Tahukah Anda bahwa penyakit pada kelamin merupakan salah satu jenis penyakit yang umumnya menyerang kesehatan kelamin baik pada pria dan wanita, lalu apa sajakah penyakit kelamin itu dan bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri ataupun virus yang umumnya infeksi ini ditularkan melalui kontak seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kelamin Itu Berbahaya?

Selain itu biasanya bakteri atau virus ini akan menginfeksi seseorang melalui lendir, ataupun cairan pada alat kelamin dan kebanyakan kasus ditularkan melalui aktivitas seksual, oleh karena itu jika Anda tidak ingin terinfeksi penyakit menular seksual ada baiknya untuk tidak melakukan hubungan seks bebas.


Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Pada Kelamin


Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa penyebab terjadinya penyakit kelamin menular hampir disebabkan oleh faktor hubungan seks yang tidak aman. Karena dengan berhubungan seksual yang bebas menjadi salah satu faktor terbesar penularan infeksi yang sangat cepat dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit kelamin, diantaranya:

- Berhubungan Seksual Dengan Banyak Pasangan Seks
Melakukan aktivitas hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seks menjadi faktor penularan infeksi yang sangat cepat, dan biasanya seseorang akan sulit untuk mengetahui dari mana tertular penyakit ini akibat memiliki pasangan seks yang lebih dari satu.

- Tidak Menggunakan Pengaman (Kondom) Saat Berhubungan Seks
Faktor selanjutnya adalah karena berhubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan kondom, karena seseorang yang berhubungan seks tanpa kondom dengan banyak pasangan berpotensi lebih besar untuk terinfeksi penyakit menular seksual, akan tetapi walaupun sudah menggunakan kondom seseorang juga masih berpotensi terinfeksi penyakit menular seksual.

- Berhubungan Seks Dengan Seseorang yang Memiliki Penyakit Kelamin
Faktor ini merupakan faktor yang sangat jelas, karena jika Anda berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki penyakit kelamin maka kemungkinan besar pasti akan terinfeksi penyakit menular seksual. Dan biasanya penularan ini dapat terjadi melalui daerah kelamin yang terinfeksi dan tidak terlindungi oleh kondom seutuhnya.

 

5 Penyakit Pada Kelamin Ini Paling Sering Menginfeksi Pasangan Seks Bebas

 

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak sekali penyakit pada kelamin yang bisa menginfeksi seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks atau bisa dikatakan seseorang yang berhubungan seks bebas dan berikut di bawah ini Kami merangkum 5 penyakit pada kelamin yang paling sering menginfeksi, diantaranya:

1. Gonore
Gonore atau kencing nanah merupakan jenis penyakit pada kelamin yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala dari penyakit gonore yang paling sering terjadi pada pria dan wanita, diantaranya:

- Terasa sakit saat buang air kecil

- Keluar cairan seperti nanah dari alat kelamin

- Mengeluarkan cairan keputihan yang tidak normal

- Bengkak pada bagian kelamin

- Sakit pada bagian perut bagian bawah

2. Sifilis
Penyakit sifilis merupakan salah satu jenis penyakit pada kelamin yang sangat umum dan disebabkan oleh adanya bakteri Treponema pallidum yang akan menyerang daerah kelamin pria dan wanita.

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Gejala Raja Singa Lengkap

Dan umumnya penyakit sifilis ataupun raja singa ini akan menular melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi, selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit sifilis memiliki gejala yang berbeda-beda di setiap tahapnya, namun biasanya penyakit sifilis akan menimbulkan gejala pada permukaan kulit penderitanya diantaranya:

- Terdapat luka pada kulit dan luka di sekitar kelamin

- Adanya ruam yang terjadi pada kulit, di telapak kaki dan pada tangan

- Mengalami demam dan rasa sakit serta nyeri pada bagian tubuh

- Terasa sakit pada tenggorokan dan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening

3. Kutil Kelamin
Jenis penyakit pada kelamin lainnya yang umum terjadi adalah kutil kelamin dan penyakit ini disebabkan oleh adanya human papilloma virus (HPV) jenis tertentu dan ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Selain itu perlu Anda catat bahwa penyakit kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang sangat berbahaya apabila tidak diobati dengan tepat, dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala kutil kelamin, diantaranya:

- Adanya benjolan kecil mirip seperti daging dan terdapat di daerah sekitar kelamin

- Gatal dan nyeri pada daerah kelamin

- Kutil dapat tumbuh di sekitar area kelamin dan kadang dapat terjadi pendarahan

- Kutil kelamin biasanya berbentuk seperti kembang kol

- Jika disentuh kutil kelamin akan terasa kecil

- Kutil kelamin bisa tumbuh sedikit sampai banyak dan bervariasi dalam ukuran.

4. Herpes Kelamin
Herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit pada kelamin yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV) penyakit ini akan menyerang pria dan wanita yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan juga perlu Anda ketahui bahwa herpes kelamin akan menginfeksi tubuh seseorang melalui kulit dan selaput lendir.

Namun, sayangnya banyak dari penderita herpes kelamin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi penyakit ini dan secara tidak sengaja telah menularkan kepada pasangan seks dan berikut di bawah ini adalah beberapa tanda dan gejala dari penyakit herpes kelamin, diantaranya:

- Adanya benjolan kecil berwarna merah dan luka terbuka di daerah kelamin

- Terasa sakit dan gatal di sekitar kelamin, paha dan bagian sekitar kulit kelamin

- Sakit saat buang air kecil dan terdapat benjolan seperti bisul

5. Trikomoniasis
Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar Penyakit trikomoniasis ya, penyakit trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan jenis penyakit menular seksual ini sangatlah umum.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebanyak 3,7 juta orang yang berada di Amerika yang aktif secara seksual suatu waktu bisa terinfeksi trikomoniasis akan tetapi trikomoniasis sangat mudah diobati dengan bantuan medis.

Perlu Anda ketahui bahwa Trichomonas vaginalis bisa menginfeksi dari satu orang ke yang lain melalui hubungan seksual dan pada wanita bagian tubuh yang paling sering terinfeksi adalah saluran kelamin bagian bawah seperti pada: vulva, Miss V, leher rahim, atau uretra dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejalanya, diantaranya:

- Terasa gatal dan iritasi di dalam Mr P

- Terasa seperti terbakar setelah berejakulasi ataupun setelah buang air kecil

- Keluarnya cairan yang tidak normal pada Mr P

- Miss V terasa gatal, terasa seperti terbakar, kemerahan atau terasa nyeri

Baca Juga: Efek Mengerikan Keputihan Tidak Normal Pad Wanita

- Merasakan ketidaknyamanan saat buang air kecil

- Mengalami keputihan tidak normal yang telah berwarna menjadi kekuningan, atau kehijauan yang dibarengi dengan bau amis

- Terasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual



Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Pada Kelamin?


Salah satu cara yang pasti ampuh untuk mencegah agar tidak terinfeksi ataupun tertular penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan dan ada baiknya Anda melakukannya dengan pasangan yang sudah Anda nikahi.

Selain itu ada baiknya untuk menghindari melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan dan selalu menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seks dengan pasangan yang baru Anda kenal.

Akan tetapi perlu Anda catat bahwa penggunaan kondom tidak sepenuhnya melindungi seseorang dari penyakit menular seksual, karena terkadang virus maupun bakteri penyebab PMS bisa berada di bagian tubuh lainnya yang tidak terlindungi dari kondom.

Selain itu ada baiknya untuk selalu menghindari melakukan aktivitas hubungan seksual apabila Anda mengalami gejala-gejala penyakit menular seksual seperti yang sudah dijelaskan diatas. Karena berhubungan seksual pada saat terjadinya gejala atau gangguan pada kelamin akan mempermudah penularan bakteri kepada pasangan Anda.


Bagaimanakah Cara Mengatasi Penyakit Pada Kelamin?



Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu jenis penyakit pada kelamin, maka ada baiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin dan lakukan pengobatan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan.

Karena dengan mendapatkan pengobatan di awal saat Anda mengalami gejala maka tentunya akan membantu proses pengobatan lebih mudah dibanding dengan mengobati penyakit kelamin pada saat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Dan perlu Anda catat janganlah sesekali mengobati penyakit menular seksual dengan obat-obatan yang bebas dijual di pasaran karena obat-obatan tersebut belum tentu aman dan belum tentu terbukti untuk mengobati PMS.

Sehingga pada intinya jika Anda merasa memiliki salah satu gejala penyakit pada kelamin seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksa kondisi dan melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin.

Dan Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol konsultasi online di atas, selain itu Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menjalani perawatan dan pengobatan yang paling tepat.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.