Timbulnya kutil kemaluan wanita tentu saja bisa sangat mengganggu, apalagi biasanya timbulnya kutil kelamin tersebut bisa terasa gatal, terasa sakit dan menyebabkan ketidak nyaman, bahkan parahnya lagi kutil kemaluan wanita ini sangat berbahaya.

Kutil kemaluan ataupun kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum dari infeksi menular seksual dan biasanya kutil kelamin ini muncul di berbagai macam area seperti pada area Miss V, Mr P, dubur, selaput lendir rektum, leher rahim.

Biasanya kutil kelamin akan berbentuk menyerupai benjolan berwarna daging dan mungkin juga memiliki penampilan bergelombang seperti kembang kol dan selain itu kutil kelamin ukurannya bisa bervariasi, dan beberapa kutil mungkin dapat hadir bersamaan.

Selain itu pada wanita yang memiliki kutil kelamin di dalam Miss V mungkin bisa mengalami gejala seperti pendarahan setelah hubungan badan atau mengalami keputihan yang abnormal, lalu bagaimankah caranya untuk mengetahui bahwa seseorang terinfeksi kutil kelamin atau tidak?



Ternyata Tes Ini Bisa Mendeteksi Adanya Kutil Kemaluan Wanita



Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa pada umumnya kutil kemaluan wanita disebabkan oleh adanya beberapa jenis human papillomavirus (HPV).

Selain itu terkadang jenis HPV tertentu bisa berisiko tinggi dapat berkembang menjadi kanker jika tidak segera diobati dan jenis HPV lainnya dapat berisiko rendah dapat menyebabkan kutil pada vulva, vagina, leher rahim, rektum, anus, penis atau pada skrotum wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang bisa terinfeksi kutil kelamin dari kontak kulit-ke-kulit dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin dan sangat seringkali menular selama seks vaginal, anal, maupun seks oral. Lalu bagaimanakah cara mendeteksi kutil kemaluan pada wanita?

Biasanya HPV terkadang bisa dicurigai dengan perubahan yang muncul dengan melakukan tes Pap smear, karena pap smear dapat mengidentifikasi adanya perubahan sel abnormal yang terinfeksi yang mungkin merupakan prekursor kanker.



Sementara infeksi HPV dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks yang dapat dikenali pada tes Pap smear, akan tetapi tes Pap smear sendiri tidak dapat memastikan diagnosis infeksi HPV kecuali dilakukan pengujian khusus terhadap sampel yang diperoleh dari tes Pap smear.

Bila ada Pap smear yang abnormal, maka biasanya dokter akan melakukan pengujian lebih lanjut terhadap sampel tersebut untuk mengetahui apakah ada jenis HPV tertentu dan HPV juga dapat dideteksi jika biopsi (tindakan diagnostik yang dilakukan dengan mengambil sampel jaringan kutil kelamin) telah diperiksa dan dianalisis di laboratorium.

Saya Terinfeksi Kutil Kelamin Bagaimanakah Cara Mengobatinya?


Perlu Anda ketahui bahwa biasanya cara mengobati kutil kelamin biasanya tergantung pada jenis kutil yang Anda miliki dan di mana kutil kelamin berada.

- Menggunakan obat tipikal krim atau cairan yang digunakan langsung ke kutil yang digunakan selama beberapa hari setiap minggu dan hal ini dapat diberikan di rumah atau di rumah sakit tergantung pada jenis pengobatan dan pengobatan mungkin berlanjut selama beberapa minggu.

- Cara mengobati kutil kelamin selanjutnya adalah dengan Cryotherapy yaitu pengobatan dengan cara membekukan kutil dengan nitrogen cair yang bertujuan untuk menghilangkan kutil.

- Selain itu Cryotherapy juga digunakan sebagai metode untuk mengobati area lokal dari beberapa jenis kanker (disebut cryosurgery), seperti kanker prostat dan untuk mengobati sel kulit abnormal menurut ahli kulit.

- Dengan cara Electrocautery yaitu pengobatan dengan arus listrik yang digunakan untuk menghancurkan kutil kelamin, namun sebelumnya pasien harus diberikan bius lokal yang mungkin berguna untuk meminimalkan rasa nyeri.

- Dengan cara operasi yaitu kutil akan dipotong dan akan memerlukan Anestesi lokal akan

- Dengan cara laser cahaya yang digunakan untuk menghancurkan kutil kelamin

Akan tetapi ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda ingin menggunakan salah satu cara tersebut karena biasanya dokter akan memberikan pengobatan yang terbaik bagi Anda.



Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai kutil kemaluan wanita dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan Kami dengan mengunjungi Klinik Utama Gracia atau Anda bisa juga berkonsultasi dengan menekan tombol chat online di atas.