Apakah Bahaya Kutil Kelamin?


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit kelamin umumnya sangat berbahaya sama halnya dengan bahaya kutil kelamin akan tetapi sayangnya kebanyakan orang belum mengetahui hal tersebut sehingga nantinya akan menyesal di kemudian hari, lalu apa sajakah bahaya kutil kelamin itu?

Sebelum membahas lebih dalam perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dimana paling sering ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual (seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin).

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin tidak sama dengan kutil yang berada di telapak tangan, kaki maupun bagian tubuh lainnya, karena kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) dari jenis tertentu

Apa Sajakah Gejala Kutil Kelamin?

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya kutil kelamin terlihat seperti benjolan kembang kol dan akan berwarna kulit, dan biasanya akan muncul pada beberapa bagian seperti: pada Miss V, Mr P, leher rahim, skrotum, anus dll.

Selain itu seseorang mungkin tidak akan mengembangkan kutil kelamin selama beberapa minggu setelah terinfeksi HPV akan tetapi secara tidak sadar HPV telah menginfeksi Anda dan akhirnya bisa menimbulkan kutil kelamin.

Kutil kelamin juga tidak selalu terlihat oleh mata manusia, karena pertumbuhan kutil bisa sangat kecil dan warna kulitnya sedikit lebih gelap dan jika disentuh akan terasa bergelombang saat disentuh, seseorang juga mungkin akan memiliki sekelompok kutil atau hanya satu kutil pada area kemaluan ataupun area yang telah dijelaskan di atas.

Namun, perlu Anda catat bahwa tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil kelamin !!, karena masih banyak infeksi lain dan kondisi kulit normal yang mungkin terlihat seperti kutil tapi bukan berarti bahaya kutil kelamin, sehingga untuk memastikannya maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Awas, Ini Bahaya Kutil Kelamin Jika Tidak Diobati Dengan Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa jika diobati dengan cepat dan tepat maka gejala kutil kelamin bisa diminimalkan akan tetapi jika kutil kelamin tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka bahaya kutil kelamin bisa saja menyerang seseorang yang telah terinfeksi HPV dan berikut di bawah ini adalah beberapa komplikasi yang bisa disebabkan oleh kutil kelamin, diantaranya:

1. HPV Bisa Menyebabkan Kanker Serviks
Bahaya kutil kelamin yang pertama adalah bisa menyebabkan kanker serviks karena Human papillomavirus (HPV) menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks yang merupakan infeksi menular seksual umum dan di perkirakan bahwa sekitar 14 juta infeksi baru terjadi setiap tahunnya karena HPV.

Namun, sayangnya kebanyakan orang yang memiliki infeksi HPV tidak pernah mengalami gejala apapun dan banyak kasus hilang tanpa pengobatan, selain jenis virus HPV tertentu dapat menginfeksi sel dan menimbulkan masalah seperti kutil kelamin atau kanker.

Selain itu dulunya kanker serviks adalah kematian kanker utama bagi wanita Amerika, tapi sekarang dianggap sebagai kanker wanita yang paling mudah dicegah dengan melakukan tes Pap Smear secara rutin, melakukan vaksin HPV, dan dengan melakukan tes HPV dapat mempermudah seseorang untuk mencegah kanker serviks.

Selain itu dengan mengetahui gejala kanker serviks juga bisa menyebabkan deteksi dini dan pengobatan jadi lebih cepat dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala kanker serviks yang perlu Anda waspadai diantaranya:

- Mengalami Perdarahan Tidak Teratur
Tahukah Anda bahwa perdarahan pada Miss V yang tidak teratur adalah gejala yang paling umum dari kanker serviks dan biasanya perdarahan terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks.

Perdarahan pada Miss V juga bisa terjadi pada wanita pascamenopause yang tidak lagi mengalami menstruasi dan tentunya hal ini tidak normal sehingga bisa menjadi tanda peringatan adanya kanker serviks atau masalah serius lainnya, jadi jika Anda mengalami hal tersebut segera konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Kutil Kelamin



- Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut
Sementara pendarahan dan pelepasan mungkin merupakan tanda awal adanya kanker serviks, maka terdapat gejala yang lebih parah akan berkembang pada tahap selanjutnya dan gejala kanker serviks stadium lanjut bisa meliputi:

- Terasa nyeri pada bagian punggung atau nyeri pelvis

- Mengalami kesulitan untuk buang air kecil atau buang air besar

- Pembengkakan satu atau kedua kaki

- Mengalami kelelahan

- Mengalami penurunan berat badan

2. HPV Bisa Menyebabkan Displasia Serviks
Bahaya kutil kelamin selanjutnya adalah bisa menyebabkan displasia serviks adalah suatu kondisi di mana sel sehat pada serviks mengalami beberapa perubahan abnormal dan pada displasia serviks sel abnormal tidak bersifat kanker, namun bisa berkembang menjadi kanker jika tidak terdeteksi secara dini dan diobati.

Bahkan menurut Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center di Johns Hopkins University, setiap tahun di Amerika Serikat, displasia serviks mempengaruhi antara 250.000 sampai 1 juta wanita dan hal ini paling sering terjadi pada wanita yang berusia antara 25 dan 35 tahun.

Diketahui bahwa virus yang umum disebut human papillomavirus (HPV) menyebabkan displasia serviks, dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa HPV adalah virus yang menular secara seksual, dan ada ratusan jenis kemudian jenis HPV ada yang berisiko rendah dan bisa menyebabkan bahaya kutil kelamin.

Saya Memiliki Kutil Kelamin Bagaimanakah Cara Menghilangkannya?


Perlu Anda ketahui bahwa mungkin kutil kelamin yang terlihat bisa hilang seiring berjalannya waktu, namun perlu Anda catat bahwa virus HPV tidak dapat dihilangkan begitu berada dalam aliran darah Anda.

Ini berarti seseorang mungkin mengalami beberapa wabah selama hidup Anda dan tentunya hal ini bisa membuat pengelolaan gejala penting karena Anda ingin mencegah penularan virus ke orang lain, karena kutil kelamin bisa diteruskan ke orang lain meski tidak ada kutil yang terlihat atau gejala lainnya.

Dan jika Anda ingin menghilangkan kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera datang ke Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik penyakit kelamin yang terbaik untuk mengatasi berbagai macam permasalahan penyakit menular seksual.

Anda juga tak perlu repot-repot untuk mengantre karena Klinik Utama Gracia telah menggunakan sistem reservasi online yang mempermudahkan Anda untuk berkonsultasi secara online dimanapun dan kapanpun dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.