Apakah Penyakit Kelamin Itu?

Seperti yang sudah Kita ketahui sebelumnya bahwa umumnya penyakit kelamin ditularkan melalui hubungan seksual, lalu apakah penyakit kelamin berbahaya? Dan bagaimanakah cara mencegahnya, lalu bagaimanakah menyembuhkannya?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah penyakit kelamin itu? Ya penyakit kelamin ataupun yang biasanya disebut dengan penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit menular yang umumnya disebabkan oleh aktivitas seksual tanpa kondom, seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS.

Selain ada baiknya jika Anda merasa aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu jenis PMS maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia, karena selain PMS dapat menyebabkan rasa malu terlebih beberapa jenis PMS yang tidak segera diobati dengan cepat dan benar dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Bagaimanakah PMS Menginfeksi Seseorang?
Salah satu alasan PMS menyebar adalah karena orang mengira mereka hanya bisa terinfeksi jika mereka melakukan hubungan seksual saja akan tetapi kemungkinan besar seseorang bisa terkena PMS, seperti herpes kelamin atau kutil kelamin melalui kontak kulit ke kulit dengan daerah yang terinfeksi atau dengan luka.

Selain itu terdapat mitos lain tentang PMS adalah seseorang tidak bisa mendapatkannya jika melakukan hubungan seks oral atau anal, namun hal tersebut juga salah karena virus atau bakteri penyebab PMS bisa masuk tubuh melalui cairan pada mulut dan anus, serta cairan pada alat kelamin.

Baca Juga: Berbagai Macam Gejala PMS Ini Perlu Anda Waspadai, Apa Sajakah Itu?

PMS juga dapat sangat mudah menyebar karena seseorang yang aktif secara seksual tidak mengetahui apakah ia memiliki infeksi ataupun tidak dan secara tidak sengaja telah menularkannya kepada pasangan seksnya. Beberapa hal dibawah ini juga dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena PMS diantaranya:

- Aktivitas seksual di usia muda, karena semakin muda seseorang mulai berhubungan seks tanpa kondom maka semakin besar kemungkinannya terinfeksi dengan PMS.

- Memiliki banyak pasangan seks, karena seseorang yang memiliki hubungan seksual dengan banyak pasangan seks yang berbeda-beda berisiko lebih besar untuk terinfeksi PMS dibandingkan dengan seseorang yang berhubungan seks dengan pasangan yang sudah sah.

- Melakukan hubungan seks tanpa pelindung, karena dengan menggunakan kondom lateks merupakan satu-satunya bentuk pengendalian kelahiran yang dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit menular seksual.



Lalu, Apakah Penyakit Kelamin Berbahaya?


Tahukah Anda bahwa jika tidak diobati maka beberapa PMS dapat menyebabkan kerusakan permanen, seperti ketidaksuburan (ketidakmampuan untuk melahirkan) dan bahkan kematian (dalam kasus HIV / AIDS), sehingga dapat dikatakan bahwa penyakit kelamin itu sangatlah berbahaya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa bukti yang menunjukan bahwa penyakit kelamin sangat berbahaya jika tidak segera disembuhkan, diantaranya:

1. Bahaya Penyakit Gonore
Gonore adalah infeksi bakteri yang umumnya disebabkan oleh adanya organisme yang bernama Neisseria gonorrheae yang ditularkan melalui hubungan seksual, lalu apakah penyakit kelamin berbahaya? Ya tentu saja penyakit gonore berbahaya.

Namun sayangnya kebanyakan orang yang terinfeksi gonore tidak memiliki gejala akan tetapi seseorang yang terinfeksi bisa mengalami gejala seperti: terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, mengeluarkan keputihan tidak normal berwarna kekuningan, pembengkakan pada alat kelamin, dan Miss V terasa gatal atau terbakar.

Selain itu faktanya jika tidak segera diobati, gonore dapat menyebabkan beberapa hal mengerikan seperti: menyebabkan infeksi panggul berat (PID) dengan peradangan pada saluran telur, ovarium, dan arthritis, menyebabkan infertilitas dan kehamilan ektopik.

Sedangkan pada pria jika gonore tidak segera diobati maka dapat mengembangkan sensasi menyakitkan di area testis dan dalam kasus yang jarang terjadi bisa menyebabkan kemandulan.

2. Bahaya Penyakit Klamidia
Tahukah Anda bahwa Klamidia ataupun Chlamydia disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama (Chlamydia trachomatis) adalah bakteri yang sangat mirip dengan gonore dalam cara yang tersebar yaitu melalui aktifitas seksual.

Sama halnya seperti gonore, bakteri klamidia dapat ditemukan di leher rahim dan uretra dan dapat hidup di tenggorokan akibat seks oral ataupun dapat ditemukan rektum, selain itu jika tidak segera diobati gonore dapat merusak sistem reproduksi, bahkan bisa membahayakan kemampuan wanita untuk hamil.



3. Bahaya Penyakit Sifilis
Tahukah Anda bahwa penyakit Sifilis ataupun yang biasa disebut raja singa adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang telah ada selama berabad-abad yang disebabkan oleh adanya Treponema pallidum.

Dan biasanya sifilis akan menyebabkan masalah yang serius bahkan berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera diobati, karena dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, bahkan pada wanita yang mengalami sifilis dan tidak segera diobati dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, bahkan pada wanita yang mengalami sifilis dan tidak segera diobati dapat menyebabkan

Baca Juga: 3 Cara Pengobatan Kutil Kelamin Ini Ampuh Mengatasi Kutil Pada Kemaluan


4. Bahaya Penyakit Kutil Kelamin
Penyakit kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang umumnya disebabkan oleh adanya jenis HPV tertentu dan biasanya penularannya disebabkan oleh aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi HPV telah lama dikenal sebagai penyebab kanker serviks dan kanker anogenital lainnya pada wanita, dan juga telah dikaitkan dengan kanker penis pada pria dan virus HPV juga dikhawatirkan dapat menyebabkan seseorang terhadap kanker servik ataupun kanker mulut rahim

Selain apakah penyakit kutil kelamin berbahaya? Ya karena jika tidak segera diobati dengan dokter maka kutil kelamin bisa bertambah banyak dan jika kutil tumbuh pada liang Miss V atau liang anus maka kemungkinan besar bisa menyebabkan seseorang susah untuk buang air besar dan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada Miss V.

5. Bahaya Herpes Kelamin
Herpes kelamin ataupun herpes genital adalah salah satu dari penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya herpes virus simpleks (HSVs) yang dapat menyebabkan luka melepuh yang menyakitkan pada daerah kelamin dan umumnya ditularkan melalui aktifitas seksual.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya HSV tipe 1 menyebabkan luka dingin di sekitar mulut, sedangkan HSV tipe 2 (HSV-2) menyebabkan herpes kelamin, tapi kedua jenis HSV mampu menginfeksi daerah kelamin.

Apakah penyakit kelamin berbahaya? Ya karena penyakit kelamin herpes kelamin bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti bisa menyebabkan masalah kandung kemih dan luka herpes kelamin dapat menyebabkan radang di sekitar tabung yang mengantarkan urin dari kandung kemih

Sedangkan penyakit kelamin herpes kelamin juga bisa menyebabkan kerusakan otak, kebutaan atau kematian bagi bayi baru lahir khusunya bagi seorang ibu yang mengalami herpes kelamin di masa kehamilannya. Dan dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan meningitis yang bisa menyebabkan pembengkakan selaput dan cairan serebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.



Saya Terinfeksi Penyakit Kelamin, Bagaimanakah Cara Untuk Menyembuhkannya?


Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks dan melakukan hubungan seks tanpa kondom dan merasa mengalami salah satu gejala penyakit kelamin maka ada baiknya Anda segera mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin yang tentu saja dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Dan biasanya dokter spesialis penyakit kelamin akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mencari penyebab utama mengapa seseorang bisa terinfeksi virus maupun bakteri penyebab penyakit kelamin dengan beberapa rangkaian tes.

Perlu Anda ketahui juga bahwa meskipun seorang pasien telah menjalani pengobatan akan tetapi kerusakan yang disebabkan oleh penyakit kelamin tertentu tidak dapat dikembalikan akan tetapi hal tersebut biasanya mudah disembuhkan saat Anda mengobatinya lebih awal.

Sehingga salah satu cara untuk mencegah penyakit tersebut adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual atau Anda masih bisa melakukan hubungan seksual dengan hubungan monogami (pasangan sah) dan jika Anda aktif secara seksual dan sering berganti pasangan seks maka ada baiknya melakukan tes PMS rutin setiap tahunnya.

Pada kesimpulannya apakah penyakit kelamin berbahaya? Ya sangat jelas penyakit kelamin itu berbahaya dan sangat menular sehingga jika seseorang yang aktif secara seksual yang mengalami salah satu gejala PMS maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.