Apakah Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh Dengan Sendirinya?

Mungkin pertanyaan penyakit kelamin apakah bisa sembuh dengan sendirinya sering ditanyakan oleh banyak orang terutama seseorang yang telah terinfeksi penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual.

Lalu apakah penyakit kelamin bisa sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan pengobatan dari dokter? Dan jika Anda penasaran dengan jawabannya maka ada baiknya simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang sangat menular dan umumnya ditularkan melalui berbagai macam hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS.

Baca Juga: 3 Cara Pengobatan Kutil Kelamin Ini Ampuh Hilangkan Kutil di Kemaluan

Dan perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak jenis penyakit menular seksual seperti: Kutil kelamin, Gonore, Herpes kelamin, Sifilis, Klamidia, Trikomoniasis, dll, dan hampir sebagian besar penyakit kelamin jika tidak segera ditangani dan diobati secara benar maka bisa bertambah parah.

Penyakit menular seksual juga merupakan sebuah permasalahan medis yang sangat mengerikan yang bisa menyerang seseorang yang aktif secara seksual dan banyak orang yang bertanya-tanya apakah penyakit kelamin apakah bisa sembuh?

Dan tak dipungkiri lagi bahwa banyak orang akan melakukan segara cara untuk menghindari penyakit menular seksual dan ingin mengobatinya dengan berbagai cara akan. Akan tetapi masih banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui bahwa penyakit kelamin bisa sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama dan tak melakukan pengobatan yang tepat.

Lalu, Bakteri Atau Virus Apakah yang Bisa Menyebabkan Penyakit Kelamin?

Perlu Anda ketahui bahwa jenis-jenis penyakit menular seksual memiliki penyebab seperti bakteri ataupun virus yang berbeda-beda, dan berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

  • Penyakit Gonore disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang bernama¬†Neisseria gonorrhoeae.
  • Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh adanya virus jenis tertentu dari human papillomavirus (HPV).
  • Penyakit Sifilis disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Treponema pallidum.
  • Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh adanya virus yang bernama herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2).
  • Penyakit Klamidia disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Chlamydia trachomatis.
  • Penyakit Trikomoniasis disebabkan oleh adanya parasit yang sangat kecil yang disebut Trichomonas vaginalis.

Lalu, Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan dari Medis?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit menular seksual disebabkan oleh berbagai macam virus, parasite, ataupun bakteri yang umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Lalu apakah penyakit kelamin bisa sembuh tanpa pengobatan dari medis.

Rasanya sangat tidak mungkin jika penyakit kelamin sembuh tanpa menggunakan pengobatan dari medis karena penyakit kelamin bisa disebabkan oleh virus yang dimana kemungkinan besar virus tersebut walaupun sudah melakukan pengobatan tetapi kerusakan yang disebabkan oleh virus tertentu tidak dapat dikembalikan.

Dapat dikatakan juga bahwa penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh virus bisa terbilang lebih berbahaya dari penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

Karena penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya mudah untuk disembuhkan dengan bantuan tenaga professional dari dokter spesialis di Klinik Utama Gracia dan biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat tertentu termasuk antibiotik jenis tertentu.

 

Bagaimanakah Saya Tahu Jika Saya Telah Terinfeksi Penyakit Kelamin?

Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan mengalami beberapa gejala penyakit menular seksual, maka ada baiknya Anda dan pasangan Anda segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia.

Dan biasanya dokter akan menanyakan seberapa banyak jumlah pasangan Anda, lalu dokter akan memeriksa Anda terutama pada area kelamin, kemudian dokter akan melakukan tes untuk mengambil cairan sampel dari kelamin Anda, kemudian cairan sampel tersebut akan diperiksa di laboratorium.

Selain itu dokter akan mendiagnosis pasien berdasarkan hasil pemeriksaan dan dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan lainnya seperti:

  • Melakukan pemeriksaan darah, karena dengan melakukan pemeriksaan tes darah dapat mengetahui penyebab penyakit kelamin seperti penyakit sifilis di kemudian hari.
  • Melakukan pemeriksaan yang diambil dari air urin, karena perlu Anda ketahui bahwa beberapa penyakit menular seksual dapat dideteksi dengan pemeriksaan urin.
  • Melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel cairan, dan biasanya dokter akan mengambil sampel cairan dari luka kemudian sampel cairan tersebut diperiksa lebih lanjut untuk menemukan penyebabnya.

Seberapa Lama Penyakit Kelamin Bisa Sembuh?

Seberapa lama penyakit bisa sembuh, dan penyakit kelamin apakah bisa sembuh dengan sendirinya? Semua tergantung pada jenis infeksi tertentu, karena dalam beberapa kasus penyakit menular seksual walaupun gejala hilang tanpa melakukan pengobatan akan tetapi hal tersebut masih bisa menular

Baca Juga: Komplikasi Serius Ini Bisa Terjadi Jika Penyakit Kelamin Tidak Diobati

Selain itu jika Anda hamil dan terkena PMS maka sebaiknya melakukan pemeriksaan secara medis dan melakukan pengobatan sesegera mungkin, karena pengobatan lebih awal dapat meminimalisir penularan virus ke bayi.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Terinfeksi Penyakit Menular Seksual?

Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan melakukan tes PMS dan Anda dinyatakan positif terdiagnosis salah satu penyakit PMS, maka Anda harus menginformasikan kepada pasangan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan dan melakukan pengobatan bersamaan dengan Anda.

Walaupun pasangan Anda akan marah dan menyesal telah berhubungan seks dengan Anda, akan tetapi Anda bisa menjelaskannya secara terbuka karena mungkin saja bakteri ataupun virus PMS ditularkan oleh pasangan seks Anda dan ada baiknya jangan melakukan hubungan seks sebelum Anda dan pasangan dinyatakan sembuh.

Jadi pada intinya jangan saling menyalahkan karena hal tersebut tidak ada gunanya dan malah akan memperkeruh masalah percintaan Anda, sehingga solusinya adalah dengan segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Kami juga sangat menjamin bahwa privasi Anda aman dan Anda juga bisa memanfaatkan fitur chat online Kami di bawah ini, jadi silahkan terlebih dahulu mengkonsultasikan kepada Dokter berpengalaman dibidang penyakit kelamin atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.