Pastinya kebanyakan orang dengan herpes kelamin akan memiliki ciri ciri herpes kelamin seperti muncul luka yang terasa sakit dan gatal-gatal yang biasanya terjadi pada alat kelamin pria dan wanita, sehingga ada baiknya jika seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki salah satu ciri ciri herpes kelamin maka segeralah konsultasikan kepada Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit herpes kelamin (Genital Herpes) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang ditularkan melalui aktifitas seksual, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi herpes kelamin dan umumnya disebabkan oleh adanya infeksi herpes Simplex Virus (HSV) jenis tertentu.

Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Kutil Kelamin

Herpes Simplex Virus (HSV) terdiri dari dua tipe, HSV tipe 1 akan menyebabkan herpes oral atau yang terjadi pada area sekitar mulut, sedangkan HSV tipe 2 adalah penyebab penyakit herpes kelamin akan tetapi tidak menutup kemungkinan HSV tipe 1 bisa menyebabkan herpes kelamin.


Bagaimanakah Penyebaran Herpes Kelamin?


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa umumnya penyebaran utama herpes kelamin adalah dengan melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, selain itu penularan juga bisa terjadi walaupun penderita tidak mengalami gejala apapun.

Bila sudah terinfeksi virus herpes, maka virus tidak akan menghilang dari tubuh walaupun gejala sudah disembuhkan dan virus HSV yang tetap bertahan di tubuh ini akan membuat herpes kambuh kembali sewaktu-waktu di saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun ataupun di saat seseorang mengalami stres.

 

Waspada, Inilah Gejala dan Ciri Ciri Herpes Kelamin Pada Pria dan Wanita

Tahukah Anda bahwa umumnya keberadaan herpes kelamin terkadang tidak disadari oleh penderitanya, karena kadang herpes kelamin tidak menimbulkan gejala ataupun ciri-ciri karena mungkin gejalanya sangat ringan, akan tetapi masih terdapat ciri ciri herpes kelamin diantaranya:

- Timbul Luka yang Terasa Sakit Pada Alat Kelamin
Gejala ataupun ciri ciri herpes kelamin yang pertama adalah timbulnya luka yang terasa sakit dan terasa gatal pada alat kelamin maupun pada anal.

- Timbulnya Infeksi Berulang
Ciri ciri herpes kelamin selanjutnya adalah timbulnya infeksi berulang yang disebabkan oleh sekelompok virus yang menyebabkan luka pada kelamin dan biasanya akan menimbulkan bentuk gelembung kecil yang berkelompok dalam 4-5 hari setelah seseorang terinfeksi herpes kelamin.

Baca Juga: Gejala Herpes Kelamin Lengkap

- Menderita Luka yang Terasa Menyakitkan
Ciri ciri herpes kelamin selanjutnya adalah penderita akan mengalami erosi (luka) akan tetapi akan diikuti oleh penyembuhan spontan jaringan yang terkena dan perlu Anda ketahui bahwa luka yang disebabkan oleh herpes kelamin terasa menyakitkan yang mungkin akan berwarna kemerahan.

Dan biasanya hal tersebut paling sering terjadi pada area kelamin, leher rahim, rektum, paha, ataupun bokong akan terdapat ciri ciri herpes kelamin seperti adanya luka melepuh yang kemudian pecah hingga terbuka.

Akan tetapi untuk memastikan apakah hal tersebut adalah ciri ciri herpes kelamin maka memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter spesialis penyakit kelamin dan Anda dapat menemukannya di Klinik Utama Gracia.

Saya Terinfeksi Herpes Kelamin, Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Jika Anda dan pasangan aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu gejala ataupun ciri ciri herpes kelamin seperti di atas maka segeralah melakukan pemeriksaan langsung di Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin yang tentunya dapat membantu permasalahan Anda.

Biasanya dokter spesialis penyakit kelamin akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa kondisi pasien dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara diagnosis dokter untuk penderita herpes kelamin, diantaranya:

- Melakukan Pemeriksaan Kultur Virus
Biasanya tes ini dilakukan dokter spesialis penyakit kelamin dengan menggunakan sampel ulkus kulit atau sariawan untuk memastikan adanya infeksi virus herpes pada area tenggorokan maupun pada lidah pasien.

- Melakukan Tes PCR
Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan melakukan tes PCR adalah Polymerase Chain Reaction dan dokter juga akan melakukan pemeriksaan DNA yang diambil dari sampel darah untuk memastikan terdapatnya HSV dan juga tipe apa yang menginfeksi tubuh pasien.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan?

- Melakukan Tes Darah
Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan melakukan tes darah, dimana pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa adanya antibodi HSV yang menjadi tanda bahwa adanya infeksi HSV pada tubuh pasien.

Selain itu pengobatan yang tepat dan cepat sangatlah dibutuhkan oleh pasien herpes, akan tetapi biasanya pengobatan ini hanya sebatas untuk mengurangi atau menyembuhkan gejala yang terjadi bukan untuk menghilangkan virus dari dalam tubuh karena mungkin virus tidak akan bisa dihilangkan bila sudah terinfeksi.

Sehingga salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan, selain itu jika Anda seorang wanita yang aktif secara seksual maka harus lebih waspada pada penyakit ini, karena penyakit ini sangat rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria akan tetapi pria juga sama-sama berisiko untuk mengalami penyakit ini.

Pada intinya jika Anda aktif secara seksual dan merasakan adanya gejala ataupun ciri ciri herpes kelamin seperti di atas maka segeralah lakukan periksakan kondisi Anda di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin terbaik dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online Kami di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.