Apakah Anda seseorang pria maupun wanita yang aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan? Jika ya maka Anda harus mewaspadai hal tersebut karena dikhawatirkan Anda bisa terinfeksi penyakit herpes kelamin, lalu apakah herpes kelamin itu?

Herpes kelamin ataupun genital herpes adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV), tetapi sebagian besar kasus herpes kelamin disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2).

Karena umumnya virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) lebih sering menjadi penyebab luka dingin, tetapi tidak menutup kemungkinan virus (HSV-1) bisa menjadi penyebab herpes kelamin, selain itu biasanya seseorang yang mengalaminya tidak merasakan gejala-gejala atau gejalanya sangat ringan.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Seseorang Bisa Terinfeksi Herpes Kelamin?
Diketahui bahwa herpes kelamin ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui berbagai macam aktivitas seksual, seperti seks vaginal, oral, maupun anal dengan seseorang yang sudah menderita herpes kelamin.

Dan begitu virus HSV masuk melalui kulit maka virus tersebut bisa berjalan sepanjang jalan saraf, kemudian mungkin saja virus ini menjadi tidak aktif di saraf dan tetap ada tanpa batas waktu.

Kemudian dari waktu ke waktu, virus HSV bisa menjadi aktif dan ketika aktif virus ini bisa bergerak kembali menyusuri jalan saraf ke permukaan kulit, di mana virus tambahan akan ditumpahkan, dan pada titik ini virus dapat menyebabkan wabah gejala atau mungkin tetap tidak terdeteksi.

Selain itu perlu Anda catat bahwa virus HSV akan aktif dan mudah berpindah dari satu pasangan ke pasangan lainnya melalui kontak seksual, bahkan dengan memakai kondom mungkin tidak bisa melindungi pasangan yang tidak terinfeksi, karena virus ini bisa hadir pada kulit yang masih belum ditemukan.



Saya dan Pasangan Terinfeksi, Bagaimana Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin?


Ada baiknya jika Anda dan pasangan aktif secara seksual dan memiliki beberapa gejala herpes kelamin maka segeralah konsultasikan kepada dokter dan biasanya dokter akan memeriksakan kondisi Anda dan pasangan terlebih dahulu kemudian dokter akan memberikan cara menyembuhkan herpes kelamin.

Biasanya dokter akan memberikan pengobatan dengan obat antivirus yang dapat membantu seseorang untuk mengurangi keparahan yang diakibatkan oleh gejala herpes kelamin dan lamanya gejala saat mereka berkobar.

Diketahui bahwa terdapat tiga obat utama yang biasa digunakan untuk mengobati gejala herpes kelamin yaitu : asiklovir ( Zovirax ), famciclovir ( Famvir ), dan valacyclovir ( Valtrex ) dan semua obat ini dikonsumsi dalam bentuk pil, namun dalam kasus berat dapat diobati dengan asiklovir obat intravena (IV).

- Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin Pada Tahap Awal
Jika Anda merasa memiliki gejala herpes kelamin seperti timbulnya luka saat pertama kali didiagnosis dengan herpes kelamin , maka biasanya dokter Anda akan memberi Anda obat antiviral singkat selama 7 - 10 hari untuk menyembuhkannya atau dapat juga untuk mencegah herpes kelamin agar tidak bertambah parah.

Dokter juga mungkin akan meresepkan agar Anda bisa mengkonsumsi obat tersebut lebih lama lagi jika luka tidak segera sembuh pada saat itu.
Dan setelah perawatan pertama maka ada baiknya bekerjasamalah dengan dokter Anda untuk menemukan cara terbaik untuk menjalani pengobatan antiviral yang diketahui ada dua pilihan yaitu:

- Menggunakan Pengobatan Intermiten
Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antiviral agar Anda dapat bertahan jika Anda memiliki penyakit lain, dan pengobatan ini disebut terapi intermiten.

Anda bisa minum pil dua sampai lima hari dengan resep dokter segera mungkin setelah Anda melihat luka atau saat Anda merasakan wabah herpes kelamin dan fungsi obat ini adalah agar mengurangi keparahan gejala dan membuat herpes kelamin pergi lebih cepat.

- Menggunakan Pengobatan Supresif
Jika Anda sering mengalami wabah herpes kelamin yang berulang mungkin Anda bisa memakai obat antiviral setiap hari dengan resep dokter menyebut terapi ini dengan sebutan supresif.



Bagi seseorang yang memiliki lebih dari enam wabah herpes kelamin dalam setahun maka dengan pengobatan supresif dapat menekan dan dapat mengurangi jumlah wabah herpes kelamin hingga 70% sampai 80%, bahkan banyak pasien yang mengkonsumsi obat antiviral setiap hari tidak memiliki wabah sama sekali.

Apakah Pengobatan Tersebut Dapat Memberikan Efek Samping?
Pastilah seriap pengobatan dapat memberikan efek samping tetapi efek samping dengan obat herpes ini tergolong ringan, dan ahli kesehatan yakin obat ini aman dalam jangka panjang.

Karena Asiklovir adalah yang tertua dari ketiganya, dan keamanannya telah didokumentasikan pada orang-orang yang menggunakan terapi penekan selama beberapa tahun. Akan tetapi pasien yang menggunakan terapi penekan harus berkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter setidaknya setahun sekali untuk memutuskan apakah harus terus berlanjut atau berhenti total, selain itu dokter Anda dapat membantu Anda untuk membuat pilihan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimanakah Cara Untuk Meringankan Gejala Herpes Kelamin Di Rumah?


Jika gejala herpes kelamin tergolong ringan, maka dokter umum Anda mungkin menyarankan hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu meringankan gejala Anda tanpa memerlukan pengobatan, diantaranya:

- Jaga Agar Daerah yang Terkena Herpes Tetap Bersih
Cara pertama untuk meringankan gejala herpes kelamin di rumah adalah dengan menjaga agar daerah yang terkena herpes kelamin tetap bersih dengan menggunakan air putih yang dicampur garam.

Diketahui cairan air garam tersebut akan membantu untuk mencegah lecet atau bisul agar tidak terinfeksi dan dapat mendorong mereka untuk sembuh lebih cepat, selain itu cara sederhana ini juga akan menghentikan daerah yang terkena dampak herpes kelamin agar tidak saling menempel.

- Oleskan Es Pada Area yang Terkena Herpes
Cara selanjutnya adalah dengan mengoleskan es yang dibungkus pada area yang terkena herpes dan hal ini bertujuan untuk membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan herpes kelamin, tetapi perlu Anda catat bahwa jangan menggunakan es langsung ke kulit.



Nah, itulah tadi berbagai macam cara menyembuhkan herpes kelamin dan cara untuk meringankan gejalanya tetapi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda jika ingin menggunakan cara tersebut dan Anda juga bisa berkonsultasi dengan Kami di Klinik Utama Gracia.