Mungkin kebanyakan orang yang terkena sipilis masih belum mengetahui ciri-ciri dari penyakit ini, padahal dengan mengetahui sejak awal Kita akan lebih mudah untuk mencegah dan mengatasi penyakit ini, lalu apakah penyakit sipilis itu?

Penyakit sipilis ataupun yang biasa dikenal sebagai penyakit raja singa adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan dimana penyakit ini merupakan penyakit kelamin yang umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit sipilis.

Baca Juga: Selain Seks, Inilah 5 Penyebab Raja Singa

Perlu Anda ketahui bahwa terkadang penyakit kelamin ini bisa diteruskan dari satu orang ke orang lain melalui ciuman berkepanjangan atau kontak tubuh yang erat dan meskipun penyakit ini menyebar dari luka akan tetapi sebagian besar luka tersebut tidak mudah untuk dikenali.

Sehingga membuat orang yang terkena sipilis secara tidak sengaja telah menularkannya kepada pasangan seksualnya atau menularkannya kepada orang lain, namun meskipun begitu penyakit ini dapat dengan mudah dicegah yaitu dengan tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan.


Lalu, Bakteri Apakah yang Menyebabkan Orang Terkena Sipilis?

Tahukah Anda bahwa umumnya penyakit sifilis disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Treponema Pallidum dan bakteri ini bersifat mikroaerofilik dan tidak dapat tumbuh pada media kultur standar.

Bakteri ini adalah anggota keluarga dari Spirochaeticea dan terkait dengan genera spirochete lainnya yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi manusia dan umumnya bakteri ini akan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi sipilis.

Namun, ternyata penyakit sipilis tidak hanya ditularkan melalui aktivitas seksual saja dengan orang yang terkena sipilis akan tetapi bisa ditularkan melalui cairan pada tubuh orang yang terkena sipilis misalnya saja melalui darah.

 

Baca Juga: 5 Penyakit Kelamin Ini Paling Sering Menginfeksi Pasangan Seks

Wanita hamil dengan penyakit ini bisa menyebarkannya ke bayi mereka dan penyakit sipilis jenis ini disebut dengan sifilis kongenital dan kemungkinan besar bayi yang akan terlahir bisa menyebabkan kelainan atau bahkan kematian bisa menyebabkan kematian pada bayi atau mengalami kelahiran prematur.

Perlu Anda catat bahwa penyakit sipilis tidak dapat disebarkan oleh melalui berbagi toilet, menyentuh gagang pintu, berenang di kolam renang, mandi di bak air panas, menggunakan pakaian bersama, atau berbagi peralatanan makan dengan seseorang yang sudah positif mengalami sipilis.



Awas, Inilah Ciri-Ciri Ataupun Gejala Orang yang Terkena Sipilis!!


Sebelum mengetahui ciri-ciri orang yang terkena sipilis perlu Anda ketahui bahwa umumnya sipilis terbagi menjadi 4 tahap ataupun fase, dan dimana masing-masing tahap seseorang akan mengalami gejala yang berbeda-beda.

Selain itu jika penyakit sipilis tidak segera di atasi ataupun disembuhkan dengan bantuan dari medis maka gejalanya tersebut bisa bertambah parah dan seseorang yang terinfeksi akan memasuki tahapan sipilis selanjutnya, dan berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri ataupun gejala orang yang terkena sipilis, diantaranya:

1. Ciri-Ciri Sipilis Tahap Primer
Tahukah Anda bahwa pada tahap primer ataupun fase awal penyakit sipilis biasanya seorang yang tekah positif terinfeksi sipilis akan mengalami ciri-ciri seperti timbulnya rasa sakit di tempat infeksi dan menimbulkan luka yang disebut chancre.

Chancre ini biasanya muncul sebagai luka yang tidak menyakitkan dan biasanya akan berbentuk bulat yang timbul pada alat kelamin, dan mungkin Chancre juga akan dialami oleh penderita pada bagian tubuh lainnya, dan perlu Anda catat bahwa chancre ini sangat menular jadi jangan sesekali menyentuhnya.

Biasanya chancre awal ini akan berkembang sekitar 2-3 minggu setelah seseorang terinfeksi dan kemudian chancre tersebut bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika infeksi ini tidak segera disembuhkan maka akan berlanjut ke tahapan sipilis selanjutnya yaitu sipilis tahap sekunder.

2. Ciri-Ciri Sipilis Tahap Sekunder
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jika seseorang yang terinfeksi sifilis pada tahap primer dan tidak segera di atasi maka akan masuk ke tahap sekunder dan dimana tahap kedua ini biasanya dapat berkembang sejak 4-10 minggu setelah seseorang terinfeksi sipilis.

Dan biasanya orang yang terkena sipilis akan mengalami gejala seperti timbulnya chancre dan pada tahap ini seseorang yang terinfeksi akan memiliki banyak gejala akan tetapi pada tahap sekunder ini mungkin gejalanya bisa hilang tanpa adanya pengobatan.

Namun, penyakit sipilis ini masih tetap aktif dan kemudian jika tidak segara disembuhkan maka penyakit sipilis akan memasuki tahap laten, dan berikut di bawah ini adalah berbagai macam ciri-ciri ataupun gejala sifilis tahap sekunder lainnya, diantaranya:

- Mengalami demam

- Terasa nyeri tepatnya pada daerah sendi dan terasa sakit pada bagian otot

- Terasa sakit pada bagian tenggorokan yang biasanya disebabkan akibat seseorang melakukan seks oral

Baca Juga: Apakah Mungkin Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Sendiri?

- Mengalami ruam pada seluruh bagian tubuh, namun biasanya ruam tersebut akan muncul pada telapak tangan dan telapak kaki

- Seseorang yang terinfeksi sipilis juga sering merasakan sakit kepala

- Berkurangnya nafsu makan

- Mengalami kerontokan pada rambut

- Mengalami kelenjar getah bening yang membengkak

3. Ciri-Ciri Sipilis Tahap Laten
Tahukah Anda bahwa fase sifilis laten ataupun tahapan ketiga ini biasanya dimulai saat 12 bulan pertama setelah seseorang terinfeksi sifilis?

Namun, biasanya tidak adanya gejala sipilis apapun yang akan dialami oleh pasien, akan tetapi seseorang masih sangat menular selama fase laten ini sehingga penderita masih tetap bisa menularkannya kepada pasangan seksnya.

4. Ciri-Ciri Sipilis Tahap Tersier
Jika sipilis pada tahap laten yang tidak segera di atasi maka bisa masuk ke fase akhir sifilis yaitu fase tersier, dan dimana pada tahap ini bisa dikatakan merupakan tahap sipilis yang sangat mengerikan karena bisa menimbulkan banyak kerusakan pada organ tubuh.

Dan kerusakan tersebut seperti: kerusakan pada jantung, otak, dan saraf yang dapat menyebabkan orang yang terkena sipilis menjadi lumpuh, menyebabkan kebutaan, menyebabkan demensia, mengalami tuli, dan bahkan yang paling parahnya adalah bisa menyebabkan kematian.



Bagaimanakah Cara Mengatasi Penyakit Sipilis?


Jika Anda dan pasangan merupakan seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan memiliki salah satu ciri-ciri ataupun gejala raja singa seperti di atas maka ada baiknya untuk segera datang ke Klinik Utama Gracia

Karena Klinik Kami merupakan Klinik spesialis penyakit kelamin, andrologi maupun ginekologi yang tentunya bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan penyakit menular seksual seperti di atas.

Dan biasa seorang dokter spesialis penyakit kelamin akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat seksual pasien sebelum melakukan pengobatan kepada pasien, selain itu perlu Anda catat bahwa janganlah sesekali menggunakan ataupun mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran karena belum terbukti untuk mengatasi hal tersebut.

Sehingga pada intinya jika Anda mengalami ciri-ciri maupun gejala sipilis maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia karena jika gejala dibiarkan terlalu lama maka di khawatirkan penyakit sipilis bisa menimbulkan kerusakan pada organ tubuh dan jika Anda ingin berkonsultasi dengan Kami maka cobalah untuk mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.