3 Cara Pengobatan Kutil Kelamin Ini Ampuh Hilangkan Kutil Pada Kemaluan


Cara pengobatan kutil kelamin memang menjadi salah satu cara yang paling banyak di cari untuk mengatasi masalah kutil kelamin, namun ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda ingin menggunakan salah satu cara pengobatan kutil kelamin, lalu apakah kutil kelamin itu?

Perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh adanya human papillomavirus (HPV) jenis tertentu dan umumnya ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Selain itu biasanya kutil kelamin memiliki ciri-ciri berbentuk kembang kol, dan dalam ukuran kutil, kelamin bisa berukuran kecil sampai berukuran besar dengan warna menyerupai kulit atau mungkin saja bisa berwarna lebih gelap dari kulit.

Dan ketika disentuh kutil kelamin terasa bergelombang atau terasa licin dan seseorang yang telah terinfeksi juga kemungkinan besar bisa memiliki sekelompok kutil atau hanya satu kutil dan biasanya kutil akan muncul pada berbagai daerah seperti: pada Mr P, pada kantung kemaluan, pada mulut atau tenggorokan akibat seks oral, pada paha atau kutil bisa berada di dalam atau sekitar anus.

3 Cara Pengobatan Kutil Kelamin Ini Ampuh Hilangkan Kutil Pada Kemaluan, Apa Sajakah Itu?


Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa cara berbeda untuk mengobati kutil kelamin, dan biasanya cara pengobatan kutil kelamin tergantung dari mana kutil dan seberapa banyak kutil kelamin yang Anda miliki.

Selain itu hampir seperti semua obat dan prosedur perawatan medis untuk kutil kelamin mungkin dapat memiliki efek samping, sehingga ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kutil kelamin kepada dokter atau perawat Anda untuk menentukan opsi pengobatan kutil kelamin mana yang terbaik untuk Anda.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara pengobatan kutil kelamin yang biasanya dilakukan dokter untuk menghilangkan atau menyembuhkan kutil kelamin, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Metode Cryotherapy

Cara pengobatan kutil kelamin yang pertama adalah dengan menggunakan metode Cryotherapy dan metode ini berfungsi untuk menghancurkan kutil kelamin dengan cara membekukannya dengan nitrogen cair.

Biasanya dokter akan melakukan cara pengobatan kutil kelamin ini setelah mengetahui dimana kutil kelamin berada, lalu dokter akan membekukan dengan menerapkan ke jaringan kutil kelamin dengan nitrogen cair, lalu dokter akan membiarkan kutil membeku beberapa saat sampai akhirnya kutil bisa dihilangkan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ukuran dan ketebalan kutil kelamin menentukan jumlah dan panjang siklus pembekuan atau pencairan dan biasanya seseorang mungkin akan mengalami sensasi terbakar ringan sampai sedang selama melakukan metode ini.

Kutil kelamin di uretra atau anus biasanya akan memerlukan perawatan paling banyak karena kutil mungkin ada di dalam lubang, selain itu penggunaan alat pembesar juga dapat digunakan untuk melihat jaringan abnormal agar lebih terlihat

A. Apakah Metode Cryotherapy Bisa Memberikan Efek Samping?
Perlu Anda ketahui bahwa mungkin waktu pemulihan kutil kelamin tergantung pada lokasi dan jumlah kutil yang hilangkan dan penyembuhan biasanya terjadi dalam 1 sampai 3 minggu setelah menjalankan perawatan, dan berikut di bawah ini adalah beberapa efek samping yang bisa dihasilkan diantaranya:

- Mengalami iritasi, nyeri ringan biasanya terjadi setelah melakukan perawatan ini.

- Seseorang juga mungkin bisa mengalami pembengkakan.

- Seseorang juga mungkin akan memiliki jaringan mati yang terlepas dari area kutil kelamin

- Mungkin luka atau lepuh bisa terbentuk.

Selain itu pada pria dan wanita yang telah menjalani metode Cryotherapy sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual sampai area kutil kelamin sembuh total.

Dan bagi pria dan wanita yang telah menjalani Cryotherapy dan mengalami gejala seperti: demam, perdarahan, mengeluarkan cairan berbau busuk atau kekuning-kuningan, mengeluarkan kotoran pada Miss V yang berair yang mungkin menandakan adanya infeksi maka segeralah untuk menemui dokter Anda.



2. Dengan Prosedur Eksisi Electrosurgical Loop


Cara pengobatan kutil kelamin selanjutnya adalah dengan menggunakan prosedur eksisi electrosurgical loop atau yang disingkat dengan (LEEP).
Prosedur LEEP ini akan menggunakan kawat listrik bertegangan rendah yang berbentuk tipis untuk menghilangkan kutil kelamin dengan memanaskan area kutil kelamin yang akan dilepas dengan LEEP

Dan tujuan utamanya adalah untuk memisahkan kutil kelamin dari kulit dan biasanya dokter akan menggunakan anestesi lokal yang disuntikkan terlebih dahulu kepada pasirn untuk mematikan rasa sakit pada daerah yang akan melakukan LEEP.

B. Apakah Metode LEEP Bisa Memberikan Efek Samping?

- Pendarahan adalah efek samping yang paling umum, namun biasanya LEEP menyebabkan kehilangan darah lebih sedikit daripada perawatan laser.

- Jaringan parut pada penis adalah kemungkinan efek samping lainnya yang bisa dihasilkan dan bisa berakibat pada masalah buang air kecil atau ereksi.

- Infeksi tidak sering terjadi dan bisa hal tersebut bisa diobati dengan antibiotik dari resep dokter.



C. Segera Kunjungi Dokter Jika Anda Mengalami Gejala Ini Setelah Melakukan Metode LEEP
Perlu Anda ketahui bahwa umumnya waktu pemulihan tergantung pada lokasi dan jumlah kutil yang dihapus dan bagi kebanyakan orang akan dapat kembali ke aktivitas normal dalam waktu 1 sampai 3 hari setelah melakukan metode LEEP.

Jika Anda seorang pria dan wanita yang telah melakukan cara pengobatan kutil kelamin dengan metode LEEP dan memiliki gejala tidak normal maka ada baiknya untuk segara hubungi dokter dan waspadalah beberapa gejala seperti berikut:

- Mengalami pendarahan yang berlangsung lebih lama dari 1 minggu

- Mengalami demam dan sakit parah

- Pada wanita akan mengeluarkan cairan tidak normal dengan ciri-ciri berbau busuk atau kekuning-kuningan yang mungkin mengarah ke infeksi

Selain itu penting untuk menghindari hubungan seksual sampai area kutil kelamin yang dirawat sembuh total dan rasa sakitnya hilang (biasanya 1 sampai 3 minggu, tergantung pada ukuran area yang dirawat).



3. Dengan Metode Operasi Laser


Cara pengobatan kutil kelamin yang terakhir adalah dengan menggunakan metode laser, dan biasanya dokter akan menggunakan metode operasi laser untuk kutil kelamin setelah perawatan lainnya gagal, ataupun kutil nya telah meluas, namun biasanya operasi laser biayanya akan sedikit lebih mahal daripada metode pengobatan lainnya.

Operasi laser memerlukan pelatihan dan peralatan khusus dan beberapa ahli percaya bahwa keterampilan dokter untuk melakukan operasi laser mempengaruhi keberhasilan bedah.

Sehingga pasien yang berpikir ingin menggunakan metode operasi laser untuk kutil kelamin harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter berapa kali sebelum melakukan prosedur sehingga mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilannya.

Selain itu dokter biasanya akan menggunakan anestetik lokal atau umum dapat digunakan tergantung pada jumlah kutil yang harus dihilangkan atau ukuran area kutil yang akan dirawat.
Bagi wanita, perubahan sel serviks yang tidak normal yang disebabkan oleh HPV akan diperlakukan berbeda dari kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV.

A. Apakah Operasi Laser Bisa Menyebabkan Resiko?

- Terasa sakit, atau membengkak, atau gatal-gatal pada alat kelamin

- Keluarnya cairan dari Miss V atau pada Mr P

- Terasa sakit pada area kutil yang dirawat

- Penumpahan jaringan parut, dll.

- Pada pria akan mengalami masalah saat buang air kecil atau masalah saat mengalami ereksi.

B. Segera Kunjungi Dokter Jika Anda Mengalami Gejala Ini Setelah Melakukan Operasi Laser
Biasanya waktu pemulihan tergantung pada lokasi dan jumlah kutil yang dihapus dan penyembuhan biasanya terjadi dalam 2 sampai 4 minggu, selain itu baik pria dan wanita yang telah menjalani operasi laser, maka segeralah untuk menghubungi dokter jika Anda memiliki hal berikut:

- Mengalami pendarahan yang berlangsung lebih lama dari 1 minggu

- Mengalami demam dan sakit parah

- Mengeluarkan cairan tidak normal berbau busuk atau kekuning-kuningan yang mungkin mengarah ke infeksi

Selain itu perlu Anda catat bahwa untuk selalu menghindari berbagai macam aktifitas seksual sampai area kutil kelamin yang dirawat sembuh dan rasa sakitnya hilang (biasanya 1 sampai 3 minggu, tergantung pada ukuran area yang dirawat).

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai 3 cara pengobatan kutil kelamin yang paling ampuh untuk menghilangkan kutil kelamin dan jika misalkan Anda merasa memiliki kutil kelamin maka Anda bisa menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.