Tahukah Anda bahwa seseorang yang terinfeksi penyakit menular seksual pasti akan mengalami gejala penyakit menular seksual namun sayangnya beberapa jenis penyakit menular seksual mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali ataupun gejalanya sangat ringan sehingga seseorang tanpa sengaja telah menularkannya pada pasangan seksnya.

Penyakit menular seksual (PMS) atau yang disebut infeksi menular seksual adalah penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang yang telah terinfeksi melalui berbagai jenis kontak seksual, seperti seks vaginal, anal, maupun oral. Bahkan beberapa penyakit menular seksual dapat menyebar melalui penggunaan jarum narkoba, dari ibu ke bayi saat menyusui atau melahirkan, dan melalui transfusi darah.


Baca Juga: Mengerikan Ini yang Terjadi Jika Penyakit Kelamin Tidak Disembuhkan.


Diketahui saat ini terdapat banyak jenis penyakit menular seksual yang siap mengancam seseorang yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan diantaranya: Chlamydia, gonore, Herpes kelamin, Kutil kelamin, Trichomoniasis, sipilis, dll.

Lalu, Apa Sajakah Gejala Penyakit Menular Seksual Itu?

Diketahui penyakit menular seksual dari satu penyakit ke penyakit lainnya tentu memiliki gejala yang berbeda-beda, dan berikut dibawah ini Kami akan menjelaskan beberapa gejala penyakit menular seksual yang perlu Anda waspadai, diantaranya adalah:

1. Gejala Chlamydia
Chlamydia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis (C. trachomatis) dan bakteri ini bisa hadir di berbagai macam tempat seperti pada: tenggorokan, serviks, uretra, Miss V, dan pada rektum yang terinfeksi dan umumnya infeksi ini diakibatkan oleh hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi

Biasanya pada wanita yang mengalami Chlamydia biasanya tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, akan tetapi gejala-gejala tersebut akan muncul 5 sampai 10 hari setelah seseorang terinfeksi dan berikut di bawah ini adalah gejala-gejala penyakit menular seksual Chlamydia:

A. Gejala Chlamydia Pada Wanita:

- Mengalami rasa sakit pada perut

- Mengalami keputihan tidak normal dengan ciri-ciri berbau busuk, berwarna kuning dalam intensitas yang berlebihan

- Mengalami pendarahan di antara periode

- Mengalami demam ringan

- Terasa sakit saat berhubungan seksual dan mengalami mengeluarkan pendarahan setelahnya

- Merasa seperti terbakar saat buang air kecil

- Terasa membengkak di Miss V atau sekitar anus

- Terasa sakit saat buang air kecil dan perasaan perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya

- Kemungkinan juga jika seseorang wanita mendapatkan infeksi Chlamydia di anus maka dapat menyebabkan gejala seperti sering keluar cairan tidak normal pada anus, terasa sakit, dan mengeluarkan pendarahan dari anus.



B. Gejala Chlamydia Pada Pria

- Terasa sakit dan terbakar saat buang air kecil

- Keluar cairan tidak normal dari Mr P seperti nanah ataupun cairan berwarna kuning atau hijau

- Mengalami pembengkakan pada testis dan nyeri tertekan

- Jika seseorang pria melakukan seks oral dengan seseorang yang telah terinfeksi, maka kemungkinan besar akan mengalami gejala seperti sakit tenggorokan, dan mengalami batuk-batuk.

2. Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang umumnya dapat mempengaruhi baik pada pria dan wanita, perlu Anda ketahui bahwa Trikomoniasis disebabkan oleh adanya parasit protozoa bersel tunggal yang bernama Trichomonas vaginalis (TV).

Pada wanita daerah yang paling umum terinfeksi adalah area Miss V sedangkan pada pria itu adalah di bagian uretra (saluran urin) dan seorang wanita dengan Trikomoniasis lebih mungkin terinfeksi HIV jika dia terinfeksi virus.

Gejala Penyakit Menular Seksual Trikomoniasis, Diantaranya:

- Mr P mengalami Gatal-gatal atau iritasi

- Pada wanita mengalami keputihan tidak normal dengan ciri-ciri berwarna kehijauan

- Sedangkan pada pria maka akan mengeluarkan cairan tidak normal dari Mr P

- Miss V mengeluarkan bau yang kuat dibarengi dengan rasa gatal atau iritasi Terasa sakit saat melakukan hubungan badan

- Terasa sakit saat buang air kecil



3. Herpes Kelamin
Herpes simplex adalah infeksi yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV) yang menyerang alat kelamin dan bersifat menular melalui hubungan seksual, baik itu secara vagina, anal, maupun oral dan Penyakit ini disebut juga dengan herpes genitalis ataupun herpes kelamin.

Gejala Penyakit Menular Seksual Herpes Kelamin, Diantaranya:

- Awalnya terdapat luka melepuh di alat kelamin yang berwarna merah tanpa rasa sakit, kemudian luka lepuh kecil tersebut bisa pecah dan menimbulkan luka yang menyakitkan dan hal ini mungkin terjadi di sekitar alat kelamin atau di pantat, paha, atau pada daerah rektum

- Sering terasa gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau daerah anus

- Terasa sakit saat berkemih

- Sering merasakan sakit kepala, sakit punggung

- Mengalami gejala seperti demam, flu, kelelahan sampai pembengkakan kelenjar gerah bening

Namun perlu Anda perhatikan bahwa herpes kelamin bukan satu-satunya kondisi yang bisa menghasilkan gejala tersebut, karena terkadang gejala tersebut bisa menyerupai gejala penyakit lain jadi ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

4. Gonore
Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae dan biasanya gejala gonore akan muncul sekitar 4 sampai 8 hari setelah seseorang terinfeksi

Gejala Penyakit Menular Seksual Gonore, Diantaranya:

- Keluarnya cairan seperti kencing nanah, berawan atau berdarah dari Mr P atau Miss V

- Terasa nyeri atau sensasi terbakar saat berkemih

- Timbul perdarahan menstruasi yang sangat berat

- Testis membengkak dan terasa menyakitkan

Baca Juga: Apakah Seks Oral Bisa Menyebabkan Gonore?

- Nyeri saat buang air besar

- Anus terasa gatal-gatal biasanya akibat seks anal

- Selain itu penyakit gonore juga bisa menyebabkan infeksi pada rektum dan di tenggorokan, sehingga ada kemungkinan gonore dapat menyebar ke dalam tubuh dan menyebabkan gejala seperti ruam dan nyeri pada sendi

5. Kutil Kelamin
Kutil kelamin (condylomata acuminate) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual dan biasanya kutil kelamin ini muncul di berbagai area kelamin, seperti pada dubur, selaput lendir rektum, leher rahim, maupun pada Miss V dan penyakit ini sangat menular.

Gejala Penyakit Menular Seksual Kutil Kelamin, Diantaranya:

- Biasanya kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata telanjang, karena mungkin kutil ini memiliki ukuran yang sangat kecil dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap.

- Pertumbuhan kutil kelamin dapat menyerupai kembang kol dan mungkin terasa licin atau sedikit bergelombang jika disentuh.

- Seseorang yang terinfeksi mungkin memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil

Nah, itulah tadi berbagai pembahasan mengenai gejala penyakit menular seksual dan jika Anda aktif secara seksual dan sering melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan maka ada baiknya untuk mewaspadai gejala-gejala seperti di atas.

Selain itu jika Anda merasa memiliki salah satu gejala penyakit menular seksual seperti di atas maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda juga bisa mengkonsultasikan permasalahan tersebut dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.