Mungkin sebagian besar orang masih terasa asing jika mendengar virus HPV, lalu apakah virus HPV itu? apakah bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh? Lalu bagaimanakah cara untuk mencegah virus tersebut? Nah jika Anda penasaran maka simak terus artikel ini sampai tuntas.

HPV adalah singkatan dari human papillomavirus dan merupakan virus yang sangat umum terjadi pada seseorang yang sering berganti-ganti pasangan seks dan beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks atau kanker dari anus atau kanker pada Mr P.

Selain itu seringkali virus HPV tidak memberikan gejala karena tubuh mungkin bisa membersihkan infeksi sendiri dalam beberapa tahun, tetapi banyak orang tidak pernah tahu bahwa mereka telah terinfeksi.

Tapi terkadang infeksi HPV dengan risiko tinggi akan bertahan lebih lama dan hal ini dapat menyebabkan perubahan sel pada serviks yang bisa menyebabkan kanker. Hal yang sama bisa menyebabkan perubahan abnormal pada sel Mr P dan anus, tapi ini jarang terjadi.



Mengenal Virus HPV, Virus yang Bisa Menyebabkan Kutil Pada Kelamin



Tahukah Anda bahwa setiap virus HPV memiliki nomor atau jenisnya sendiri dan istilah "papiloma" mengacu pada jenis kutil yang dihasilkan dari beberapa jenis HPV? Selain itu perlu Anda ketahui bahwa ternyata HPV hidup di sel datar yang disebut sel epitel yang biasanya ditemukan di permukaan kulit dan virus tersebut juga ditemukan di permukaan Miss V, anus, vulva, leher rahim dan kepala Mr P, virus tersebut juga ditemukan di dalam mulutdan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh seks oral.

Dan ada lebih dari 100 jenis HPV yang berbeda, namun hanya beberapa di antaranya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dan menyebabkan kutil kelamin atau kanker serviks, vagina, vulva atau anus, menurut Dr. Manny, My OB-GYN

Lalu apakah kutil kelamin itu? kutil kelamin ataupun kutil Genitalis (condylomata acuminate) adalah salah satu jenis yang paling umum dari infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV dan biasanya kutil ini muncul di berbagai macam tempat.

Seperti pada area kelamin, dubur, selaput lendir rektum, leher rahim, maupun pada Miss V dan penyakit ini sangatlah menular, namun meskipun menular akan tetapi penyakit ini dapat dicegah dan dapat diobati. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata manusia, karena mungkin kutil kelamin ini memiliki ukuran sangat kecil dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap.



Biasanya pertumbuhan kutil kelamin dapat menyerupai kembang kol dan mungkin akan terasa licin atau sedikit bergelombang ketika disentuh, dan ketika seseorang yang terinfeksi kutil kelamin mungkin bisa memiliki sekelompok kutil. Kutil kelamin juga bisa muncul beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda berhubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan orang yang terinfeksi virus ini.

Beberapa jenis infeksi HPV bahkan dikaitkan dengan kanker, termasuk kanker serviks dan kanker vulva, anus, oropharynx (bagian tengah tenggorokan, di belakang mulut), atau pada Mr P dan jika Anda terinfeksi salah satu jenis virus ini mungkin saja Anda memiliki perubahan prekanker dalam sel di jaringan tanpa gejala apapupun.

Siapa Sajakah yang Berisiko Untuk Mengalami HPV?

- Siapa pun yang pernah melakukan hubungan seks ternyata mungkin bisa berisiko terinfeksi HPV genital
- Memiliki banyak pasangan seks
- Memiliki pasangan seks yang sudah memiliki banyak pasangan
- Berusia kurang dari 25 tahun
- Mulai berhubungan seks di usia dini (16 tahun atau lebih muda)
- Memiliki pasangan seks pria yang tidak disunat, karena pria yang masih memiliki kulit khatan mereka lebih cenderung untuk mendapatkan dan tetap terinfeksi virus papiloma manusia (HPV) dan menyebarkannya ke pasangannya

Bagaimanakah Cara Penyebaran HPV?



- Anda bisa mendapatkan HPV melalui berbagai macam aktivitas seks seperti seks vaginal, anal, atau oral dan virus ini menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

- HPV dapat menginfeksi kulit yang biasanya tidak tertutup oleh kondom jadi penggunaan kondom saat berhubungan seks tidak akan sepenuhnya melindungi Anda dari kutil kelamin.

- Selain itu perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak bisa mendapatkan HPV dari tempat duduk toilet, kolam renang, atau dari darah orang yang terinfeksi.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah HPV?
- Satu-satunya cara untuk menghindari semua risiko infeksi HPV jenis apapun adalah tidak pernah aktif dalam berhubungan seksual, baik itu seks vaginal, anal maupun seks oral.

- Untuk menurunkan risiko terinfeksi HPV Anda juga bisa membatasi jumlah pasangan seks yang Anda miliki, namun ada baiknya hanya melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah sah

- Diketahui bahwa tiga vaksin dari resep dokter seperti (Cervarix, Gardasil, dan Gardasil-9) dapat melindungi Anda dari HPV dan tiga vaksin tersebut bisa dikonsumsi sesuai dengan resep dokter yang biasa digunakan oleh pria maupun wanita dewasa sampai usia 26 tahun.

- Gardasil-9 juga sangat efektif terhadap HPV 6 dan 11, yang menyebabkan sebagian besar penyakit kutil kelamin dan Gardasil-9 juga bisa melawan jenis HPV yang berisiko tinggi seperti HPV 31, 33, 45, 52, 58.



Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai virus HPV dan jika Anda merasa mengalami kutil kelamin maka sudah saatnya Anda untuk mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.