Mengenal, Penyakit Kelamin Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar penyakit kelamin jengger ayam pada kelamin wanita padahal dengan mengetahuinya tentu kita akan dapat dengan mudah untuk mencegah penyakit tersebut, lalu apakah penyakit jengger ayam itu dan apakah bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin jengger ayam pada kelamin wanita ataupun yang lebih dikenal sebagai penyakit kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan umumnya penyakit ini paling sering ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Selain itu hampir sebagian besar penyakit kelamin jengger ayam pada kelamin wanita maupun pada pria disebabkan oleh adanya virus yang bernama Human Papiloma Virus, bahkan HPV bisa disebabkan oleh infeksi pada mulut serta pada tenggorokan yang diakibatkan akibat seks oral dengan penderita kutil kelamin.

Lalu, Apa Sajakah Tanda dan Gejala Penyakit Kelamin Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Maupun Pada Pria

Dalam kebanyakan kasus penyakit kelamin jengger ayam pada kelamin wanita maupun pada pria, bisa berukuran berbeda mulai dari ukuran kecil sampi besar dan beberapa kutil kelamin mungkin hadir bersamaan.

Dan umumnya kutil kelamin akan berbentuk gelombang seperti kembang kol dan kutil kelamin mungkin bisa muncul di manapun di permukaan tubuh yang terpapar kontak seksual, termasuk pada bagian vulva, Miss V, leher rahim, atau selangkangan dan pada Mr P, skrotum, paha, atau pada selangkangan.

Baca Juga: Inilah Cara Mudah Mengobati Kutil Kelamin



Bahkan dalam banyak kasus, kutil kelamin tidak menimbulkan gejala apapun, namun terkadang bisa menimbulkan gejala seperti: terasa gatal pada area kutil kelamin, terkadang kutil bisa berdarah dan menimbulkan sensasi seperti terbakar.

Sedangkan wanita biasanya memiliki kutil kelamin di dalam Miss V mungkin akan mengalami gejala seperti pendarahan setelah berhubungan seksual atau menimbulkan gejala keputihan yang tidak normal dan sangat terkadang kutil kelamin akan menyumbatan urin jika kutil tersebut tumbuh di pembukaan uretra.

Sehingga ada baiknya jika Anda ataupun pasangan Anda menduga memiliki penyakit kelamin maka ada baiknya segera konsultasikan dan sembuhkan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat

Karena kemungkinan besar kutil kelamin yang tidak segera disembuhkan tentu bisa mengakibatkan gangguan pada masalah kesehatan, dan tentunya bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat berhubungan seks bahkan terkadang bisa menimbulkan rasa malu ataupun minder terhadap pasangan.

 

Lalu, Siapa Sajakah yang Berpotensi Terinfeksi Penyakit Kelamin Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Maupun Pada Pria?


Perlu Anda catat bahwa setiap orang yang aktif secara seksual suatu waktu akan beresiko terkena HPV, bahkan menurut American Academy of Dermatology (AAD) hampir setengah dari orang-orang yang berhubungan seks memiliki beberapa jenis infeksi HPV

Selain itu penyakit kutil kelamin biasa terjadi pada orang yang memenuhi kriteria berikut, diantaranya:

- Seseorang yang aktif secara seksual di usia remaja

- Sering melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan tanpa kondom

- Memiliki kelemahan sistem kekebalan tubuh yang lemah

- Melakukan hubungan seks dengan seseorang yang memiliki riwayat penyakit menular seksual

- Seseorang yang menggunakan seks toys bekas dari penderita kutil kelamin


Apakah Ada Tes Untuk Mendiagnosis Penyakit Kelamin Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Maupun Pada Pria?


Jika Anda menduga mengalami penyakit kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter Anda, selain itu biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes untuk mendiagnosis penyakit tersebut.

Salah satu tes yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan tes pap smear, karena tes ini dapat mengidentifikasi sel abnormal yang terinfeksi yang mungkin merupakan prekursor kanker dan virus HPV terkadang bisa dicurigai dengan adanya perubahan yang tampak saat melakukan tes pap smear

Sementara itu infeksi HPV dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks yang dikenali saat melakukan tes Pap smear, namun sayangnya tes Pap smear sendiri tidak dapat memastikan diagnosis infeksi HPV kecuali dengan melakukan pengujian khusus terhadap bahan yang diperoleh dari tes Pap smear.

Bila ada terdapat hasil tes Pap smear yang abnormal, maka biasanya dokter akan melakukan pengujian lanjut terhadap bahan tersebut untuk mengetahui jenis HPV apa yang mungkin terdapat dalam tubuh Anda. Selain itu keberadaan virus HPV juga dapat dideteksi jika biopsi (misalnya, dari kutil kelamin atau dari serviks uterus) dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Dan perlu Anda ketahui bahwa pada tahun 2009, FDA AS menyetujui adanya tes DNA pertama kalinya untuk diagnosis jenis HPV yang dapat menjadi penyebab kanker pada sampel serviks.

Dua tes yang dikenal sebagai Cervista HPV 16/18 dan Cervista HPV HR, digunakan untuk mendiagnosa adanya DNA dari dua jenis HPV yang paling umum dikaitkan dengan kanker seperti jenis HPV 16 dan 18 serta jenis  HPV lainnya yang sangat berisiko tinggi atau jenis kanker lainnya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tes DNA ini tidak menggantikan tes Pap standar atau pemeriksaan klinis, dan ini digunakan dalam kombinasi dengan metode penyaringan tradisional untuk membantu memperkirakan risiko wanita dan bantuan dalam mengambil keputusan.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai penyakit kelamin jengger ayam pada kelamin wanita maupun pria dan jika misalkan Anda merasa memilikinya maka ada baiknya untuk segera menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasikan terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.