Tahukah Anda bahwa ternyata kutil kelamin disebabkan oleh adanya virus tertentu, namun hampir sebagian besar penyebab kutil kelamin disebarkan atau ditularkan melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin (Genital Warts) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan dimana seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penularannya adalah dengan berhubungan seksual dan baik pada pria maupun wanita yang aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks bisa terinfeksi penyakit kelamin ini.

Selain itu kebanyakan orang yang memiliki kutil kelamin berusia antara 17-33 tahun dan pada anak-anak di bawah usia tiga tahun kutil kelamin diperkirakan walau jarang terjadi bisa ditularkan melalui metode nonseksual seperti kontak langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan kehadiran kutil kelamin pada anak-anak bisa juga disebabkan oleh pelecehan seksual.



Apa Sajakah Gejala-Gejala Kutil Kelamin?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kutil kelamin ditularkan melalui aktivitas seksual, namun sayangnya mungkin seseorang tidak mulai mengembangkan kutil kelamin selama beberapa minggu setelah infeksi.


Dan perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan kutil kelamin tidak selalu terlihat oleh mata manusia, karena mungkin kutil kelamin berukuran sangat kecil dan warnanya seperti kulit namun sedikit lebih gelap.

Seseorang yang terinfeksi kutil kelamin juga akan menimbulkan gejala lain seperti: mengalami keputihan tidak normal, terasa gatal pada kemaluan, serta terasa seperti terbakar saat buang air kecil dan terasa sakit saat berhubungan seksual.

Baca Juga: Waspada, Inilah Gejala Lengkap Herpes Kelamin

Bagian atas dari pertumbuhan kutil kelamin mungkin menyerupai kembang kol dan mungkin terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh, dan biasanya seseorang yang terinfeksi kutil kelamin mungkin memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil.

Biasanya kutil kelamin pada pria akan muncul pada beberapa bagian area seperti: pada Mr P, skrotum, pada paha, di dalam atau di sekitar anus. Sedangkan kutil kelamin pada wanita mungkin muncul pada beberapa bagian area seperti: pada bagian dalam Miss V, anus, di luar Miss V dan pada leher rahim.

Selain itu kutil kelamin juga bisa muncul di bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan dan biasanya akibat seseorang telah melakukan kontak seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

 


Virus Kutil Kelamin Jenis Apa yang Menyebabkan Genital Warts?


Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar genital warts ataupun kutil kelamin disebabkan oleh adanya dua jenis virus kutil kelamin yaitu Human Papilomavirus (HPV-tipe 6 dan HPV tipe 11), dan jenis virus kutil kelamin ini dianggap berisiko rendah yang berarti mereka memiliki potensi kanker yang rendah.

Selain itu jenis virus kutil kelamin lainnya diketahui penyebab perubahan prematur dan bisa menimbulkan kanker serviks pada wanita.

Contohnya saja HPV-16 merupakan salah satu jenis HPV yang berisiko tinggi menyebabkan kanker serviks yang bertanggung jawab atas sekitar 50% dari kasus kanker serviks.

Sedangkan jenis HPV tipe 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52, 56, 58, 59, dan 68 adalah jenis virus yang berisiko tinggi lainnya dan jenis HPV berisiko tinggi juga disebut sebagai jenis HPV onkogenik dan jenis HPV ini diyakini bisa menyebabkan 100% kasus kanker serviks.

Biasanya partikel virus HPV mampu menembus permukaan kulit dan mukosa melalui luka mikroskopik di daerah kelamin yang terjadi selama aktivitas seksual dan begitu sel diserang oleh HPV maka seseorang bisa terinfeksi kutil kelamin.

Perlu Anda catat bahwa kutil penyebab umum yang biasanya tumbuh di tangan maupun kaki tidak sama dengan virus yang menyebabkan kutil kelamin karena hal tersebut disebabkan oleh jenis HPV yang berbeda-beda yang menulari kulit.



Lalu, Apakah Mungkin Virus Kutil Kelamin Bisa Di Musnahkan?

 

Tahukah Anda? bahwa biasanya seorang pasien yang terinfeksi kutil kelamin maka akan diberikan antivirus tertentu dari dokter penyakit kelamin, namun sayangnya untuk saat ini pemberian antivirus hanya bersifat untuk melumpuhkan virus kutil kelamin agar tidak muncul kembali.

Namun, jika terdeteksi dalam fase ataupun tahap awal kutil kelamin maka penyakit kutil kelamin ini bisa disembuhkan dengan mudah, dan hal tersebut ternyata disebabkan oleh virus kutil kelamin belum mengendap dalam tubuh pasien dan masih bisa dihilangkan secara total.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa biasanya HPV akan menginfeksi kulit atau selaput lendir pada pria dan wanita dan hampir 200 jenis HPV tidak menyebabkan gejala pada kebanyakan kasus.

Baca Juga: 5 Penyakit Ginekologi yang Paling Sering Menginfeksi Wanita Indonesia

Namun, meskipun beberapa jenis dapat menyebabkan kutil sementara akan tetapi jenis virus kutil kelamin jenis lain dapat menyebabkan kanker serviks, kanker vulva, kanker Miss V dan kanker anus dan bisa menyebabkan kanker Mr P.

Kebanyakan jenis HPV paling sering ditularkan melalui kontak seksual dan infeksi persisten dengan beberapa jenis HPV, selain itu biasanya kutil dapat berkembang menjadi lesi prakanker dan kanker invasif, seperti neoplasia intraepitel serviks.

Dan menurut data dari Centers for Disease Control menunjukkan sebuah studi yang menemukan sejak 2006 vaksin HPV sangat direkomendasikan untuk wanita muda yang berusia 14 hingga 19 tahun dan 20 hingga 24 tahun yang aktif secara seksual, karena vaksin ini dipercaya dapat mencegah penyebaran virus kutil kelamin.

Saya Terinfeksi Kutil Kelamin, Bagaimanakah Cara Mengobatinya?

Jika Anda dan pasangan memiliki banyak pasangan seks dan memiliki gejala kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Utama Gracia, karena dengan menjalankan pengobatan di awal dapat mempermudah untuk menyembuhkannya.

Selain itu biasanya sebelum dokter memberikan pengobatan kepada pasien terlebih dahulu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana pasien menduga adanya kutil dapat terjadi.

Dan karena kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh seorang wanita, maka dokter memerlukan pemeriksaan pada panggul dan mungkin dokter akan menerapkan larutan asam ringan yang berfungsi untuk membantu membuat kutil lebih terlihat.

Dokter juga dapat melakukan Tes Pap smear dan dimana dokter akan melibatkan pengambilan swab pada daerah tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan sel dari serviks kemudian sampel tes tersebut bisa diuji keberadaan jenis HPV.

Namun beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal pada saat melakukan tes Pap smear yang mengindikasikan adanya perubahan prakanker. Jika dokter Anda mendeteksi kelainan ini Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan.

Dokter juga akan bertanya tentang kesehatan dan riwayat seksual pasien dan biasanya dokter akan menanyakan gejala yang pernah di alami dan setiap kali melakukan hubungan seks tanpa kondom, termasuk seks oral.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kutil kelamin dan pada intinya virus kutil kelamin tidak dapat dimusnahkan akan tetapi Anda jangan berkecil hati karena virus tersebut jika ditangani sejak awal maka dapat dilumpuhkan.



Sehingga pada intinya jika Anda merasa memiliki kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online gratis dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.