Seperti yang sudah Kita ketahui sebelumnya bahwa penyakit menular seksual tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terlebih beberapa jenis penyakit menular seksual (PMS) bisa mengakibatkan dampak buruk pada tubuh, bahkan beberapa jenis PMS jika tidak segera disembuhkan bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada organ tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit menular seksual (PMS) ataupun penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya jenis tertentu dari infeksi, bakteri, maupun virus yang ditularkan dari satu orang ke yang lainnya melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral.

Selain itu infeksi bakteri maupun virus yang menyebabkan penyakit kelamin dapat ditularkan dari satu orang ke orang melalui darah, cairan sperma, atau cairan Miss V dan cairan tubuh lainnya pada saat berhubungan seksual.

Faktor Apa Sajakah yang Bisa Menyebabkan Seseorang Terinfeksi Penyakit Menular Seksual?


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyakit kelamin disebabkan oleh adanya infeksi, bakteri, maupun virus yang paling sering ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS.

Ternyata aktivitas hubungan seksual yang tidak aman menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan infeksi ini terjadi dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terinfeksi penyakit kelamin, diantaranya:

- Memiliki banyak pasangan seksual

- Seringnya berganti-ganti pasangan seks

- Sering melakukan hubungan seks anal dan oral

- Memiliki hubungan seks dengan sesama jenis

- Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks

Perlu Anda catat bahwa kondisi hubungan seks seperti di atas cenderung menjadikan seseorang memiliki risiko lebih besar untuk terinfeksi penyakit menular seksual.

Jika seseorang sering melakukan hubungan seks melalui anus (seks anal) dan sering berganti pasangan seks maka kemungkinan besar seseorang sangat mudah untuk menyebarkan infeksi ini kepada pasangan seksual selanjutnya.



Awas, Inilah 4 Jenis Penyakit Menular Seksual Berbahaya Pada Manusia



Perlu Anda ketahui bahwa diluar sana banyak sekali jenis penyakit kelamin yang siap menginfeksi seseorang yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan, akan tetapi Kami akan membahas mengenai gejala 4 jenis penyakit menular seksual yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Gonore
Penyakit menular seksual berbahaya yang pertama adalah gonore ataupun yang biasanya dikenal oleh masyarakat sekitar dengan penyakit kencing nanah ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang bernama Neisseria gonorrhea.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya gonore dapat menginfeksi saluran kencing, leher rahim atau keduanya dan gonore juga dapat menyebar ke usus besar, tenggorokan, anus dan organ reproduksi lainnya dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala umum dari gonore, diantaranya

- Keluar cairan tidak normal berwarna putih kehijauan atau kekuning dan berbau sangat busuk

- Terasa nyeri dan gatal-gatal di sekitar kelamin

- Terasa sakit saat buang air kecil ataupun saat buang besar

- Terasa sakit saat atau setelah melakukan hubungan seksual

2. Kutil Kelamin
Kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual selanjutnya yang disebabkan oleh adanya human papilloma virus (HPV) yang pada umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Penyakit kutil kelamin biasanya akan berbentuk seperti kembang kol yang terasa licin saat disentuh dan bisa berukuran kecil sampai besar, selain itu pertumbuhan kutil kelamin bisa berada di sekeliling daerah kelamin bagian luar dan dalam, organ reproduksi wanita bagian dalam dan di sekitar dubur.

Baca Juga: Awas Inilah yang Terjadi Jika Kutil Kelamin Tidak Segera Diobati

Penyakit kutil kelamin merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera dilakukan pengobatan secara menyeluruh, dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala yang biasa terjadi pada seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin:

- Terdapat benjolan daging berukuran kecil di daerah kelamin

- Terasa gatal yang sangat menyiksa di bagian kelamin

- Nyeri dan panas di bagian pertumbuhan kutil

- Terasa sakit saat buang air

Baca Juga: Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan?


3. Sifilis
Sifilis atau raja singa merupakan jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Treponema pallidum dan umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Gejala dari penyakit ini akan berbeda-beda pada setiap tahapan nya karena diketahui sipilis terbagi menjadi 4 tahapan, dan berikut di bawah ini gejala umum dari penyakit sifilis yang harus Anda ketahui:

- Terdapat luka terbuka tanpa rasa sakit yang biasanya muncul pada Mr P, Miss V, atau sekitar anus, namun bisa terjadi di tempat lain seperti mulut yang disebabkan oleh seks oral.

- Terdapat ruam berwarna merah yang sering mempengaruhi pada telapak tangan atau pada telapak kaki

- Sering merasakan ketidaknyamanan yang terjadi pada alat kelamin seperti rasa gatal dan panas.

4. Herpes Kelamin
Herpes kelamin adalah jenis penyakit menular seksual disebabkan oleh infeksi virus dan umumnya ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Penyebab herpes kelamin adalah adanya virus herpes simpleks yang memiliki dua tipe yaitu HSV-1 dan HSV-2 dan beberapa gejala herpes kelamin yang harus Anda ketahui, diantaranya:

- Terasa sakit saat buang air kecil

- Luka melepuh dan dapat pecah terdapat di sekitar kelamin, paha, dan daerah bokong

- Terasa gatal, sakit, panas yang terjadi di sekitar daerah kelamin dan anus

- Mengalami luka terbuka yang dapat terjadi pada leher rahim

Beberapa gejala penyakit di atas merupakan jenis penyakit kelamin yang paling umum terjadi dan jika misalkan Anda ataupun pasangan seks memiliki gejala seperti di atas maka segera lakukan pemeriksaan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual?

Untuk mencegah penyakit ini, Anda dapat menghindari segala faktor yang menjadi penyebab penyakit kelamin dan cara sederhananya adalah dengan melakukan hubungan seksual hanya dengan satu pasangan seksual dan cara tersebut dinilai sangat ampuh untuk terhindar dari infeksi menular seksual jenis apapun.


Selain itu jika Anda dan pasangan Anda aktif secara seksual maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan rutin (Tes PMS) terhadap kesehatan kelamin dengan dokter spesialis penyakit kelamin, karena cara ini dapat membantu seseorang agar lebih mudah dalam mencegah penularan penyakit kelamin.


Cara Aman Mengatasi Penyakit Menular Seksual

Jika Anda merasa memiliki gejala penyakit kelamin seperti di atas maka segeralah memeriksa kondisi Anda dan pasangan seks ke Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis andrologi, ginekologi dan penyakit kelamin terbaik yang berada di Jakarta.


Dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada pasien dengan menerapkan beberapa jenis pemeriksaan dan setelah melakukan pemeriksaan biasanya dokter akan memberikan serangkaian pengobatan terhadap pasien.

Selain itu terdapat banyak pilihan pengobatan yang biasanya akan diberikan oleh dokter, namun tindakan pengobatan akan berbeda-beda pada setiap jenis penyakit kelamin, dan perlu Anda catat juga bahwa janganlah melakukan pengobatan secara sendiri dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran karena dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan.

Karena penting untuk Anda ketahui bahwa pengobatan untuk penyakit kelamin harus dilakukan dengan bantuan dokter spesialis penyakit kelamin untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit kelamin yang Anda alami.

Apabila Anda membutuhkan pengobatan untuk penyakit menular seksual, maka silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia atau Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan mengklik tombol chat online di atas untuk mendapatkan informasi lebih jelas terhadap gejala yang Anda alami.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.