Apakah Penyakit HPV Itu?

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar penyakit HPV, lalu apakah penyakit HPV itu dan apa sajakah gejala dan penyebabnya?

Penyakit HPV ataupun singkatan dari (human papillomavirus) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling banyak diderita oleh pria dan wanita yang sering melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman seks atau kondom yang nantinya akan menyebabkan penyakit kutil kelamin.

Virus HPV memiliki karakteristik yang tidak sama dengan virus HIV, namun jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius maka kemungkinan besar penyakit HPV akan berdampak buruk bagi kondisi kesehatan fisik dan psikis.

Penyakit HPV terkadang tidak memberikan gejala yang begitu signifikan untuk diketahui secara jelas oleh penderitanya, karena kebanyakan pasien yang terinfeksi tidak akan merasakan rasa nyeri di awal virus akan tetapi masih terdapat gejala lainnya.

Apakah yang Menjadi Penyebab Penyakit HPV?


Umumnya HPV disebabkan oleh adanya human papillomavirus dan hal tersebut paling sering ditularkan melalui aktivitas seksual dengan penderita yang telah terinfeksi virus tersebut dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor seseorang bisa tertular, diantaranya:

- Seseorang yang sering melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom.

- Seseorang yang sering berganti-ganti pasangan seks

- Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol yang berlebihan.

- Jarang memberi perhatian khusus terhadap kebersihan daerah kemaluan.

- Sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

Apakah Gejala-Gejala Penyakit HPV?


Tahukah Anda bahwa biasanya virus HPV melakukan penularan ketika adanya kontak fisik secara seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan biasanya virus ini juga memiliki tipe-tipe yang berbeda dan memberikan gejala yang berbeda pula pada penderitanya.

Namun seperti yang sudah ditulis di atas, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala-gejala penyakit HPV dengan jelas. Hal tersebut dikarenakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini hampir memiliki kesamaan dengan gangguan-gangguan wajar di alat kelamin seperti rasa gatal dan frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

Baca Juga: 3 Cara Pengobatan Kutil Kelamin Ini Ampuh Hilangkan Kutil di Kemaluan

Gejala yang wajar demikian lah yang membuat seseorang tidak terlalu memikirkan dan memberi perhatian khusus dengan apa yang dirasakan di daerah kemaluan.

Sebaiknya, Anda perlu mengetahui gejala-gejala yang sering ditimbulkan oleh infeksi virus HPV agar terus memberi perhatian khusus terhadap kesehatan alat kelamin Anda dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala umum yang sering dialami oleh penderita, diantaranya:

- Mengalami rasa gatal di daerah kemaluan.

- Merasakan nyeri di daerah kemaluan khususnya di area-area vital.

- Wanita mungkin akan mengalami pendarahan yang tidak wajar di luar siklus menstruasi.

- Pada pria mungkin akan mengalami pembengkakan di organ vital.

- Munculnya sekelompok benjolan kecil atau kutil di permukaan kulit daerah kemaluan yang biasanya akan berbentuk kembang kol yang terasa licin ketika disentuh dan terasa bergelombang dan jumlahnya bisa sedikit atau bergerombol.

- Mengalami demam tinggi

Saya Mengalami Penyakit HPV Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda dan pasangan merupakan seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki salah satu gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda telah terinfeksi atau tidak di Klinik spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia.

Dan biasanya dokter juga akan menanyakan berbagai macam pertanyaan terlebih dahulu sebelum menjalankan serangkaian tes kepada Anda maupun kepada pasangan seksual, seperti menanyakan: berbagai macam informasi mengenai riwayat kesehatan, kebiasaan seksual dan gaya hidup.

Setelah itu dokter akan melakukan serangkaian tes untuk mendiagnosa pasien dengan melakukan serangkaian tes dan biasanya pengobatan kutil kelamin biasanya tergantung pada beberapa kondisi seperti: seberapa banyak kutil kelamin, berapa banyak kutil kelamin yang ada, sampai seberapa besar kutil kelamin.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, dokter spesialis langsung melakukan tindakan diagnosa awal untuk melihat tingkatan infeksi dari gejala yang dialami.
Hasil diagnosa tersebut kemudian dianalisa oleh dokter spesialis di Klinik Utama Gracia untuk menentukan tindakan penyembuhan yang sesuai dengan hasil analisa dan permintaan khusus kepada pasien.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit HPV dan jika misalkan Anda merasa memiliki gejala kutil kelamin maka sudah saatnya untuk melakukan pemeriksaan medis di Klinik Utama Gracia yang merupakan Klinik spesialis penyakit kelamin.

Selain itu pengobatan di Klinik Utama Gracia didukung dengan pemeriksaan yang berteknologi canggih yang memberikan jaminan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan publik dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online Kami dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.