Berhubungan seks memang sangatlah nikmat akan tetapi jika berhubungan dengan banyak pasangan maka dapat menjadi penyebab penyakit kelamin, nah agar Anda dan pasangan tidak terinfeksi penyakit kelamin maka ada baiknya untuk menghindari berhubungan seks dengan banyak pasangan.

Penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual (PMS) merupakan jenis penyakit yang umumnya menular melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin dan penularan penyakit ini akan terjadi melalui cairan tubuh seperti cairan di vagina, sperma maupun aliran darah.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa penularan penyakit kelamin juga bukan Cuma karena hubungan seks saja akan tetapi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Walaupun memang hubungan seks bebas memang penyebab utama seseorang terinfeksi penyakit kelamin.

Dengan begitu, penyakit kelamin yang ditimbulkan tidak hanya akan menyerang daerah kelamin saja, namun juga diluar area kelamin contohnya saja seperti pada daerah mulut maupun daerah lainnya.


Bukan Cuma Karena Seks Saja, Ini 2 Penyebab Penyakit Kelamin Lainnya

Seperti yang telah di jelaskan seperti di atas bahwa beberapa jenis penyakit kelamin dapat menular tidak hanya dengan melakukan hubungan seks saja, bahkan penularan penyebab penyakit kelamin dapat terjadi melalui penggunaan jarum suntik yang digunakan secara bersamaan dengan penderita penyakit kelamin.

Karena penyakit kelamin tidak selalu menular melalui hubungan seksual maka penderita penyakit ini dapat terjadi pada pria dan wanita dari segala usia, meskipun penularan infeksi yang paling cepat adalah melalui hubungan seksual dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab penyakit kelamin selain hubungan seks, diantaranya:

1. Karena Bakteri Tertentu
Tahukah Anda bahwa infeksi dari bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit kelamin yang sangat umum terjadi? Bahkan beberapa penyakit kelamin seperti gonore, sifilis, klamidia adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan berikut di bawah ini adalah pembahasan nya:

- Bakteri Penyebab Gonore
Perlu Anda ketahui bahwa gonore merupakan salah satu jenis penyakit kelamin dan penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae atau dan baik pada pria maupun wanita bisa terinfeksi penyakit ini

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa bakteri Neisseria gonorrhoeae umumnya ditemukan di cairan yang keluar dari Mr P dan cairan Miss V dari seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

- Bakteri Penyebab Sifilis
Perlu Anda ketahui bahwa penyakit sifilis atau yang lebih dikenal sebagai penyakit raja singa merupakan salah satu jenis penyakit kelamin lainnya dan penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum.

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Raja Singa

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa bakteri Treponema pallidum (T. pallidum) ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktifitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun anal dengan seseorang yang sudah terinfeksi bakteri tersebut.

- Bakteri Penyebab Klamidia
Perlu Anda ketahui bahwa penyakit Klamidia merupakan penyakit kelamin lainnya dan penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Chlamydia trachomatis dan bakteri ini bisa hadir di berbagai macam tempat seperti pada: serviks, uretra, Miss V, dan rektum orang yang terinfeksi dan bakteri ini juga bisa hidup di tenggorokan.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa biasanya penyebab penyakit kelamin klamidia disebarkan oleh berbagai macam aktivitas seks seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi Chlamydia.

2. Karena Virus Tertentu
Penyebab penyakit kelamin lainnya yang sangat umum adalah karena adanya infeksi virus dan perlu Anda catat bahwa penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya menjadi jenis penyakit kelamin yang sangat berbahaya dan lebih sulit untuk ditangani proses pengobatannya.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus meliputi: HIV/Aids, Herpes kelamin sampai Kutil Kelamin, dan berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

- Virus Penyebab Herpes Kelamin
Herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang dan penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh virus yang bernama Herpes Simplex Virus (HSV) jenis tertentu, namun biasanya HSV tipe 2 lah yang umumnya menyebabkan herpes kelamin akan tetapi tidak menutup kemungkinan HSV tipe 1 bisa juga menyebabkan herpes kelamin.

Selain itu jika seseorang sudah terinfeksi virus herpes, maka virus tidak akan menghilang dari tubuh walaupun gejala sudah disembuhkan dan virus HSV bisa tetap bertahan di tubuh seseorang yang sudah terinfeksi sehingga bisa membuat herpes kelamin kambuh kembali sewaktu-waktu di saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun.

- Virus Penyebab Kutil Kelamin
Mungkin kebanyakan orang hanya mengira pertumbuhan kutil hanya pada tangan maupun kaki saja, namun nyatanya pertumbuhan kutil juga bisa berada di area kelamin dan penyakit ini disebut dengan penyakit kutil kelamin akan tetapi perbedaannya adalah kutil kelamin disebabkan oleh hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Baca Juga: Inilah Gejala Awal Kutil Kelamin

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab penyakit kelamin ini disebabkan oleh adanya virus yang bernama Human papillomavirus (HPV) jenis tertentu dan jika tidak segera ditangani dengan bantuan medis maka virus akan berkembang dan pertumbuhannya menjadi lebih banyak dan pada wanita yang terinfeksi maka berisiko lebih besar mengalami kanker serviks.


Lalu, Apa Sajakah Gejala Umum Penyakit Kelamin?

Tahukah Anda bahwa umumnya seseorang yang telah terinfeksi penyakit kelamin akan mengalami gejala-gejala setelah terinfeksi, namun sayangnya seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks seringkali menghiraukan gejalanya.

Padahal dengan mengetahui penyebab penyakit kelamin dan gejala penyakit kelamin sejak awal dapat mempermudah kita untuk mengatasinya lebih cepat dan berikut di bawah ini Kami akan merangkum beberapa gejala umum yang biasanya dialami oleh penderita penyakit kelamin, diantaranya:

- Terjadi Perubahan Pada Urin
Biasanya gejala penyakit kelamin yang sangat sering terjadi adalah terjadinya perubahan pada air kencing (urin) dan biasanya penderita penyakit kelamin akan mengalami hal ini disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil atau adanya rasa panas saat buang air kecil.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya gejala ini lebih sering terjadi pada penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri, namun untuk memastikan apakah seseorang telah terinfeksi atau belum maka memerlukan tes dari medis.

- Keluarnya Cairan Abnormal
Gejala lain dari penyakit kelamin adalah keluarnya cairan abnormal dari Mr P maupun dari Miss V dan biasanya gejala ini paling sering terjadi pada penyakit kencing nanah ataupun gonore.

 

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Keputihan Berbau

Pada kondisi ini wanita juga akan mengalami gejala seperti keluarnya cairan keputihan yang tidak normal dan biasanya cairan keputihan akan keluar dengan jumlah yang banyak disertai dengan bau busuk dan rasa tidak nyaman pada Miss V.

- Terasa Panas dan Gatal Pada Kelamin
Gejala lain dari penyakit kelamin adalah terasa panas dan gatal yang akan terjadi pada Miss V dan Mr P, dan biasanya gejala seperti ini paling lebih sering terjadi akibat adanya infeksi jamur.

Namun, perlu Anda catat bahwa tidak semua rasa gatal yang terjadi pada alat kelamin disebabkan oleh penyakit menular seksual, dan apabila Anda mengalami gejala seperti ini maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia.

- Terdapat Luka Atau Kutil Pada Kelamin
Gejala lain dari penyakit kelamin adalah munculnya kutil dan luka didaerah kelamin seperti gejala kutil kelamin, herpes kelamin dan sifilis dan jika Anda menyadari adanya benjolan didaerah sekitar kelamin maka segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit kelamin.



Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Kelamin?


Bentuk pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga aktivitas hubungan seksual Anda agar selalu aman dan hindari melakukan seks bebas.

Selain itu jika seseorang aktif secara seksual maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kelamin secara rutin karena hal sederhana tersebut akan mencegah penyakit kelamin menjadi komplikasi.

Sebaiknya apabila Anda mengalami gejala atau memiliki tanda-tanda yang tidak biasa yang terjadi pada kelamin maka segeralah lah menghubungi dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan segera.


Saya Terinfeksi Penyakit Kelamin, Bagaimanakah Cara Mengobatinya?

Jika Anda seorang yang aktif secara seksual dan merasa memiliki gejala penyakit kelamin maka untuk memastikan dan mengatasinya segeralah untuk datang ke Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin yang dapat membantu permasalahan Anda.

Selain itu biasanya tindakan pengobatan untuk penyakit kelamin akan berbeda-beda dan pengobatan penyakit kelamin akan disesuaikan dengan jenis penyakit kelamin yang di alami pasien, karena dokter akan memberikan tindakan pengobatan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit kelamin yang di alami.

Perlu Anda catat bahwa jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran dan janganlah menunda untuk melakukan pengobatan penyakit kelamin karena semakin lama Anda biarkan penyakit ini tanpa penanganan maka semakin sulit dan infeksi akan berkembang semakin besar di dalam tubuh.



Jadi pada intinya Apabila Anda membutuhkan pengobatan penyakit kelamin maka silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia dan jika Anda memiliki pertanyaan lainnya Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online di atas ini


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.