Penyakit kelamin sipilis adalah satu jenis penyakit menular seksual dan dimana penyebaran utamanya adalah akibat melakukan berbagai aktivitas seks seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit sipilis, lalu virus apakah yang menyebabkan penyakit sipilis?

Ternyata virus yang menyebabkan penyakit kelamin sipilis adalah virus yang bernama Treponema pallidum dimana virus ini bisa menyebar lewat berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi, dan ternyata sipilis juga bisa menyebar dari ibu hamil ke bayinya di dalam kandungannya yang disebut dengan sipilis kongenitial yang bisa menyebabkan kelainan atau kematian pada bayi.

Selain itu perlu Anda waspadai karena meskipun penyakit kelamin sipilis biasanya menyebar dari luka akan tetapi sebagian besar luka tersebut tidak dikenali, sehingga membuat seseorang telah terinfeksi secara tidak sadar menyebarkannya kepada pasangan seksnya.

Lalu, Apa Sajakah Gejala Penyakit Kelamin Sipilis Itu?


Biasanya gejala penyakit kelamin sipilis itu tergantung dimana tahapan sipilis terjadi karena biasanya masing-masing tahap sipilis bisa memberikan gejala-gejala yang berbeda-beda, dan berikut di bawah ini adalah gejala yang perlu Anda waspadai.

- Gejala Penyakit Sipilis Tahap Primer
Gejala penyakit sipilis tahap primer ataupun tahap pertama adalah seseorang yang sudah terinfeksi sipilis akan menimbulkan gejala seperti timbulnya luka yang disebut chance dan chancre tersebut bisa berukuran kecil, bulat yang di dalamnya berisi cairan yang bisa pecah dan cairan tersebut sangat menular, lalu dimanakah luka tersebut bisa muncul?

Biasanya luka chancre tersebut terdapat di sekitar alat kelamin, anus, di rektum, atau di paha bagian atas, paha bagian dalam dan sipilis juga bisa timbul di tenggorokan yang diakibatkan oleh seks oral.

Dan waktu rata-rata timbulnya chance tersebut adalah antara 10 sampai 90 hari (rata-rata tiga minggu) setelah seseorang terinfeksi sipilis, dan jika gejala sipilis pada tahap primer tidak segera disembuhkan maka sipilis akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu sipilis sekunder.

Baca Juga: Ternyata Inilah Cara Mudah Mencegah Berbagai Infeksi Menular Seksual

- Gejala Penyakit Sipilis Tahap Primer
Tahukah Anda bahwa gejala penyakit sipilis tahap primer adalah timbulnya ruam berwarna coklat kemerahan pada beberapa area di tubuh dan biasanya bisa timbul di telap tangan, dan bagian kaki, namun terkadang timbulnya ruam bisa disebabkan oleh hal lainnya jadi untuk memastikannya memerlukan bantuan medis.

Perbedaan yang paling mencolok adalah timbulnya ruam yang mengalami peradangan pada kulit yang dibarengi dengan rasa gatal dan kemerahan.

Selain itu perlu Anda waspadai pada pria dan wanita yang terinfeksi penyakit sipilis yang memasuki tahap sekunder bisa mengalami gejala lainnya seperti: mengalami rambut rontok, sakit kepala, timbul bercak putih di bagian dalam mulut, timbul kutil di selangkangan, kelenjar getah bening membengkak, mengalami demam, sampai penurunan berat badan, dan ketika sipilis tahap primer tidak segera diobati maka infeksi akan berlajut ke tahap laten.



- Gejala Penyakit Sipilis Tahap Laten
Ternyata seseorang yang tidak diobati saat mengalami sipilis tahap sekunder bisa memasuki tahapan baru yaitu sipilis tahap laten dan dimana pada tahapan ini sipilis tidak aktif dan biasanya seseorang yang berada pada tahap laten, tidak akan mengalami gejala apapun.

Selain itu biasanya bakteri penyebab sipilis berada di limpa dan kelenjar getah bening, dan bisa tidak aktif selama 3 sampai 30 tahun selain itu jika tidak diobati selama tahap laten maka penyakit ini akan berkembang menjadi tahap tersier.

- Gejala Penyakit Sipilis Tahap Tersier
Tahukah Anda bahwa tahap akhir sipilis mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk mengaktifkan kembali, tetapi sekitar 30-40% dari semua orang yang terinfeksi sipilis bisa maju ke tahap akhir sipilis ini.

Biasanya tahap sifilis bisa dikatakan menjadi tahapan sipilis yang paling berbahaya atau bahkan menghancurkan, karena akibatnya kerusakan yang telah diberikan tidak dapat mengembalikan kekeadaan semula

Dan gejala penyakit sipilis ini biasanya ditandai dengan adanya masalah berat seperti pada masalah pada jantung, otak, dan saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, tuli, impotensi, dan bahkan kematian jika tidak segera diobati.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Penyakit Kelamin Sipilis?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyakit sipilis sangat mudah menular akibat melakukan berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi, jadi cara mudah untuk mencegahnya adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

Akan tetapi kebanyakan orang mungkin akan melakukan hubungan seks di dalam hidup mereka, jadi penting untuk mengetahui riwayat seksual pasangan Anda dan penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman yaitu dengan cara melakukannya dengan pasangan Anda yang sudah dinikahi.

Selain itu mungkin juga dengan menggunakan kondom dapat melindungi Anda akan tetapi tidak sepenuhnya karena mungkin saja virus penyebab PMS lainnya mengenai bagian yang tidak terlindung oleh kondom.

Awas, Inilah Efek Mengerikan Penyakit Kelamin Sipilis Jika Tidak Segera Diobati

Ternyata jika penyakit sipilis tidak segera diobati maka kemungkinan besar akan menyebabkan efek mengerikan dan Anda juga bisa dengan mudah untuk menyebarkannya ke orang lain, sehingga ada baiknya jika Anda aktif secara seksual dan memiliki gejala seperti di atas segera konsultasikan dan melakukan pengobatan.

Selain itu penyakit kelamin sipilis ternyata sangat mudah disembuhkan pada tahap awal (primer), akan tetapi jika sipilis tahap awal tidak segera diobati maka sipilis bisa menjadi lebih buruk dan tentunya membahayakan tubuh Anda di masa depan, dan berikut di bawah ini adalah efek mengerikan penyakit sipilis jika tidak diobati diantaranya:

- Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sipilis pada tahap akhir dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak dapat dibalik atau disembuhkan walaupun sudah melakukan pengobatan dan bahkan bisa menyebabkan komlikasi serius seperti kebutaan atau kelumpuhan.

- Sifilis juga bisa menimbulkan masalah jika wanita mengalami kehamilan, karena penyakit sifilis dapat diteruskan ke janin selama kehamilan atau bayi saat lahir, bahkan dapat menyebabkan kematian pada bayi, atau mengalami cacat saat lahir.

- Memiliki penyakit sipilis juga ternyata dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan atau menyebarkan HIV

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai cara mencegah penyakit kelamin sipilis dan jika Anda merasa memilikinya maka pasangan Anda juga harus segera diobati di Klinik Utama Gracia dan Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.