Tahukah Anda bahwa salah satu gejala penyakit gonore adalah timbulnya rasa sakit saat berkemih yang dibarengi dengan keluarnya cairan kental seperti nanah? Lalu bagaimanakah caranya untuk mencegah penyakit tersebut?

Sebelum membahas lebih dalam ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah penyakit gonore itu, ya penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

Baca juga: 3 Jenis Aktivitas Seks Ini Bisa Menyebabkan Gonore

Bahkan penyakit gonore bisa ditularkan lewat berbagi mainan seks yang terkontaminasi dengan penyakit gonore dan juga pada bayi bisa terinfeksi gonore saat proses kelahiran jika bayi tersebut telah terinfeksi gonore, tak jarang juga bisa menyebabkan kebutaan permanen pada bayi, jadi penting seorang ibu yang mengalami gonore saat mengandung untuk segera diobati.



Bakteri Apakah yang Menyebabkan Penyakit Gonore?
Ternyata penyakit gonore disebabkan oleh adanya bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae dan meskipun disebarkan melalui berbagai macam aktivitas seksual akan tetapi pria tidak harus ejakulasi untuk menularkannya kepada pasangannya.

Selain itu bakteri Neisseria gonorrhoeae cenderung menginfeksi daerah lembab yang hangat dan lembab, termasuk: pada uretra, mata, tenggorokan, pada alat kelamin, dubur, saluran reproduksi wanita (tuba falopi, serviks, dan rahim)

Seperti halnya bakteri lain, seseorang juga bisa mendapatkan bakteri penyebab gonore hanya dari menyentuh daerah yang terinfeksi pada seseorang yang sudah terinfeksi gonore, jadi pada intinya jika Anda bersentuhan langsung dengan Mr P, Miss V, mulut, atau anus dengan seseorang yang telah terinfeksi bakteri ini maka kemungkinan besar Anda juga bisa terkena gonore.

Baca Juga: Ternyata Inilah Ciri-ciri seseorang Telah Terinfeksi Gonore

Perlu Anda catat juga bahwa bakteri Neisseria gonorrhoeae ini tidak bisa hidup lebih dari beberapa detik di luar tubuh, jadi Anda tidak bisa mendapatkan PMS ini dengan menyentuh benda-benda seperti kursi toilet atau pakaian.



Lalu, Apa Sajakah Gejala Penyakit Gonore?


Tahukah Anda bahwa biasanya gejala gonore bisa terjadi dalam 2 sampai 14 hari setelah seseorang terinfeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, tetapi terkadang gejala mungkin tidak berkembang hingga 30 hari.

Namun, masih terdapat banyak gejala penyakit gonore yang bisa terdeteksi selain itu mungkin penyakit gonore tidak menimbulkan gejala sampai infeksi menyebar ke area lain di tubuh dan berikut di bawah ini adalah gejala penyakit gonore pada pria maupun wanita:

A. Gejala Penyakit Gonore Pada Wanita
Pada wanita biasanya gejala awal terkadang sangat ringan sehingga banyak wanita yang menganggap gejala tersebut seperti gejala infeksi kandung kemih atau infeksi pada Miss V dan gejala penyakit gonore bisa meliputi:

- Terasa sakit atau perih saat buang air kecil

- Keluar cairan kental pada Miss V seperti nanah yang berwarna kuning atau hijau

- Terasa gatal pada bagian anus dibarengi dengan pendarahan

- Mengalami keputihan tidak normal

- Mengalami perdarahan pada Miss V yang tidak normal selama berhubungan seks atau antar periode menstruasi.

- Miss V terasa gatal

- Mengalami perdarahan haid yang tidak teratur

- Terasa sakit perut bagian bawah

- Mengalami demam dan merasa kelelahan

- Terasa sakit saat berhubungan seksual

- Mengalami konjungtivitis yaitu kemerahan dan pembengkakan selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan selaput di bagian dalam kelopak mata, walaupun hal tersebut jarang terjadi

B. Gejala Penyakit Gonore Pada Pria
Pada pria biasanya gejala penyakit gonore cukup jelas akan tetapi beberapa pria memiliki gejala ringan atau tidak ada gejala dan secara tidak sadar dapat menularkan infeksi gonore ke pasangan seks mereka dan gejalanya bisa meliputi:

- Keluar cairan kental pada Mr P seperti nanah yang berwarna kuning atau hijau

- Terasa sakit saat buang air kecil

- Terasa gatal pada bagian anus dibarengi dengan pendarahan

- Sakit pada tenggorokan yang terus menerus

- Mengalami konjungtivitis adalah kemerahan dan pembengkakan selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan selaput di bagian dalam kelopak mata, walaupun hal tersebut jarang terjadi

- Mengalami pembengkakan atau kemerahan pada saat pembukaan Mr P

- Buah pelir membengkak dibarengi dengan rasa nyeri

- Selain itu biasanya infeksi akan tinggal di dalam tubuh selama beberapa minggu setelah gejala tersebut diobati, namun dalam kasus yang jarang terjadi, gonore dapat terus menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya uretra dan testikel dan nyeri juga bisa menyebar ke rektum

Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Gonore?



- Menggunakan kondom
Cara pertama untuk mencegah penyakit gonore adalah dengan menggunakan kondom, karena kondom dapat membantu Anda untuk melindungi dari PMS. Mereka bertindak sebagai penghalang dan mencegah bakteri menginfeksi Anda.

- Tidak Melakukan Hubungan Seks
Salah satu dari sekian banyaknya cara untuk mencegah penyakit gonore adalah dengan tidak melakukan hubungan seks, karena di khawatirkan seseorang yang sudah berhubungan seks dengan Anda bisa membawa bakteri yang menyebabkan penyakit gonore.

Jadi pada intinya jangan melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan dan ada baiknya untuk melakukan hubungan seks dengan satu pasangan saja yang sudah Anda nikahi yang telah bebas dari segala PMS dan hal tersebut ternyata sangat ampuh untuk mencegah hal tersebut.

- Jangan Berhubungan Seks Dengan seseorang yang memiliki Gejala Penyakit Gonore
Apakah pasangan Anda mengeluhkan perasaan terbakar saat kencing atau mengalami luka di daerah kelamin dan mengalami keluarnya cairan seperti nanah? Jika ya maka ada baiknya Anda dan pasangan Anda segera mengunjungi dokter untuk melakukan tes skrining untuk gonore.

Dan ada baiknya Anda juga melakukan pengobatan bersama dengan pasangan Anda, selain itu ada baiknya untuk menghindari berbagai macam aktivitas seksual di saat Anda melakukan pengobatan.

Nah, itulah tadi berbagai macam gejala penyakit gonore pada pria maupun pada wanita, dan jika pasangan Anda menunjukkan gejala-gejala seperti di atas maka ada baiknya segera hindari kontak seksual dengan mereka dan mintalah mereka untuk mencari bantuan medis untuk menyingkirkan kemungkinan infeksi yang mungkin terjadi.

Lalu, untuk menyembuhkan penyakit gonore Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.