Penyakit Kelamin Adalah Penyakit yang Disebabkan Oleh Aktivitas Seks

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar penyakit kelamin adalah tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit ini, lalu apa sajakah penyakit kelamin itu? Dan apa sajakah gejalanya, bagaimanakah cara mencegahnya?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa penyakit kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) dimana penyakit kelamin umumnya disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seks, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus PMS tertentu.

Penyakit kelamin adalah biasanya juga disebut dengan infeksi menular seksual (IMS) dimana bisa disebabkan oleh kuman maupun virus dari seseorang yang sudah terinfeksi melalui hubungan seks dan tentunya penyakit kelamin adalah sangat menular dan berbahaya.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin adalah disebabkan oleh adanya sekitar 30 virus, bakteri dan parasit tertentu yang dapat bertahan dan menyebar melalui hubungan seksual dari satu orang ke orang lain.

Penyakit kelamin adalah jenis penyakit paling berbahaya dan perlu Anda waspadai dan umumnya disebabkan oleh adanya kuman yang ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin.

Ternyata penyakit kelamin telah ada selama ratusan tahun dan sayangnya kebanyakan orang akan mengalami infeksi selama masa hidup mereka mungkin tidak menyadarinya mereka telah terinfeksi dan menularkannya kepada pasangan seksualnya.

Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa terdapat 19 juta kasus baru setiap tahun, yang menghadirkan tantangan kesehatan masyarakat yang utama dan memang PMS yang tidak segera diobati diperkirakan menyebabkan setidaknya 24.000 wanita menjadi tidak subur setiap tahunnya.



Lalu, Siapa Sajakah yang Berisiko Untuk Terinfeksi Penyakit Menular Seksual?

Tahukah Anda bahwa penyakit menular seksual bisa menginfeksi siapa saja dan tak mengenal latar belakang, ras, etnis atau status sosial ekonomi seseorang?

Ya karena pada umumnya penyakit kelamin adalah paling sering berpindah dari satu orang ke orang lain melalui aktivitas seksual termasuk, seks vaginal, anal dan oral, dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor risiko seseorang bisa terinfeksi diantaranya:

- Pernah mengalami riwayat penyakit menular seksual

- Sejarah seks tanpa menggunakan kondom

- Sering melakukan hubungan seks bebas

- Sering berganti-ganti pasangan seks

- Berhubungan seks di usia muda

- Pria yang berhubungan seks dengan pria

- Berhubungan seks dengan pekerja seks

- Sering berhubungan seksual saat berada di bawah pengaruh alkohol atau narkoba

- Menggunakan obat-obatan terlarang

Bahkan jika Anda pernah dirawat karena mengalami PMS dan dinyatakan sembuh tetapi bukan berarti Anda akan kebal terhadap PMS, karena jika Anda berhubungan seksual secara tidak aman maka Anda bisa berisiko kembali untuk terinfeksi PMS.

Karena itulah pasangan seksual Anda harus dirawat bersamaan dengan Anda sehingga pasangan yang tidak dirawat masih membawa bakteri atau virus tidak menginfeksi ulang pasangan yang diobati.

Lalu, Apa Sajakah Jenisnya Penyakit Kelamin Itu?



- Chlamydia
Chlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi pada orang dewasa muda yang aktif secara seksual dan umumnya Chlamydia disebabkan oleh adanya bakteri Chlamydia trachomatis.

- Gonore
Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual selanjutnya yang umumnya disebabkan oleh adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae dan biasanya menimbulkan gejala, bila terdapat gejala biasanya seseorang akan mengalaminya sekitar 4 sampai 8 hari setelah terinfeksi

Baca Juga: Awas Inilah 5 Penyakit Kelamin Paling Berbahaya Di Dunia

- Trikomoniasis
Trichomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang umumnya disebabkan oleh adanya parasit yang bernama Trichomonas Vaginalis, namun sayangnya kebanyakan orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala dan seperti chlamydia dan gonore mungkin mereka tidak tahu bahwa telah terinfeksi dan secara tidak sengaja menularkan kepada pasangan seksualnya.

- Sipilis
Sipilis adalah salah satu jenis penyakit kelamin selanjutnya yang diketahui disebabkan oleh adanya bakteri bernama Treponema pallidum dengan sub-spesies pallidum yang umumnya dapat bersarang di organ intim.

Diketahui penyakit kelamin ini ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi sipilis dan perlu Anda ketahui bahwa jika penyakit sipilis tidak diobati tepat waktu dan benar maka maka kemungkinan besar dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan bisa menyebabkan kematian.

- HIV
Tak dipungkiri lagi bahwa HIV ataupun kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus, merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling berbahaya, karena dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), dan virus tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan kerusakan parah pada sistem kekebalan tubuh dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Lalu, Apa yang Terjadi Jika Penyakit Kelamin Tidak Diobati Atau Tidak Disembuhkan?
Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang yang telah terinfeksi PMS tidak menyadari bahwa komplikasi PMS yang tidak diobati dapat mencakup segala sesuatu mulai dari masalah ketidaksuburan, menyebabkan infeksi pada saluran kelamin, menyebabkan penyakit jantung, kanker tertentu, HIV dan banyak komplikasi lainnya dan yang paling parah adalah kematian.

Baca Juga: Awas Komplikasi Mengerikan Ini Bisa Terjadi Jika PMS Tidak Diobati

Misalnya saja penyakit sifilis yang tidak diobati maka dapat merusak organ dalam dan sistem saraf, dan infeksi gonore dan klamidia yang tidak diobati dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan masalah ketidaksuburan dan PMS juga bisa sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayinya.



Bagaimanakah Penyakit Kelamin Dicegah?

Sama halnya dengan banyak penyakit lainnya bahwa mencegah lebih baik dari pada menggobati, jadi intinya pencegahan adalah kunci utama agar Anda tidak tertular penyakit menular seksual dan salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan hubungan seks akan tetapi Anda masih dapat melakukannya dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi

Selain itu untuk mengurangi terinfeksi penyakit kelamin adalah maka Anda bisa menggunakan kondom setiap saat melakukannya dan pada wanita juga bisa menggunakan bendungan gigi saat hendak melakukan seks oral akan tetapi hal tersebut masih bisa menginfeksi Anda

Dan jika Anda aktif secara seksual maka sangat penting untuk Anda melakukan tes PMS di dokter spesialis penyakit kelamin secara rutin setiap tahunnya atau jika Anda memiliki banyak pasangan seksual maka lakukanlah pemeriksaan PMS setiap 6 bulan sekali.

Ada dua alasan untuk ini alasan pertama tes ini dapat memberi dokter kesempatan untuk mengajar Anda mengenai bahaya PMS dan alasan kedua adalah untuk memberi kesempatan kepada dokter tentang lebih banyak untuk melakukan pemeriksaan PMS dan jika masih dalam tahap awal maka kemungkinan dapat diobati.

Jadi pada intinya jangan biarkan rasa malu memberatkan Anda untuk berobat karena dengan menunggu untuk menemui dokter terlalu lama mungkin akan membiarkan penyakit berkembang dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh Anda.

Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin menderita penyakit kelamin adalah atau jika Anda memiliki pasangan yang mungkin menderita PMS maka sudah saatnya Anda harus segera menemui Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa juga berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.