Tahukah Anda bahwa human papillomavirus (HPV) adalah penyebab kutil kelamin, dan diketahui kutil kelamin bisa menyerang siapa saja baik itu pada pria maupun pada wanita yang aktif secara seksual, namun biasanya pada wanita lebih rentan terhadap komplikasi.

Kutil kelamin adalah pertumbuhan kutil yang muncul pada alat kelamin dan kutil kelamin merupakan salah satu dari penyakit menular seksual (PMS). Biasanya pertumbuhan kulit ini dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal-gatal.

Pada wanita kutil kelamin akan sangat berbahaya bagi karena beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti: kanker serviks dan vulva. Bahkan, sekitar 360.000 orang mengembangkan kutil kelamin setiap tahun, sehingga pengobatan dapat sangat penting untuk pencegahan penyakit ini.

Gejala-Gejala Kutil Kelamin yang Perlu Anda Waspadai:
Biasanya kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata manusia karena ukurannya sangat kecil dengan menyerupai warna kulit atau sedikit lebih gelap.
Bagian pertumbuhan kutil kelamin dapat menyerupai kembang kol dan mungkin terasa bergelombang ketika disentuh dan seseorang yang terinfeksi kutil kelamin mungkin memiliki sekelompok kutil atau hanya satu kutil di sekitar alat kelamin.

A. Gejala Kutil Kelamin Pada Pria diantaranya adalah sebagai berikut:

- Keluarnya cairan yang abnormal dari Mr P yang awalnya berwarna susu kemudian akan berubah warna menjadi kuning, krem, dan dalam jumlah yang berlebihan dan kadang bercampur darah.

- Ketika berkemih maka akan terasa nyeri

- Dubur terasa gatal

- Biasanya kutil kelamin terdapat di area Mr P, Pada anus, ataupun pada buah zakar

 

B. Gejala Kutil Kelamin Pada Wanita diantaranya adalah sebagai berikut:
Gejala kutil kelamin pada wanita kadang-kadang sangat ringan sehingga banyak wanita yang keliru karena menggagap gejala ini seperti gejala infeksi jamur, infeksi kandung kemih atau infeksi vagina dan Gejala gonore pada wanita adalah sebagai berikut:

- Sering buang air kecil.

- Dubur terasa gatal.

- Keputihan yang abnormal.

- Perdarahan Miss V abnormal selama atau setelah berhubungan badan atau antara selama periode menstruasi.

- Gatal Pada Miss V.

- Biasanya kutil kelamin pada wanita terdapat di dalam ataupun luar Miss V, atau pada anus


Apakah Penyebab Kutil Kelamin?

Telah diketahui bahwa sebagian besar penyebab kutil kelamin adalah virus HPV yang tentu saja harus Anda waspadai, dan diketahui ada lebih dari tujuh puluh jenis HPV yang secara khusus mempengaruhi alat kelamin baik pada pria maupun pada wanita.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa dalam kenyataan HPV ini sangat umum terjadi terutama pada seseorang yang aktif secara seksual dan mendapatkannya pada beberapa titik, perbedaan utamanya adalah apakah virus ini menyebabkan komplikasi seperti kutil kelamin.

Namun, penyebab kutil kelamin disebabkan oleh strain yang berbeda dari HPV yang menyebabkan kutil di berbagai bagian tubuh seperti: kutil di tangan dan kutil di alat kelamin. Akan tetapi kutil tidak dapat menyebar dari tangan seseorang ke alat kelamin, atau sebaliknya.

Faktor Risiko Seseorang Bisa Mengalami Kutil Kelamin


Menurut American Academy of Dermatology (AAD), setiap orang yang aktif secara seksual berisiko mengalami kutil kelamin dan hampir setengah dari orang-orang yang berhubungan badan dapat memiliki beberapa jenis infeksi HPV. Namun, kutil kelamin akan lebih mudah dengan kriteria sebagai berikut:

- Berada di bawah usia 30

- Sering berhubungan badan dengan banyak pasangan

- Jika ibu memiliki virus saat melahirkan

- Memiliki kelemahan pada sistem kekebalan tubuh

- Memiliki riwayat pelecehan seksual

- Merokok

Apakah Kutil Kelamin Dapat Menjadi Komplikasi yang Dapat Menyebabkan Penyakit Lain?
Diketahui HPV adalah penyebab utama dari kanker pada serviks dan juga dapat menyebabkan perubahan pra kanker pada sel-sel leher rahim. jenis lain dari HPV juga dapat menyebabkan kanker vulva, yang merupakan organ kelamin eksternal pada wanita, serta kanker pada Mr P dan anus.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai penyebab kutil kelamin dan jika Anda ataupun pasangan Anda terinfeksi kutil kelamin maka ada baiknya Anda segera obati ataupun berkonsultasi di Klinik Utama Gracia.