Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa penyakit kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual dimana disebabkan oleh jenis human papillomavirus (HPV) tertentu, akan tetapi hampir sebagian besar kutil kelamin disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Perlu Anda ketahui ketahui bahwa ada lebih dari 100 jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil akan tetapi hanya sejumlah kecil jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil pada area kelamin dan diperkirakan bahwa sampai 65 % orang yang memiliki hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi kutil kelamin akan menjadi terinfeksi dan menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Selain itu dalam kebanyakan kasus wanita lebih berpotensi untuk mengalami penyakit kutil kelamin daripada pria akan tetapi bukan berarti kaum pria bisa bebas dari penyakit tersebut. Dan biasanya kutil kelamin bisa mempengaruhi jaringan lembab dari area kelamin dan juga bisa tumbuh di area lain seperti: pada dubur, selaput lendir rekrum, maupun pada leher rahim.

Lalu, Apa Sajakah Gejala-Gejala Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria Maupun Wanita?


Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata telanjang, hal tersebut terjadi karena pertumbuhan kutil kelamin bisa berukuran sangat kecil dengan ciri-ciri akan berwarna kulit atau sedikit lebih gelap, dengan bentuk menyerupai kembang kol.

Selain itu gejala penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita akan terasa licin atau sedikit bergelombang ketika disentuh, dan seseorang yang memiliki kutil kelamin mungkin akan memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil

Selain itu seseorang yang telah terinfeksi penyakit kutil kelamin biasanya akan mengalami gejala dengan rasa tidak nyaman dan terasa gatal-gatal di sekitar area kelamin, selain itu bisa memberikan gejala seperti terasa sakit saat melakukan hubungan penetrasi saat melakukan hubungan seksual bahkan penetrasi bisa menyebabkan kutil mengeluarkan darah.

A. Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria Bisa Timbul Di Bagian Ini:

- Pada Kantung kemaluan

- Pada paha

- Di dalam atau di sekitar anus

- Pada ujung atau pangkal Mr P

- Pada skrotum, atau anus

- Pada anus atau tenggorokan yang biasanya disebabkan akibat seks anal dengan orang yang terinfeksi

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Menyembuhkan Kutil Kelamin



B. Penyakit Kutil Kelamin Pada Wanita Bisa Timbul Di Bagian Ini:

- Pada vulva

- Dinding Miss V

- Bisa timbul di area antara alat kelamin luar dan anus

- Pada serviks

- Pada Miss V atau anus

- Pada mulut atau rahim

Kapankah Biasanya Penyakit Kutil Kelamin Mulai Berkembang?




Perlu Anda ketahui bahwa mungkin penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita akan berkembang setelah beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah seseorang berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin agar bisa muncul.

Dan karena hal tersebutlah mengapa penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita sangat sulit untuk mengetahui kapan Anda terkena infeksi HPV yang menyebabkannya, atau siapa yang menginfeksikannya kepada Anda.

Baca Juga: Mengerikan Ini yang Terjadi Jika Penyakit Kelamin Tidak Diobati

Selain itu seseorang bisa terkena virus dan tidak pernah benar-benar terkena kutil kelamin sehingga Anda bisa terinfeksi dan mungkin tidak memiliki gejala apapun akan tetapi masih terdapat gejala seperti di atas.

Dan terkadang virus HSV bisa hidup berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun di dalam tubuh sebelum berubah menjadi kutil kelamin, jadi untuk memastikan apakah Anda telah terinfeksi penyakit kutil kelamin maka memerlukan diagnosis dari dokter.

Komplikasi Apa Sajakah yang Bisa Diakibatkan Oleh Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita?


Ternyata penyakit kutil kelamin bisa menimbulkan komplikasi dan bisa menimbulkan penyakit kanker serviks yang telah dikaitkan erat dengan infeksi HPV kelamin dan beberapa jenis HPV juga terkait dengan pertumbuhan kanker pada vulva, kanker anus, kanker pada Mr P, dan kanker mulut dan tenggorokan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua infeksi human papillomavirus tidak selalu menyebabkan kanker, namun tetap penting bagi wanita yang aktif secara seksual untuk melakukan tes Pap smear secara teratur setiap tahunnya.

Selain itu penyakit kutil kelamin dapat menyebabkan masalah selama kehamilan, karena umumnya kutil kelamin bisa membesar sehingga menyulitkan ibu hamil untuk buang air kecil dan pertumbuhan kutil kelamin pada dinding Miss V dapat mengurangi kemampuan jaringan Miss V untuk meregangkan tubuh saat melahirkan. Selain itu kemungkinan besar pertumbuhan kutil yang berukuran besar pada vulva atau di Miss V bisa mengakibatkan berdarah saat diregangkan saat melahirkan.

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Kutil Kelamin?
Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit kutil kelamin adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual akan tetapi Anda masih bisa melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi.

Selain itu penggunaan kondom juga mugkin bisa meminimalkan seseorang agar tidak tertular oleh kutil kelamin, akan tetapi penggunaan kondom tidak efektif 100 % karena mungkin saja area kutil kelamin masih bisa terkena area lain yang tidak tertutup oleh kondom.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita dan jika misalkan Anda mengalami masalah kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera menyembuhkannya dengan mengunjungi Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.