Mungkin Anda masih asing jika mendengar penyakit kencing nanah? Lalu apalah penyebab kencing nanah pada wanita? Dan bagaimanakah cara untuk mengatasi dan mencegahnya? Nah jika Anda penasaran maka simak terus artikel ini sampai tuntas.

Penyakit kencing nanah ataupun penyakit kelamin dan dalam istilah medis penyakit gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi karena mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa biasanya bakteri Neissera gonorrhoeae akan tumbuh dan berkembang biak dengan mudah pada berbagai macam bagian tubuh seperti pada: Saluran kemih, Mulut, Tenggorokan, Dubur dan pada Selaput lendir (ataupun saluran reproduksi).



Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Kencing Nanah Pada Wanita Maupun Pada Pria?



Diketahui bahwa penyebab kencing nanah pada wanita maupun pada pria bisa diakibatkan oleh berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore, contohnya saja seperti seks vaginal, seks anal maupun seks oral.

Dan sama halnya dengan kuman lain, Anda bisa mendapatkan bakteri penyebab gonore hanya dari menyentuh daerah yang terinfeksi pada orang lain, jadi jika Anda bersentuhan langsung dengan Mr P, Miss V, mulut, atau anus seseorang yang membawa bakteri ini maka hal tersebut bisa menyebabkan Anda terkena gonore.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kuman Neissera gonorrhoeae tidak bisa hidup lebih dari beberapa detik di luar tubuh, jadi Anda tidak bisa mendapatkan penyakit kelamin ini dengan menyentuh benda-benda seperti kursi toilet atau pakaian seseorang yang sudah terinfeksi, akan tetapi wanita yang memiliki gonore dapat menyebarkan penyakit ini ke bayi mereka selama persalinan.

Jadi jika Anda hamil dan mengalami gonore, maka ada baiknya segera bicarakan dengan dokter Anda sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat.
Karena penyakit gonore dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi, jadi penting untuk mengobati penyakit ini sesegera mungkin untuk membantu menurunkan risiko bayi terkena komplikasi serius yang diakibatkan oleh gonore.

Awas, Inilah Gejala-Gejala Gonore

A. Gejala Gonore Pada Pria, Diantaranya:

- Keluar cairan dari Mr P yang menyerupai nanah

- Terasa nyeri pada testis atau skrotum

- Terasa menyakitkan saat buang air kecil

- Terasa nyeri saat buang air besar yang dibarengi rasa gatal dan dibarengi oleh keluarnya cairan dari dubur

- Terasa sulit untuk menelan, leher membengkak akibat kelenjar getah bening

- Mata terasa sakit, kepekaan cahaya berkurang, sampai keluarnya cairan mata menyerupai nanah



B. Gejala Gonore Pada Wanita, Diantaranya:

- Terasa sakit saat melakukan hubungan seksual

- Mengalami demam

- Keluar keputihan berwarna kuning atau hijau

- Vulva membengkak

- Mengalami perdarahan berat di antara periode

- Setelah berhubungan badan mengeluarkan darah

- Sering muntah dan sakit perut atau panggul

- Terasa menyakitkan saat buang air kecil

- Sakit pada tenggorokan dibarengi dengan gatal-gatal, sulit menelan, atau bengkak pada leher akibat kelenjar getah bening

- Mata terasa sakit, kepekaan cahaya berkurang, sampai keluarnya cairan mata menyerupai nanah

Apakah yang Terjadi Jika Penyakit Kencing Nanah Tidak Segera Disembuhkan?


Diketahui ada banyak komplikasi potensial yang serius yang terjadi jika penyakit kencing nanah tidak segera disembuhkan, sehingga jika Anda aktif secara seksual dan mengalami gejala-gejala seperti di atas maka segeralah konsultasikan kepada dokter dan berikut adalah hal yang terjadi jika penyakit ini tidak segera diobati, diantaranya:

A. Pada wanita Penyakit Kencing Nanah Dapat Menyebabkan:

- Penyakit radang panggul (PID) adalah penyakit radang panggul yang biasanya diakibatkan oleh adanya infeksi pada organ-organ pada sistem reproduksi wanita
- Mengalami nyeri panggul yang sangat kronis
- Mengalami masalah ketidaksuburan
- Berisiko mengalami kehamilan ektopik yaitu kehamilan dimana embrio menempel di luar rahim

B. Pada Pria Penyakit Kencing Nanah Dapat Menyebabkan:

- Mengalami epididimitis, radang epididimis yang dapat mempengaruhi produksi sperma pada pria
- Mengalami masalah ketidaksuburan

Komplikasi lebih lanjut dari infeksi gonore bisa dapat terjadi pada ibu hamil selama persalinan, karena gonore dapat diteruskan dari ibu ke bayi yang dapat menyebabkan infeksi sendi, kebutaan, atau infeksi darah yang bisa mengancam jiwa.

Bahkan wanita yang terinfeksi gonore saat hamil berisiko tinggi untuk mengalami persalinan prematur jika tidak diobati. Selain itu jika tidak segera diobati baik wanita maupun pria bisa berisiko tinggi tertular HIV

Bagaimanakah Caranya Untuk Mencegah Kencing Nanah?
Satu-satunya cara pasti dan paling ampuh untuk tidak terinfeksi penyakit kencing nanah adalah dengan tidak melakukan hubungan badan.

Tetapi, Anda masih tetap melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda yang sudah sah, selain itu Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena gonore dengan berbagai macam cara lainnya diantaranya:

- Menggunakan kondom, karena kondom dapat membantu melindungi Anda dari berbagai macam PMS, karena kondom bertindak sebagai penghalang dan mencegah bakteri yang menginfeksi Anda

- Jangan melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan

- Jangan berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki gejala gonore.

- Cobalah minta pasangan seksual Anda untuk melakukan pemeriksaan penyakit gonore bersama dengan Anda



Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan seputar gejala, pencegahan sampai penyebab kencing nanah pada wanita yang perlu Anda ketahui dan dengan perawatan yang tepat maka penyakit ini bisa disembuhkan dan ada baiknya jika Anda merasa memiliki penyakit tersebut segera Kami di Klinik Utama Gracia.