe 6 dan tipe 11 menjadi jenis HPV yang sangat umum menyebabkan kutil kelamin dan setelah virus masuk ke dalam tubuh maka infeksi virus ini akan berdiam di dalam sel tubuh dan berkembang melalui darah, lalu keluar dan menyerang sel lainnya sehingga menyebabkan kerusakan pada tubuh dan kelamin.

Seseorang akan rentan untuk memiliki kutil kelamin biasanya ditunjang oleh beberapa faktor hubungan seksual yang menjadi penularan kutil kelamin diantaranya:

- Berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki kutil kelamin

- Memiliki pasangan seks lebih dari satu dan sering berganti-ganti pasangan seks

- Berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom dengan banyak pasangan

- Memiliki pasangan seks yang terinfeksi penyakit kelamin

- Aktif melakukan hubungan seks pada usia muda

- Berbagi mainan seks dan menggunakan mainan seks yang digunakan secara bersamaan

Namun, untuk meminimalkan risiko penularannya maka dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya akan mencegah penularan virus, walaupun virus tersebut masih bisa menularkan karena tidak semua anggota tubuh terlindung dari kondom.

Tetapi, sebaiknya seseorang menghindari berhubungan seks dengan pasangan yang sudah memiliki pertumbuhan kutil pada kelamin ataupun seseorang yang sudah terinfeksi penyakit menular seksual meskipun melakukan hubungan seks menggunakan kondom.


Gejala Kutil Pada Kelamin Seperti Apa?


Pada umumnya kutil kelamin akan memiliki ciri seperti pertumbuhan daging kecil berwarna abu-abu di area kelamin dan biasanya pertumbuhan kutil ini akan disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti:

- Pembengkakan di area Mr P dan Miss V

- Bengkak pada buah zakar disertai rasa nyeri dan sakit menyiksa

- Gatal dan rasa panas seperti terbakar di area kelamin dan sekitar anus

- Pendarahan saat berhubungan seksual


Lalu, Dimanakah Kutil Pada Kelamin Akan Muncul?


Ternyata baik pada pria maupun wanita yang aktif secara seksual dan memiliki banyak pasangan suatu waktu mungkin bisa saja terinfeksi kutil kelamin.
Biasanya pertumbuhan kutil kelamin yang terjadi pada saluran kencing pria dan wanita akan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan berikut di bawah ini kutil pada kelamin pria akan tumbuh di area ini:

- Pada Batang Mr P

- Pangkal paha

- Sekitar anus

- Buah zakar

Baca Juga: 5 Penyakit Ginekologi yang Paling Sering Menginfeksi Wanita di Indonesia

Sementara pertumbuhan kutil pada kelamin wanita akan ditemui di area ini:

- Miss V bagian luar

- Bibir Miss V

- Anus

- Pangkal paha

- Leher rahim

 


Apakah Pertumbuhan Kutil Pada Kelamin Bisa Berbahaya?


Perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan kutil kelamin jika tidak segera di atasi sejak awal dan didiamkan terlalu lama bisa berbahaya karena pertumbuhan kutil kelamin yang tidak diobati akan menjadi semakin besar dan tumbuh secara berkelompok yang menyerupai kembang kol ketika saat dipegang dan permukaan kutil kelamin akan bergelombang.

Selain itu biasanya seorang pria yang memiliki kutil kelamin akan menularkan penyakit ini kepada pasangan seksualnya dan menyebabkan pasangan Anda memiliki risiko terinfeksi kutil kelamin.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Menular Seksual Paling Berbahaya

Biasanya kutil pada kelamin yang tumbuh berukuran besar akan menimbulkan rasa “jijik” pada pasangan saat berhubungan seksual.
Selain itu kutil kelamin pada wanita biasanya dapat tumbuh di organ reproduksi bagian dalam seperti leher rahim, sehingga untuk mengetahui pertumbuhan kutil kelamin pada wanita memerlukan pemeriksaan khusus dengan peralatan medis.



Bagaimanakah Cara Mencegah Kutil Pada Kelamin?


Sebenarnya untuk menghindari segala faktor yang dapat menjadi penyebab atau penularan penyakit ini maka ada baiknya untuk menghindari melakukan hubungan seks bebas karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa hubungan seks bebas merupakan faktor utama penyebaran kutil kelamin.

Jika Anda tidak mampu untuk menahan keinginan berhubungan seksual maka ada baiknya untuk selalu menggunakan kondom secara benar karena cara sederhana ini dapat menjadi cara pencegahan yang bisa dilakukan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya.

Cara lain untuk mencegah kutil kelamin adalah dengan melakukan vaksinasi virus HPV dan pemberian vaksin sebaiknya dilakukan saat seseorang belum aktif secara seksual agar mendapatkan hasil yang efektif.

Dan pada pria dan wanita dengan usia sekitar 11 dan 12 tahun adalah waktu yang tepat untuk melakukan vaksin HPV, karena Hal ini menjadi bentuk pencegahan dini agar tidak terjadi pertumbuhan kutil pada kelamin

Pengobatan Kutil Kelamin

Jika Anda aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan merasa memiliki salah satu gejala kutil kelamin ataupun penyakit kelamin lainnya, maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dan menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.

Karena Klinik Utama Gracia memiliki dokter ahli dan peralatan medis yang canggih dan modern untuk mendukung pengobatan yang efektif dan pastinya tepat sesuai kondisi penyakit kelamin yang Anda alami.

Dan biasanya sebelum melakukan pengobatan dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada pasien atau melakukan diagnosis dan setelah itu dokter akan memberikan pengobatan yang paling tepat untuk pasien.

Sehingga jika seseorang merasa memiliki kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia, karena jika pertumbuhan kutil kelamin dibiarkan terlalu lama maka kemungkinan dapat sangat berbahaya terlebih dapat membuat malu.

Dan pada intinya untuk mengatasi permasalahan tersebut maka segeralah hubungi Kami di Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan dan jika membutuhkan pertanyaan lainnya Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.