Pastinya Anda masih terasa asing jika mendengar "Human Papillomavirus", lalu apakah Human Papillomavirus itu? ya Human Papillomavirus adalah jenis virus yang umumnya menyebabkan kutil dan diketahui beberapa jenis Human Papillomavirus adalah bisa menyebabkan kutil pada area kelamin.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa umumnya Human Papillomavirus adalah ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV, sehingga seseorang yang aktif secara seksual tanpa pengaman dan berganti-ganti pasangan seks mungkin bisa mengalami HPV.

Human Papillomavirus adalah kelompok yang terdiri lebih dari 150 virus yang terkait dan setiap virus HPV dalam kelompok besar ini diberi nomor yang disebut tipe HPV-nya. HPV dinamai untuk kutil (papiloma) yang dapat menyebabkan beberapa jenis HPV.

Bahkan beberapa jenis HPV lainnya dapat menyebabkan beberapa jenis kanker misalnya saja pada pria Human Papillomavirus adalah bisa menyebabkan kanker pada Mr P, pada mulut, tenggorokan dan pada kanker pada anus.

Sedangkan pada wanita Human Papillomavirus adalah bisa menyebabkan beberapa jenis kanker misalnya saja kanker pada serviks, Miss V, dan vulva, akan tetapi kabar baiknya terdapat vaksin yang bisa mencegah infeksi dengan jenis HPV yang paling sering menyebabkan kanker.

Jenis-Jenis HPV Adalah yang Perlu Anda Waspadai


Tahukah Anda bahwa setiap virus HPV memiliki nomor atau jenisnya sendiri, karena istilah "papiloma" mengacu pada jenis kutil yang dihasilkan dari beberapa jenis yang dihasilkan oleh HPV.

Selain itu perlu Anda ketahui juga bahwa HPV bisa hidup di sel datar yang disebut sel epitel dan hal ini paling sering ditemukan pada permukaan kulit, namun HPV juga ditemukan di permukaan Miss V, pada anus, pada vulva, pada leher rahim dan pada kepala Mr P dan ternyata HPV juga dapat ditemukan di dalam mulut dan pada tenggorokan.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengobati Kutil Kelamin

Sekitar 60 dari 100 jenis HPV dapat menyebabkan kutil pada area seperti tangan atau kaki dan 40 jenis HPV lainnya masuk ke tubuh selama kontak seksual, biasanya mereka ditarik ke selaput lendir tubuh , seperti lapisan lembab di sekitar anus dan alat kelamin akibat melakukan aktivitas seks.

Dan perlu Anda ketahui juga bahwa jenis HPV tertentu yang menyebabkan seseorang mengembangkan kutil kelamin bukan kelompok yang sama dengan jenis HPV yang bisa menyebabkan kanker.

Biasanya jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin yang berisiko rendah adalah tipe HPV 6 dan tipe HPV 11, sedangkan jenis HPV yang berisiko lebih tinggi dan bisa menyebabkan kanker adalah tipe HPV 16, 18, 31, 33, 45, 52 dan tipe 58.

Inilah, Gejala-Gejala Seseorang yang Terinfeksi Kutil Kelamin
Tahukah Anda bahwa seringkali, tidak ada gejala infeksi HPV, karena tubuh mungkin bisa membersihkan infeksi sendiri dalam beberapa tahun dan banyak orang tidak pernah tahu bahwa mereka terinfeksi sehingga tanpa sengaja telah menularkan kepada pasangan seksnya.

Tapi terkadang infeksi HPV dengan risiko lebih tinggi akan bertahan lebih lama dan hal ini dapat menyebabkan perubahan sel pada serviks yang bisa menyebabkan kanker dan hal yang sama bisa menyebabkan perubahan abnormal pada sel Mr P dan anus tetapi ini jarang terjadi. Selain itu jika tidak segera diobati maka kemungkinan besar Human Papillomavirus adalah bisa mengembangkan kutil kelamin, ataupun jenis kanker tertentu.

Dan ketika Human Papillomavirus adalah hadir, biasanya kutil kelamin akan tampak seperti benjolan kecil berbentuk kembang kol dan kutil kelamin dapat berkisar dalam ukuran dari ukuran yang kecil sampai ukuran besar dan mungkin bisa berwarna putih atau daging. Bahkan jika Anda tidak dapat melihat kutil kelamin tetapi mungkin kutil kelamin masih menimbulkan gejala-gejala lainnya seperti:

- Timbulnya keputihan yang tidak normal

- Timbul rasa gatal pada area Miss V

- Area kelamin kadang mengeluarkan darah dan mengalami sensasi seperti terbakar



Dan pada Pria kutil Kelamin Mungkin Muncul di Area Berikut:

- Pada Mr P
- Pada Kantung kemaluan
- Pada paha
- Di dalam atau di sekitar anus.

Sedangkan Kutil Kelamin Pada Wanita Dapat Muncul di Area Berikut:

- Di dalam Miss V atau anus
- Di luar Miss V atau anus
- Di Mulut Rahim
- Kutil ini juga bisa muncul di area bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh aktivitas oral seks

Adakah Tes yang Bisa Mendiagnosa Keberadaan Kutil Kelamin?
Tahukah Anda bahwa keberadaan kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, maka tentunya Anda memerlukan bantuan dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik
atau diagnosa yang sering didasarkan pada temuan dari sejarah dan munculnya kutil kelamin, dan berikut di bawah ini adalah cara mendiagnosa keberadaan kutil kelamin:

- Menggunakan Teknik Acetowhitening
Tahukah Anda bahwa banyak infeksi human papillomavirus (HPV) adalah lesi epitelial yang mungkin tidak terlihat secara dengan mata telanjang? Sehingga hal tersebut menimbulkan masalah dalam pendeteksian dan penanganan infeksi HPV. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka membutuhkan Teknik Acetowhitening

Teknik ini melibatkan penerapan larutan asam asetat 5% ke area yang dicurigai telah terinfeksi kutil kelamin selama sekitar 5-10 menit dan biasanya daerah yang telah terinfeksi kutil kelamin akan menjadi putih.

- Menggunakan Colposcope
Kolposkopi adalah sebuah tes untuk melihat lesi kutil kelamin melalui alat pembesar yang dinyalakan (colposcope), sehingga colposcope dapat memperbesar pandangan 2 sampai 60 kali sehingga dokter dapat melihat secara jelas.

Dan biasanya sebuah kamera dapat dihubungkan ke colposcope untuk mengambil gambar atau video dari Miss V dan leher rahim untuk catatan permanen.
Dokter juga mungkin akan memasukkan cuka (asam asetat) dan kadang-kadang yodium (larutan Lugol) pada Miss V dan leher rahim dengan kapas untuk melihat area sel abnormal lebih jelas kemudian sampel sel abnormal (biopsi) dapat dikumpulkan dan dilihat di bawah mikroskop.

- Tes Pap Smear
Pap smear harus rutin selalu dilakukan untuk mencari bukti infeksi HPV dan sel abnormal pada serviks dan biasanya tes Pap Smear dilakukan dokter dengan pengambilan kapas di daerah kelamin untuk mendapatkan sel dari serviks kemudian sample sel tersebut akan diuji keberadaan HPV.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal pada tes Pap smear yang mengindikasikan adanya perubahan prakanker dan jika dokter Anda mendeteksi adanya kelainan ini maka Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Human Papillomavirus adalah dan jika misalkan Anda seseorang yang aktif secara seksual dan menduga memiliki kutil kelamin maka ada baiknya segera konsultasikan dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.