Terdapat banyak cara menyembuhkan keputihan pada wanita, mulai dari menggunakan cara alami, mengkonsumsi obat-obatan sampai menggunjungi dokter, lalu dari sekian banyaknya cara apakah pengobatan yang paling tepat dan paling aman untuk menyembuhkan keputihan tersebut?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui bahwa kelenjar di dalam Miss V dan serviks akan membuat sejumlah kecil cairan keputihan dan cairan ini pada umumnya akan mengalir keluar dari Miss V dan membawa sel tua yang telah berjajar di Miss V, sehingga pada umumnya cairan keputihan ini berfungsi untuk menjaga kebersihan pada Miss V.

Selain itu warna dan ketebalan cairan keputihan dapat berubah seiring dengan siklus bulanan Anda. Jadi biasanya cairan keputihan ini bisa lebih tebal dan lebih banyak saat Anda berovulasi, saat menyusui atau saat Anda terangsang secara seksual, namun jangan khawatir karena jenis keputihan ini adalah keputihan yang normal dan umum terjadi pada wanita.

Namun, yang harus Anda waspadai adalah jenis keputihan yang tidak normal yang biasanya akan ditandai dengan berbagai macam ciri-ciri seperti: peningkatan jumlah debit (cairan keputihan), perubahan warna atau bau debit, mengalami iritasi, gatal atau terbakar di dalam atau di sekitar Miss V dan jika Anda memiliki ciri-ciri ini, maka Anda harus berbicara dengan dokter Anda.



Jangan Khawatir, Begini Cara Menyembuhkan Keputihan Pada Wanita yang Masih Perawan


Pada umumnya wanita yang masih perawan maupun wanita yang sudah menikah bisa mengalami keputihan, dan perlu Anda ketahui bahwa biasanya keputihan akan disembuhkan tergantung pada apa yang menyebabkan masalah keputihan, misalnya saja jenis keputihan yang diakibatkan oleh infeksi jamur biasanya diobati dengan obat antijamur yang dimasukkan ke dalam Miss V dalam bentuk krim atau gel.

Sedangkan jenis keputihan yang diakibatkan oleh adanya bakteri vaginosis diobati dengan pil atau krim antibiotik dan jenis keputihan yang diakibatkan oleh Trichomoniasis biasanya diobati dengan obat metronidazol ( Flagyl ) atau tinidazole ( Tindamax ).

- Mengkonsumsi Cuka Sari Apel
Cara menyembuhkan keputihan pada wanita yang belum menikah ataupun yang sudah menikah adalah dengan mengkonsumsi cuka sari apel, karena di dalam cuka sari apel bisa bermanfaat untuk mendapatkan tingkat keseimbangan pH pada Miss V dan juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah bakteri baik serta mengurangi bau pada Miss V Anda. Lalu bagaimanakah cara untuk menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah pertama Anda siapkan terlebih dahulu cuka sari apel 3 sendok makan lalu campurkan dengan semangkuk air, kemudian ambil lap lalu celupkan kedalam cairan tersebut lalu usap area Miss V dengan lap bersih yang telah dicelupkan kedalam cairan tersebut dan untuk hasil yang maksimal maka Anda dapat mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari.

- Menggunakan Krim Anti Jamur
Cara mengobati keputihan pada wanita yang belum menikah selanjutnya adalah dengan menggunakan krim antijamur atau supositoria yang bisa Anda beli di apotek terdekat, namun jika ingin menggunakannya harus dengan resep dari dokter, lalu bagaimanakah cara untuk menggunakannya?

Sebenarnya caranya sangat mudah pertama cuci tangan Anda sampai bersih, lalu keringkan kemudian cobalah letakkan krim anti jamur di wadah bersih kemudian lalu Anda bisa masukkan ke dalam Miss V sesuai dengan resep dokter.



- Menggunakan Yogurt
Siapa sangka yogurt yang biasa kita konsumsi sebagai minuman dapat kita manfaatkan untuk menyembuhkan keputihan, karena yogurt dianggap sebagai makanan probiotik yang mengandung bakteri baik, seperti Lactobacillus acidophilus dan dipercaya bisa membantu untuk mengembalikan keseimbangan bakteri ragi ke seluruh tubuh termasuk ke Miss V.

Bahkan terdapat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy menemukan bahwa beberapa kandungan probiotik mungkin sangat efektif untuk melawan bakteri C. albicans.

Lalu, bagaimanakah cara menggunakannya? Caranya adalah dengan mengoleskan yogurt polos secara vaginal untuk meringankan gejala infeksi jamur pada Miss V ataupun Anda bisa mengkonsumsi secara langsinh

- Menggunakan Minyak Oregano
Mungkin Anda masih terasa asing bukan jika mendengar minyak oregano? Ya ternyata minyak ini berasal dari daun dan bunga oregano (Origanum vulgare) yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati keputihan pada wanita, bahkan minyak ini telah digunakan sejak zaman Yunani kuno dan zaman Romawi.

Namun, yang perlu Anda perhatikan bahwa minyak oregano yang digunakan untuk mengobati infeksi ragi bukan tipe yang sama dengan yang Anda temukan di pasaran dan ada baiknya carilah minyak oregano yang terbuat dari oregano liar, atau Origanum vulgare.

Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Molecular and Cellular Biochemistry menemukan bahwa minyak oregano liar dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan C. Albicans namun tergantung pada dosis yang digunakan.
Akan tetapi perlu Anda perhatikan bahwa minyak oregano adalah pengencer darah alami dan jangan menggunakannya jika Anda mengencerkan darah atau mengalami masalah pembekuan pada darah.

- Menggunakan Minyak kelapa
Cara menyembuhkan keputihan pada wanita selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa, karena minyak kelapa telah terbukti memiliki khasiat sebagai antijamur alami sehingga bisa Anda gunakan untuk mengobati keputihan yang gatal.

Bahkan terdapat penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif untuk melawan C. Albicans, dan untuk mengobati keputihan akibat infeksi jamur maka ada baiknya pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni dan Anda bisa mengoleskan minyak langsung ke daerah yang terkena



Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal?



- Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun
Karena celana dalam berbahan katun dapat memungkinkan area Miss V untuk bernapas dan membantu tetap kering dan ada baiknya gunakan celana dalam hanya pada siang hari dan tidak di menggunakannya saat malam hari ketika Anda tidur. Selain itu ada baiknya Anda menghindari memakai pakaian yang ketat seperti pakaian renang, pakaian olahraga, atau stoking, untuk jangka waktu yang lama.

- Jangan Menggunakan Douche
Jika Anda ingin membersihkan Miss V cukup gunakan air bersih dan sabun dengan kandungan konsentrat yang tidak terlalu kuat dan hindari menggunakan douche atau produk feminin lainnya karena hanya akan membuat keseimbangan pH terganggu.

- Jangan Melakukan Seks Bebas
Ada baiknya Anda selalu menghindari seks bebas karena nantinya Anda akan berpotensi untuk memiliki berbagai macam penyakit menular seksual dan gunakan pengaman saat Anda berhubungan seks dan mencuci Miss V dengan benar setelah berhubungan seks.

- Jangan Menggaruk Miss V
Tahukah Anda bahwa banyak sekali infeksi pada Miss V yang bisa menyebabkan rasa gatal, namun perlu Anda ingat janganlah digaruk! Karena menggaruk akan menyebabkan infeksi semakin parah.



Nah, itulah tadi berbagai macam cara menyembuhkan keputihan pada wanita yang perawan maupun bagi yang sudah menikah tetapi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda dan misalkan Anda mengalaminya maka Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.