Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tubuh manusia bisa saja terserang berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit tidak berbahaya sampai jenis penyakit kelamin berbahaya, untuk itu kita harus mencegahnya dari sekarang juga.

Penyakit kelamin adalah sesuatu jenis penyakit menular seksual yang akan menyerang organ vital baik pada pria maupun pada wanita disebut juga sebagai PMS (Penyakit Menular Seksual)

Biasanya jenis penyakit kelamin ini ditularkan oleh virus, bakteri akibat hubungan seks oleh seseorang yang sudah terserang penyakit kelamin.

Berikut dibawah ini adalah 5 jenis penyakit kelamin pria berbahaya dan cara mencegahnya:

1. Chlamydia

Jenis penyakit kelamin pria berbahaya yang pertama adalah Chlamydia merupakan salah satu infeksi yang paling luas dan dapat menimbulkan akibat yang serius jika tidak ditangani dengan baik.

Siapa pun yang melakukan seks yang tidak aman bisa terkena infeksi seperti yang ditularkan selama kontak vagina, anal dan oral.

Namun pria lebih berperan sebagai penyebar virus tersebut dan biasanya seseorang jika terserang chlamydia tidak memiliki gejala khusus tetapi pada perempuan cenderung menderita efek Chlamydia.

Gejala utama dari chlamydia

Adalah timbulnya keputihan abnormal dan nyeri saat kencing. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, jangan ragu untuk mengunjungi dokter Anda.

Efek penyakit Chlamydia

Karena jika tidak diobati tepat waktu dan benar, Chlamydia dapat merusak sistem reproduksi, membahayakan kemampuan untuk hamil.

Infeksi dapat mempengaruhi rahim dan tuba tabung atau menyebabkan penyakit radang panggul. Seperti penyakit menular seksual lainnya.

Cara mencegah penyakit Chlamydia

Cara mencegah Chlamydia adalah dengan menggunakan kondom dan mengurangi jumlah pasangan seksual.

2 Gonore

Jenis Penyakit kelamin pria berbahaya kedua adalah Gonore yaitu penyakit yang umum ditularkan selama hubungan seksual, termasuk vaginal, anus dan kontak oral. Penyakit gonore ini paling populer di kalangan anak muda, berusia 15 tahun sampai 24 tahun, dan dapat menyebabkan berbagai infeksi genital, rektal dan tenggorokan.

 Gejala Gonore

Gonore memiliki beberapa gejala yang kadang-kadang membuat sulit untuk mendiagnosa penyakit. Pria mungkin mengalami terbakar saat buang air kecil, keluar cairan putih atau kuning dari penis, nyeri pada testis.

Sedangkan kebanyakan wanita tidak mengalami gejala sama sekali, atau mungkin memiliki sensasi menyakitkan ringan saat kencing, serta peningkatan keputihan.

Efek penyakit gonore

Gonore dapat menyebabkan infeksi dubur, disertai dengan anus gatal, luka, cairan atau perdarahan. Karena itu infeksi gonore harus segera diobati kalau tidak dapat mengembangkan konsekuensi serius, terutama pada wanita. Seperti menghalangi saluran tuba, infertilitas dan kehamilan ektopik.

Sedangkan pada pria dapat mengembangkan sensasi menyakitkan di testis dan dalam kasus yang jarang, ketidakmampuan untuk ayah anak.

Cara mengobati gonore
Ternyata cara mengobati Gonore adalah diobati dengan antibiotik, tetapi penting untuk menemukan penyakit ini pada tahap awal.


3. Hepatitis

Penyakit kelamin ketiga adalah Hepatitis B dan C yang dianggap penyakit menular seksual yang menyebabkan peradangan hati dan, dalam kasus-kasus serius bahkan sampai mengalami kematian.

Infeksi ini sangat mirip dengan virus HIV selama transmisi yang bersangkutan. Hal ini biasanya berkontraksi melalui cairan tubuh atau darah, sehingga Anda dapat dengan mudah memperoleh penyakit saat berhubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi atau berbagi jarum.

Gejala Hepatitis

Setelah terkena Hepatitis gejala pertama dapat mencakup penyakit umum, mual, muntah, demam dan urine berwarna gelap. Penyakit itu dapat menjadi kronis dan tidak memiliki efek yang terlihat. Dalam kasus-kasus serius Hepatitis berkembang menjadi sirosis dan dapat menyebabkan kanker hati.

Cara mengobati Hepatitis

Cara mengobati hepatitis adalah dengan vaksin, karena di banyak negara vaksin Hepatitis telah menjadi praktek rutin untuk anak-anak dan itu adalah rekor pencegahan sempurna.

4. Sipilis

Diketahui penyakit kelamin sipilis ditularkan melalui hubungan seks, anal, maupun oral. Sifilis disebabkan oleh bakteri yang dapat bersarang di organ intim yang bernama Treponema pallidum dengan sub-spesies pallidum

Jika sipilis tidak diobati tepat waktu dan benar maka dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan bisa menyebabkan kematian.

5. HIV / AIDS


HIV, atau Human Immunodeficiency Virus, tidak diragukan lagi penyakit menular seksual ini paling berbahaya. Menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), virus tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan kerusakan parah pada sistem kekebalan tubuh dan, akhirnya, kematian.

HIV biasanya ditularkan melalui kontak seksual, maupun melalui suntikan narkoba.


Nah, itulah tadi ke 5 jenis penyakit kelamin pria berbahaya dan cara mencegahnya dan misalkan Anda mengalami salah satu penyakit kelamin tersebut ada baiknya Anda segera berobat ke Klinik Utama Gracia karena semakin cepat maka akan semakin baik.