Apakah yang terlintas dibenak Anda jika mendengar kencing nanah pada pria? Pasti hal pertama yang ada dibenak Anda adalah suatu penyakit yang sangat mengerikan bukan? Terlebih kencing nanah merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang bisa saja menyerang pria dan wanita yang aktif secara seksual.

Kencing nanah adalah nama lain dari penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi karena adanya mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae. Dan
bakteri ini bisa tumbuh dan berkembang biak dengan mudah pada: saluran kemih, mulut, tenggorokan, dubur dan pada selaput lendir (ataupun saluran reproduksi).

Selain itu tahukah Anda bahwa ternyata wanita remaja lebih sering terinfeksi gonore karena serviks pada wanita remaja dan wanita muda dilapisi sel yang lebih mungkin terinfeksi infeksi menular seksual. Dan alasan kedua adalah bahwa pada remaja wanita mungkin memiliki masalah dalam mendapatkan informasi ataupun minimnya pengetahuan tentang bahaya penyakit menular seksual sehingga mereka tidak mengetahui tentang cara untuk mencegahnya.

Bahkan dalam sebuah laporan dari tahun 2014 yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa untuk pertama kalinya sejak 2006, jumlah orang yang menderita penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dan sifilis dilaporkan secara nasional meningkat dan ternyata orang muda menyumbang sekitar dua pertiga dari semua kasus baru dari klamidia dan gonore.



Lalu, Apakah Seks Oral Bisa Menyebabkan Kencing Nanah Pada Pria?


Ternyata kebanyakan orang terutama remaja muda di AS melakukan seks oral sebelum mereka melakukan hubungan seks vaginal, mereka tidak menganggapnya sangat berisiko, kata Bonnie Halpern-Felsher, PhD, seorang profesor pediatri di University of California, San Francisco.

Selain itu banyak wanita muda menganggap seks oral sebagai "seks yang paling aman" terlebih menurut banyak wanita seks oral bisa mencegahnya dari kehamilan diluar nikah sehingga banyak kaum muda yang melakukannya, tapi apakah seks oral bisa menyebabkan kencing nanah pada pria? Atau bisa menularkan penyakit menular seksual?

Ternyata sebagian besar dokter tidak menganggap praktik seks oral maupun seks anal benar-benar aman 100 % agar terbebas dari berbagai macam jenis penyakit menular seksual contohnya saja gonore maupun penyakit menular seksual lainnya, kecuali jika pasangan seks Anda aman dan tidak terinfeksi PMS. Jadi pada intinya seks oral belum sepenuhnya aman bagi Anda, bahkan dalam banyak kasus seks oral bisa menyebabkan berbagai macam hal seperti:

- Seks Oral Berhubungan Dengan Kanker Tenggorokan
Tahukah Anda bahwa ternyata seks oral dapat menyebabkan kanker tenggorokan, menurut American Cancer Society Chief Medical Officer Otis Brawley, MD.
Selain itu ternyata human papillomavirus (HPV), yang menyebabkan kutil kelamin bisa ditularkan dari orang ke orang saat berhubungan seks, termasuk seks oral.

Bahkan periset telah menemukan bahwa beberapa jenis kanker oropharynx (bagian tengah tenggorokan) dan amandel mungkin disebabkan oleh jenis human papillomavirus (HPV) tertentu, tapi tidak selalu menyebabkan kanker, jadi jika Anda tidak terpapar HPV saat melakukan oral seks, maka Anda tidak berisiko terkena kanker.

- Seks Oral Menyebabkan Orang Dewasa Stres
Di antara orang dewasa, ternyata seks oral bisa menyebabkan stres bagi beberapa pasangan, menurut terapis seks Louanne Cole Weston, PhD, dari Fair Oaks, California. Dia mengatakan bahwa stres tentang seks oral seringkali berkaitan dengan kekhawatiran pasangan yaitu tentang kebersihan alat kelamin.

"Seseorang tidak akan mau menerima seks oral karena dia khawatir reaksi pasangannya," kata Weston.
Bahkan beberapa orang mungkin juga cemas dengan penampilan mereka saat melakukan seks oral, karena dituntut untuk melakukannya dengan cukup baik untuk menyenangkan pasangan.

"Selain itu ternyata beberapa orang menolak melakukannya karena mereka merasa sedikit takut," kata Weston.



- Seks Oral Bisa Menimbulkan Banyak Penyakit Menular Seksual
Ternyata beberapa penyakit menular seksual (PMS) termasuk seperti: HIV, herpes, sifilis, gonore, HPV, dan hepatitis virus dapat ditularkan melalui seks oral.

"Karena seks oral bukan seks yang aman ," kata Terri Warren, RN, pemilik Klinik Westover Heights di Portland, Oregon, sebuah klinik swasta yang mengkhususkan diri pada PMS . "Ini seks yang lebih aman, tapi seks itu pasti tidak aman ."

Karena resikonya bergantung pada banyak hal yang berbeda, termasuk berapa banyak pasangan seksual yang Anda miliki, jenis kelamin Anda, dan jenis kelamin oral tertentu yang Anda ajak untuk melakukannya.

Awas, Inilah Gejala-Gejala Kencing Nanah Pada Pria Maupun Wanita


Pada umumnya gejala biasanya terjadi dalam dua sampai 14 hari setelah terpapar infeksi, namun dalam beberapa orang yang terinfeksi gonore tidak pernah mengalami gejala yang nyata, namun masih bisa menimbulkan gejala diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Gejala Gonore Pada Pria
Pria mungkin tidak mengalami gejala yang nyata selama beberapa minggu, bahkan pada beberapa pria mungkin tidak pernah mengalami gejala.

Biasanya, infeksi mulai menunjukkan gejala setelah seminggu penularannya dan gejala pertama yang seringkali terjadi seperti sensasi terbakar atau menyakitkan saat buang air kecil dan seiring perkembangannya, maka bisa menimbulkan gejala lainnya seperti:

- Frekuensi atau urgensi kencing yang lebih besar
- Keluar cairan seperti nanah atau tetesan nanah dari Mr P
- Terdapat pembengkakan atau kemerahan pada saat pembukaan Mr P
- Mengalami bengkak atau nyeri pada buah pelir
- sakit tenggorokan yang terus menerus

Selain itu, infeksi akan tinggal di dalam tubuh selama beberapa minggu setelah gejala tersebut diobati dan dalam kasus yang jarang terjadi, gonore dapat terus menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya uretra dan testikel.

- Gejala Gonore Pada Wanita
Ternyata banyak wanita tidak mengembangkan gejala gonore secara terbuka, namun ketika wanita mengalami gejala tersebut cenderung ringan atau serupa dengan infeksi lain, sehingga gejala gonore pada wanita lebih sulit dikenali, dan gejalanya diantaranya adalah sebagai berikut:

- Keluar cairan dari Miss V yang berair, krem, atau sedikit hijau
- Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
- Kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering
- Terasa sakit pada tenggorokan
- Rasa sakit saat terlibat dalam hubungan seksual
- Nyeri yang tajam di perut bagian bawah dibarengi dengan demam

Nah, itulah tadi berbagai penjelasan mengenai kencing nanah pada pria dan intinya seks oral masih bisa berpotensi untuk menyebarkan berbagai macam penyakit menular seksual sehingga tidak benar-benar aman. Dan misalkan Anda maupun pasangan Anda merasa memiliki penyakit gonore maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.