Penyakit kelamin pada wanita bisa saja menyerang siapa saja terutama kepada seseorang wanita yang sering berganti pasangan dan melakukan seks bebas akan lebih mudah terinfeksi dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukannya sama sekali.

Penyakit kelamin pada wanita termasuk penyakit menular seksual (PMS) adalah infeksi yang dapat ditularkan dari satu orang yang sudah terinfeksi ke orang lain melalui semua jenis kontak seksual. Untuk itu adalah hal penting bagi kaum wanita untuk mengetahui hal tersebut agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Bahkan, penyakit menular seksual tidak hanya saja ditularkan melalaui hubungan seksual pada Miss V saja, akan tetapi bisa ditularkan melalui berbagai macam cara seperti: kontak seksual termasuk ciuman, seks oral, maupun penggunaan mainan seks seperti vibrator.



7 Bahaya Penyakit Kelamin Pada Wanita, No 3 Sangat Mematikan



1. Gonore
Gonore adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh organisme bernama Neisseria gonorrheae yang ditularkan melalui hubungan seksual. Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual tertua yang ada di dunia.

Diperkirakan lebih dari satu juta wanita saat ini terinfeksi gonore. Di antara wanita yang terinfeksi, persentase yang signifikan juga akan terinfeksi klamidia.  Jika tidak segera diobati, gonore dapat menyebabkan infeksi panggul berat (PID) dengan peradangan pada saluran telur, ovarium, dan arthritis.

Mayoritas wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala, terutama pada tahap awal infeksi, namun bisa juga mengalami gejala seperti: terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, keputihan berwarna kekuningan, pembengkakan pada alat kelamin, dan Miss V terasa gatal atau terbakar.

2. Klamidia
Klamidia disebabkan oleh bakteri yang bernama (Chlamydia trachomatis) adalah bakteri yang sangat mirip dengan gonore dalam cara yang tersebar dan gejala. Hal ini umum dan mempengaruhi sekitar 4 juta wanita setiap tahunnya. Seperti gonore, bakteri klamidia ditemukan di leher rahim dan uretra dan dapat hidup di tenggorokan atau rektum.

3. HIV dan Aids


Dari sekian banyaknya penyakit kelamin pada wanita HIV adalah yang paling mematikan sehingga banyak orang yang ketakutan jika mendengar penyakit ini.
HIV disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV) yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh baik pada pria maupun pada wanita, sehingga meningkatkan kerentanan tubuh terhadap berbagai infeksi yang berbeda, serta pengembangan kanker tertentu.

HIV adalah infeksi virus yang biasanya ditularkan melalui kontak seksual atau berbagi jarum, atau dari seorang wanita hamil yang terinfeksi ke dan menularkannya kepada bayi yang baru lahir.

Meskipun tidak ada gejala khusus atau tanda-tanda yang mengkonfirmasi infeksi HIV, banyak orang akan mengembangkan penyakit non spesifik dua sampai empat minggu setelah seseorang telah terinfeksi.

Biasanya penyakit HIV awalnya dapat ditandai dengan demam, muntah, diare, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau kelenjar getah bening yang menyakitkan.

Jika seseorang mengalami komplikasi serius yang tidak biasa dari HIV bisa mengalami kanker, penurunan berat badan, penurunan intelektual (demensia), atau bahkan kematian. Ketika gejala HIV memasuki masa parah maka otomatis penyakit ini disebut sebagai acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).



4. Sifilis
Sifilis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang telah ada selama berabad-abad yang disebabkan oleh Treponema pallidum.
Ada tiga tahap sifilis, bersama dengan tahap tidak aktif (laten). Pembentukan borok (chancre) adalah tahap pertama. Chancre berkembang saat 10 sampai 90 hari setelah seseorang terinfeksi dengan waktu rata-rata 21 hari setelah infeksi sampai gejala pertama berkembang.

5. Kutil Kelamin
Tahukah Anda bahwa ternyata ada lebih dari 40 jenis HPV, yang merupakan penyebab kutil kelamin (juga dikenal sebagai condyloma acuminata), dapat menginfeksi saluran kelamin pada wanita maupun pada wanita dan ditularkan melalui hubungan badan. Bahkan infeksi HPV telah lama dikenal sebagai penyebab kanker serviks dan kanker anogenital lainnya pada wanita, dan juga telah dikaitkan dengan kanker penis pada pria.

6. Herpes Kelamin
Herpes kelamin ataupun herpes genital adalah salah satu dari penyakit menular seksual yang disebabkan oleh The herpes virus simpleks (HSVs) yang menyebabkan luka melepuh yang menyakitkan pada daerah kelamin.

Biasanya, HSV tipe 1 menyebabkan luka dingin di sekitar mulut, sedangkan HSV tipe 2 (HSV-2) menyebabkan herpes genital, tapi kedua jenis HSV mampu menginfeksi daerah kelamin.

7. Kutu Kemaluan
Diketahui infeksi ektoparasit adalah infeksi yang disebabkan oleh bug parasit kecil, seperti kutu kepiting atau tungau. Kutu kemaluan ditularkan melalui kontak fisik dekat, termasuk kontak seksual. Kutu kemaluan hidup di rambut kemaluan (atau rambut lainnya) yang menyebabkan rasa gatal-gatal pada kemaluan.



Itulah tadi ke 7 penyakit kelamin pada wanita yang perlu Anda waspadai mulai dari sekarang juga dan misalkan Anda ataupun pasangan menderita penyakit tersebut maka ada baiknya segera periksakan kepada dokter Anda atau kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.