3 Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa penyakit kelamin berbahaya siap mengancam siapa saja namun paling sering menyerang kepada seseorang yang aktif secara seksual, lalu penyakit kelamin apa sajakah itu dan bagaimanakah cara mencegahnya?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa penyakit kelamin berbahaya umumnya masuk ke kategori penyakit menular seksual (PMS) dimana penyakit ini paling umum ditularkan lewat berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS.

Bahkan menurut sebuah penelitian terdapat lebih dari 65 juta orang Amerika menderita PMS yang tidak dapat disembuhkan dan setiap tahunnya terdapat 20 juta kasus baru dilaporkan dan setengah dari infeksi ini dialami oleh orang-orang yang berusia produktif yaitu umur 15 tahun sampai 24 tahun sehingga mereka dapat memiliki konsekuensi jangka panjang.

Awas, Inilah 3 Jenis Penyakit Kelamin Berbahaya, Apa Sajakah Itu?


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit kelamin berbahaya adalah penyakit serius yang memerlukan perawatan dan pengobatan secepatnya, bahkan beberapa jenis seperti HIV tidak dapat disembuhkan dan bisa mematikan.

Pada intinya dengan belajar lebih banyak mengenai penyakit kelamin berbahaya, Anda bisa belajar untuk melindungi diri sendiri agar tak tertular oleh penyakit menular seksual dan berikut di bawah Kami rangkum 3 jenis penyakit kelamin berbahaya yang tentunya perlu Anda waspadai diantaranya:

1. Penyakit Gonore

Penyakit kelamin yang berbahaya adalah penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual dimana gonore disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae yang umumnya disebarkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

Bahkan penyakit ini paling populer di kalangan orang muda yang berusia 18 tahun sampai 34 tahun, dan dapat menyebabkan berbagai infeksi pada alat kelamin, dubur dan tenggorokan, bahkan hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius pada pria dan wanita.

Baca Juga: Mengerikan Hal Ini Bisa Terjadi Jika PMS Tidak Diobati

Pada wanita, gonore merupakan penyebab umum penyakit radang panggul (PID) dan tentunya kondisi ini bisa merusak tuba falopi yang bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan (infertilitas).

Sedangkan pada pria penyakit gonore bisa menyebabkan radang sendi dan dapat menyebabkan epididimitis, yaitu kondisi testis yang menyakitkan yang dapat menyebabkan ketidaksuburan jika tidak segera diobati. Selain itu ternyata penyakit gonore yang tidak diobati bisa menyebar ke darah atau persendian seorang pria dimana hal ini akan dianggap sebagai kondisi yang serius bahkan mengancam jiwa.

2. Penyakit Sifilis

Penyakit kelamin berbahaya selanjutnya adalah penyakit sifilis dimana penyakit ini disebabkan oleh adanya virus Treponema pallidum yang umumnya ditularkan lewat berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi sifilis.

Perlu Anda ketahui Jika tidak diobati dengan tepat waktu dan dengan cara yang benar maka sifilis bisa mengakibatkan komplikasi serius dan akhirnya bisa menyebabkan kematian, dan ternyata penyakit sifilis ini sangat sulit didiagnosis sehingga membuat penyakit sifilis menjadi salah satu penyakit paling berbahaya yang ditularkan secara seksual.

Perlu Anda ketahui bahwa sifilis terbagi menjadi beberapa tahap dan dimana pada masing-masing tahap bisa menimbulkan gejala yang berbeda-beda, dan tahap primer gejala utamanya biasanya tidak melimpah dan mungkin terlihat seperti luka kecil, luka ringan atau benjolan, biasanya muncul pada alat kelamin atau mulut.

Tahap sekunder biasanya melibatkan ruam tubuh yang tidak terasa gatal dan ruam tersebut bisa muncul di telapak tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya.

Selain itu jika tahap sekunder tidak diobati maka bisa masuk ke tahap ketiga yang dikenal sebagai tahap laten yang bisa berkembang selama bertahun-tahun dan sifilis masih bisa berlanjut ke tahap akhir yaitu tahap tersier dimana bisa menyebabkan masalah serius sehingga bisa merusak fungsi tubuh yang berbeda.

Bahkan bisa menyebabkan masalah mental dan neurologis, penyakit jantung, kebutaan dan akhirnya bisa menyebabkan kematian, sehingga ada baiknya untuk segera berkonsultasi jika Anda merasa telah terinfeksi sifilis.

 


3. Kutil Kelamin


Penyakit kelamin berbahaya selanjutnya adalah kutil kelamin dimana umumnya disebabkan oleh adanya virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV) tipe tertentu yang disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Sayangnya kebanyakan orang yang membawa HPV tidak pernah menunjukkan gejala apapun ataupun gejalanya sangat ringan, namun virus tersebut dapat ditularkan dengan mudah melalui hubungan berbagai macam aktifitas seksual seperti seks anal, vaginal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV.

Dan ketika gejala terjadi masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh HPV adalah salah satu penyebab PMS yang paling tidak menyenangkan, karena umumnya seseorang yang terinfeksi kutil kelamin akan memiliki kutil yang mungkin banyak pada area kelamin yang berbentuk kembang kol,

Bahkan beberapa orang yang terinfeksi kutil kelamin akan mengeluhkan bau busuk yang berasal dari kutil yang timbul di daerah kelamin, bahkan kutil tersebut bisa berukuran besar sehingga kemungkinan dapat menyebabkan kesulitan saat berhubungan badan, kesulitan ketika persalinan atau kesulitan saat buang air besar.

Dan perlu Anda ketahui dalam beberapa kasus kutil kelamin dikaitkan dengan kanker serviks, bahkan beberapa jenis HPV juga bisa menyebabkan kanker vulva, kanker anus, kanker pada Mr P, kanker mulut dan kanker pada tenggorokan.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) tidak selalu menimbulkan kanker karena hanya jenis HPV tertentu yang bisa menyebabkan kanker.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Terinfeksi Penyakit Kelamin Berbahaya?


Salah satu cara yang paling ampun untuk mencegah terinfeksi penyakit kelamin berbahaya adalah dengan cara tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, namun Anda masih bisa melakukannya dengan setia pada satu pasangan yang sudah Anda nikahi.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kelamin berbahaya, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Selalu menggunakan kondom lateks secara benar setiap kali berhubungan seks

- Hindari berhubungan seks dengan banyak pasangan

- Hindari seks oral dengan pasangan yang memiliki PMS

- Ada baiknya untuk selalu membersihkan organ intim sebelum dan sesudah melakukan hubungan seks

- Jika Anda aktif secara seksual maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan PMS rutin setiap tahunnya

- Jika Anda memiliki masalah dengan penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol maka ada baiknya untuk hentikan kebiasaan buruk tersebut dar sekarang

Nah, itulah tadi berbagai macam penyakit kelamin berbahaya dan cara mencegahnya, dan jika misalkan Anda merasa memiliki salah satu jenis PMS seperti di atas maka segeralah sembuhkan di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.