Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar penyakit IMS, lalu apakah penyakit IMS itu? ya penyakit IMS adalah singkatan dari Infeksi Menular Seksual dimana IMS paling sering menular melalui berbagai macam kontak seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus yang menyebabkan IMS.

Penyakit IMS adalah penyakit menular seksual atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui berbagai jenis hubungan seks, seperti seks anal, vaginal, maupun oral dengan cara yang tidak aman dan penyebaran penyakit IMS adalah bisa melalui darah, cairan sperma, cairan Miss V, atau pun cairan tubuh lainnya.

Penyakit IMS adalah penyakit yang sangat menular dan infeksi ini sebagian besar menular lewat berbagai jenis hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi, selain itu seseorang berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit IMS adalah jika melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan.

Baca Juga: Awas Inilah CIri-Ciri Seseorang Telah Terinfeksi Sipilis

Selain itu seseorang yang telah menderita penyakit IMS perlu mendapat perhatian serius dan pengobatan yang tepat, karena jika tidak segera diobati secara dapat menyebabkan infeksi pada alar reproduksi sehingga IMS adalah bisa menyebabkan penderitaan, sakit berkepanjangan, dan bahkan bisa mengakibatkan kemandulan.

Dan tahukah Anda bahwa pada wanita yang masih remaja yang aktif secara seksual bisa berisiko mengalami dan menyebarkan IMS lebih besar dibandingkan dengan pria dan hal tersebut terjadi karena alat reproduksi wanita saat usia muda masih sangat rentan terhadap IMS.

Ternyata Inilah Cara Mencegah IMS Adalah Dengan Cara Di Bawah Ini



Salah satu cara yang paling ampun untuk mencegah penyakit IMS adalah dengan tidak melakukan berbagai jenis aktivitas seksual dengan siapa saja yang memiliki luka pada kelamin ataupun tidak melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah memiliki IMS.

Namun, jika Anda ingin melakukan hubungan seksual maka ada baiknya untuk melakukannya dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi yang terbebas dari berbagai macam jenis IMS dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara lain untuk mencegah terinfeksi IMS, diantaranya:

- Cobalah untuk menggunakan kondom lateks setiap kali berhubungan seks, namun sayangnya kondom tidak 100% efektif dalam mencegah penyakit atau kehamilan, akan tetapi kondom sangat efektif jika digunakan dengan benar

- Jika Anda sering melakukan seks oral maka ada baiknya untuk menyuruh pasangan Anda menggunakan bendungan gigi saat menerima seks oral

- Ada baiknya untuk membatasi atau menghindari melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan, karena mungkin banyak wanita yang bisa menularkan IMS kepada Anda

- Janganlah berbagi mainan seks dengan orang lain

- Cobalah untuk menghindari minuman beralkohol dan penggunaan obat-obatan terlarang karena hal tersebut berpotensi bisa menyebabkan praktik seksual yang tidak aman



Lalu, Apa Sajakah Jenis Penyakit IMS Itu?

- Chlamydia
Jenis penyakit IMS adalah yang pertama yaitu Chlamydia dan infeksi bakteri ini umumnya terjadi pada orang dewasa muda yang aktif secara seksual dan Chlamydia disebabkan oleh adanya bakteri Chlamydia trachomatis, selain itu jika Chlamydia tidak diobati maka kemungkinan besar bisa menyebabkan wanita mengalami kesulitan hamil atau membuatnya tidak mungkin untuk hamil.

- Trikomoniasis
Jenis penyakit IMS adalah selanjutnya yaitu Trichomoniasis yang umumnya disebabkan oleh adanya parasit yang bernama Trichomonas vaginalis.

Namun sayangnya kebanyakan orang yang terinfeksi apa itu PMS tidak memiliki gejala dan seperti klamidia dan gonore mungkin seseorang yang sudah terinfeksi tidak tahu bahwa telah terinfeksi dan secara tidak sengaja menularkannya kepada pasangan seksualnya.

- Gonore
Gonore adalah salah satu infeksi menular seksual lainnya yang disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae dan biasanya bisa menimbulkan gejala, bila terdapat gejala seseorang akan mengalaminya sekitar 4 sampai 8 hari setelah terinfeksi

Baca Juga: Inilah Cara Ampuh Mencegah Penyakit Gonore

- HIV
HIV adalah singkatan dari Human immunodeficiency virus yang merupakan salah satu jenis penyakit IMS yang paling ditakuti karena virus HIV dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang di kemudian hari

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi dengan virus HIV dapat terjadi dengan berbagai macam cara yaitu: selama kontak seksual, dengan berbagi jarum suntik, atau dari ibu hamil yang terinfeksi terhadap bayinya.

Sayangnya tidak ada gejala spesifik yang menandakan infeksi HIV, namun beberapa orang mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan dan sakit kepala dan gejala seperti flu timbul 2 sampai 4 minggu setelah seseorang terjangkit virus tersebut.

- Kutil Kelamin
Kutil kelamin (condylomata acuminate) adalah salah satu jenis infeksi menular seksual lainnya dan biasanya kutil kelamin ini muncul di berbagai area kelamin, pada dubur, selaput lendir rektum, leher rahim, dan biasanya kutil kelamin berbentuk seperti kembang kol bisa berukuran kecil, atau besar yang mungkin bisa berwarna seperti kulit.

Baca Juga: Inilah Cara Mudah Mengobati Kutil Kelamin

- Herpes Kelamin
Virus herpes simpleks (HSV) ternyata merupakan virus yang menyebabkan herpes kelamin sehingga bisa menyebabkan luka melepuh pada bagian tubuh yang terinfeksi secara seksual dan herpes kelamin ini bisa ditularkan lewat berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi

Biasanya HSV tipe 1 (HSV-1) menyebabkan cold sore di sekitar area mulut, sementara HSV tipe 2 (HSV-2) bisa menyebabkan herpes kelamin dan salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah berbagai penyakit IMS adalah dengan tidak melakukan hubungan seks atau Anda masih tetap bisa melakukannya dengan pasangan yang sudah Anda nikahi.

Lalu, Bagaimanakah Saya Tahu Jika Saya Terinfeksi IMS?


Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa penyakit IMS bisa menyebar dengan mudah karena seseorang tidak tahu apakah seseorang memiliki infeksi atau tidak, sehingga beberapa orang dengan IMS bahkan tidak tahu bahwa mereka memilikinya dan tanpa sadar telah menularkannya infeksi tersebut ke pasangan seksualnya.

Selain itu jika Anda aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks tanpa menggunakan kondom maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut, karena dikhawatirkan Anda bisa mengalami salah satu jenis IMS seperti di atas.

Dan biasanya jenis pemeriksaan IMS itu berbeda-beda tergantung pada jenis IMS apa yang Anda alami, sehingga penting untuk mendiskusikan jenis aktivitas seksual apa yang sering Anda lakukan ketika melakukan pemeriksaan kepada dokter, sehingga dokter nantinya bisa mengarahkan Anda tes mana yang akan mereka gunakan untuk mendiagnosa IMS.

Selain itu dengan pemeriksaan IMS dokter juga akan memberikan informasi mengenai bahaya tentang penyakit IMS dan mengajarkan kepada pasien tentang bagaimana cara melindungi dari berbagai jenis IMS dan tentunya memberikan pengobatan apa yang paling tepat untuk jenis IMs tertentu.

Sehingga ada baiknya jangan biarkan rasa malu membuat Anda enggan untuk memeriksakan kondisi tersebut, karena pada beberapa jenis IMS dapat menyebabkan masalah serius bahkan kerusakan yang bisa disebabkan tidak bisa dikembalikan walaupun sudah mengalami perawatan.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit IMS adalah dan ada baiknya jika Anda merasa memiliki salah satu jenis IMS seperti diatas maka segeralah konsultasikan kepada Kami dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.