Pengertian Penyakit Trikomoniasis Menurut Medis

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar penyakit trikomoniasis, lalu apakah pengertian penyakit trikomoniasis itu dan bagaimanakah cara mengatasinya? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya simak terus artikel ini sampai tuntas.

Pengertian penyakit trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan jenis penyakit menular seksual ini sangatlah umum, bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebanyak 3,7 juta orang Amerika yang aktif secara seksual terinfeksi trikomoniasis pada waktu tertentu akan tetapi trikomoniasis mudah diobati dengan bantuan medis.

Pengertian penyakit trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang paling umum dan paling sering terjadi pada kaum wanita dan penyakit ini merupakan salah satu dari tiga infeksi vagina yang paling umum ditemukan pada wanita.

Bahkan menurut perkiraan tahunan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa ada 7,4 juta kasus trikomoniasis setiap tahun di Amerika Serikat, dengan lebih dari 180 juta kasus yang dilaporkan worldwide.

Pengertian penyakit trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang sangat umum (PMS) dan perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi parasit protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis. Selain itu meskipun gejala penyakitnya bermacam-macam kebanyakan orang yang memiliki parasit tidak tahu mereka terinfeksi sehingga tidak sengaja menginfeksi pasangan seksualnya.

Bagaimanakah Seseorang Bisa Terinfeksi Trikomoniasis?


Perlu Anda ketahui bahwa Trichomonas vaginalis bisa menginfeksi dari satu orang ke yang lain melalui hubungan seksual dan pada wanita bagian tubuh yang paling sering terinfeksi adalah saluran kelamin bagian bawah seperti pada: vulva, Miss V, leher rahim, atau uretra.

Sedangkan pada pria bagian tubuh yang paling banyak terinfeksi adalah bagian dalam Mr P seperti uretra dan selama aktivitas seks parasit biasanya menyebar dari Mr P ke Miss V atau sebaliknya bahkan pada beberapa kasus bisa menyebar dari Miss V ke Miss V.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui bahwa tidak umum bagi parasit untuk menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti tangan, mulut, atau anus dan tidak jelas mengapa beberapa orang dengan infeksi terkena gejala sementara yang lain tidak.

Akan tetapi hal tersebut mungkin tergantung pada banyak faktor, seperti faktor usia seseorang dan kesehatan secara keseluruhan dan seseorang yang terinfeksi tanpa gejala masih bisa menularkan infeksi ke orang lain.

Apa Sajakah Gejala Penyakit Trikomoniasis Itu?

Tahukah Anda bahwa sekitar 70% orang yang terinfeksi pengertian penyakit trikomoniasis tidak memiliki tanda atau gejala, akan tetapi bila trikomoniasis menyebabkan gejala biasanya gejala yang ditimbulkan bisa berkisar iritasi ringan sampai peradangan parah.

Beberapa orang dengan gejala bisa mengalaminya dalam waktu 5 sampai 28 hari setelah terinfeksi, namun beberapa orang yang terinfeksi bisa mengalami gejala sampai lama kemudian, selain itu kemungkinan gejalanya bisa datang dan pergi.

A. Gejala Trikomoniasis Pada Pria

- Terasa gatal dan iritasi di dalam Mr P

- Terasa seperti terbakar setelah berejakulasi ataupun setelah buang air kecil

- Keluarnya cairan tidak normal pada Mr P

B. Gejala Trikomoniasis Pada Wanita

- Miss V terasa gatal, terbakar, kemerahan atau nyeri

- Merasakan ketidaknyamanan saat buang air kecil

- Perubahan dalam cairan keputihan misalnya mengeluarkan atau peningkatan volume yang tipis yang bisa menjadi jelas dengan ciri-ciri cairan keputihan berwarna kekuningan, atau kehijauan dengan bau amis yang tidak biasa.

- Terasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual dan tanpa adanya pengobatan yang tepat infeksi tersebut bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

 

Bagaimanakah Cara Mencegah Trikomoniasis?

Sebenarnya cara mencegah pengertian penyakit trikomoniasis itu sangatlah mudah yaitu dengan tidak melakukan hubungan seksual bebas dengan banyak pasangan tanpa menggunakan kondom, akan tetapi dengan menggunakan kondom juga tidak 100% mencegah penyakit menular seksual, dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara lain untuk mencegahnya:

- Gunakan Kondom Lateks Dengan Cara yang Benar
Cara pertama untuk mencegah trikomoniasis adalah dengan menggunakan kondom lateks saat melakukan hubungan seks, karena hal tersebut dapat membantu seseorang untuk mencegah trikomoniasis akan tetapi perlu Anda ingat bahwa kondom lateks tidak akan benar-benar melindungi Anda karena penyakit Trikomoniasis dapat menginfeksi area yang tidak tertutup oleh kondom.

- Hindari Penggunaan Douching
Cara selanjutnya untuk mencegah Trikomoniasis khususnya bagi wanita adalah dengan menghindari penggunaan douching karena umumnya Miss V wanita memiliki bakteri alami untuk menjaga keseimbangan Miss V akan tetapi mungkin dengan menggunakan douche akan menyebabkan tersingkirnya bakteri yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kemungkinan terinfeksi Trikomoniasis

- Membatasi Pasangan Seks
Cara selanjutnya untuk mencegah penyakit Trikomoniasis adalah dengan membatasi pasangan seks, karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa seks bebas dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit menular seksual dan salah satunya Trikomoniasis.

Jadi pilihan terbaiknya adalah dengan membatasi pasangan seks dan ada baiknya untuk melakukan hubungan seks dalam jangka panjang dengan pasangan yang sudah Anda nikahi.

 

Saya Memiliki Trikomoniasis, Bagaimana Cara Mengatasinya?


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa gejala Trikomoniasis mirip dengan jenis penyakit menular seksual lainnya sehingga tidak bisa didiagnosis dengan gejala saja, sehingga Anda memerlukan diagnosis pasti dari bantuan dokter untuk memastikan bahwa Anda telah terinfeksi atau tidak.

Biasanya dokter akan melakukan berbagai jenis pemeriksaan kepada pasien yang merasa terinfeksi Trikomoniasis dan dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium jika Anda merasa memiliki infeksi.

Setelah hasil pemeriksaan menunjukan Anda telah terinfeksi Trikomoniasis maka dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu kepada Anda dan masing-masing dosis mungkin bisa saja berbeda-beda pada.

Selain itu pastikan pasangan seksual Anda benar-benar telah diuji dan minum obat juga, dan jika tidak ada gejala tidak berarti mereka tidak terkena infeksi, selain itu Anda perlu menghindari kontak seksual selama infeksi benar-benar sembuh.



Dan jika Anda seorang yang aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan seksual dan mengira memiliki salah satu gejala pengertian penyakit trikomoniasis seperti di atas maka ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Karena Klinik Utama Gracia merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin jadi dengan pengobatan yang tepat dan cepat penyakit Anda bisa segera di atasi, selain itu Anda juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas kapanpun dan dimanapun Anda berada.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.