Tentunya hampir sebagian besar penyakit pasti akan ada gejala awalnya begitu juga dengan gejala awal kutil kelamin, namun sayangnya kebanyakan orang yang telah terinfeksi kutil kelamin mungkin tidak akan mengembangkan kutil yang terlihat, lalu seperti apakah gejalanya?

Sebelum membahas lebih dalam ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa kutil kelamin (Genital Warts) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang umumnya disebabkan oleh adanya salah satu jenis human papillomavirus (HPV) dan umumnya dua dari tiga kasus kutil kelamin dikontrak melalui kontak seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi, menurut Mayo Clinic.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa HPV adalah yang paling umum dari semua jenis PMS dan tentunya hal ini dapat membuat pria dan wanita yang aktif secara seksual sangat rentan terhadap komplikasi HPV seperti kutil kelamin.

Dan faktanya terdapat hampir sekitar 360.000 orang mengembangkan kutil kelamin setiap tahunnya, sehingga sangat penting bagi seseorang yang aktif secara seksual untuk mencegah penyakit kutil kelamin, lalu apa sajakah gejala awal kutil kelamin?

Waspadalah, Inilah Gejala Awal Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita


Biasanya kutil kelamin akan muncul setelah beberapa minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah seseorang berhubungan seks pertama kali berhubungan dan terinfeksi virus human papillomavirus tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya gejala awal kutil kelamin bisa tampak seperti pertumbuhan kutil berukuran, kecil atau besar, berdaging, seperti benjolan atau perubahan kulit di manapun pada alat kelamin atau di sekitar anus, selain itu perlu Anda ketahui bahwa dalam beberapa kasus, kutil kelamin bisa berukuran sangat kecil sehingga sulit dikenali.

Seseorang juga dapat memiliki gejala awal kutil kelamin tunggal atau kelompok dari beberapa kutil yang tumbuh bersama untuk membentuk semacam penampilan "kembang kol".

Selain itu perlu Anda catat bahwa kutil kelamin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meski pada beberapa orang mereka bisa merasakan gejala awak kutil kelamin seperti terasa gatal-gatal dan meradang. Jika kutil menjadi meradang maka hal tersebut bisa menyebabkan perdarahan dari uretra, perdarahan pada Miss V atau pada anus.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mengobati Kutil Kelamin

Bahkan jika kutil kelamin tumbuh di uretra yaitu tabung yang terhubung ke kandung kemih, dan jika air urin melewatinya maka kutil yang berkembang di dekat atau di dalam uretra juga bisa mengganggu aliran normal air urin.

Selain itu seseorang yang telah aktif secara seksual atau terpapar pada seseorang yang memiliki kutil kelamin mungkin akan memiliki gejala awal kutil kelamin ataupun tanda-tanda seperti di bawah ini:

- Muncul ruam berwarna kemerahan yang terasa gatal

- Nyeri pada area kelamin

- Muncul kutil kelamin yang berwarna keabu-abuan atau dengan permukaan keriput (digambarkan sebagai bentuk kembang kol) yang muncul dalam 3 bulan kontak seksual

- Selain itu seseorang dapat membawa virus ini selama bertahun-tahun tanpa gejala dan perawatan di rumah untuk kutil kelamin dapat membantu untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gejala akan tetapi diperlukan bantuan medis untuk menghilangkan kutil kelamin.

- Biasanya luka ataupun lesi bisa menjadi berdarah akibat kontak seksual, jadi ada baiknya jika Anda tahu Anda terinfeksi kutil kelamin maka sebaiknya hindari kontak seksual.

- Selain itu biasanya gejala awal kutil kelamin akan terasa gatal di daerah Miss V dan anus

Lalu Dimanakah Kutil Kelamin Akan Muncul?

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya kutil kelamin pada pria dan wanita terkadang tidak selalu terlihat oleh mata telanjang, karena seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa pertumbuhan kutil kelamin bisa berukuran sangat kecil dengan warna kulit atau sedikit gelap, dan ketika disentuh akan sedikit bergelombang, terasa licin, lalu dimanakah kutil kelamin akan muncul?

Kutil Pada Wanita Akan Muncul dan Berkembang Pada Bagian Ini:

- Di sekitar vulva (pembukaan vagina)

- Di leher rahim

- Di dalam Miss V

- Di sekitar atau di dalam anus

- Pada bagian atas paha

Sedangkan Kutil Pada Pria Akan Muncul dan Berkembang Pada Bagian Ini

- Di mana saja di sekitar Mr P

- Pada skrotum

- Di dalam uretra yaitu tabung dimana air urine akan keluar

- Di sekitar atau di dalam anus

- Pada bagian atas paha

 

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Kutil Kelamin?


- Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit kutil kelamin adalah dengan berpantang untuk tidak melakukan hubungan seksual, atau Anda masih bisa melakukannya dengan catatan dengan pasangan yang sudah Anda nikahi

- Untuk mengurangi tertular ataupun terinfeksi Anda juga bisa menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual akan tetapi penggunaan kondom tidak sepenuhnya melindungi Anda dari penyakit menular seksual

- Menghindari melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan

- Jangan melakukan hubungan seks dengan seseorang yang telah terinfeksi penyakit menular seksual

Lalu, Kapankah Saya Harus Mencari Bantuan Medis?
Tentunya Anda harus segera mencari bantuan medis jika Anda aktif secara seksual dan mencurigai telah memiliki gejala awal kutil kelamin atau jika pasangan seksual Anda baru-baru ini atau saat ini telah mengembangkan kutil kelamin.

Bahkan sekalipun tidak gejala awal kutil kelamin berkembang pada Anda akan tetapi kemungkinan besar Anda bisa terinfeksi dari pasangan seksual Anda jadi ada baiknya segera konsultasikan permasalahan tersebut kepada dokter spesial penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia.

Dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana Anda menduga adanya kutil dapat terjadi, selain itu karena kutil bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, maka dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan panggul lalu, mungkin dokter juga akan menerapkan larutan asam ringan yang membantu membuat kutil kelamin lebih terlihat.

Seorang dokter spesialis penyakit kelamin juga dapat melakukan tes Pap smear yang melibatkan pengambilan swab untuk mendapatkan sel dari serviks Anda kemudian sample swab tersebut bisa langsung di diuji keberadaan HPV.

Beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal pada saat melakukan tes Pap smear yang mengindikasikan adanya perubahan prakanker. Jika dokter Anda mendeteksi kelainan ini, maka Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan sel abnormal tersebut.



Nah, itulah tadi pembahasan mengenai gejala awal kutil kelamin dan jika misalkan Anda aktif secara seksual dan mencurigai gejala-gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa juga berkonsultasi online dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.