Keputihan cair bening yang debitnya encer adalah hal yang normal dan umum terjadi pada setiap wanita. Terkadang jenis debit tertentu dapat menunjukkan infeksi dalam tubuh. Keputihan abnormal (tidak normal) dapat berwarna kekuningan atau kehijauan, kental dalam konsistensinya atau kemungkinan memiliki bau busuk. Jenis keputihan yang abnormal (tidak normal) ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur atau infeksi bakteri di vagina dan harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Pengertian Keputihan Adalah

Keputihan cair bening atau cairan yang dikeluarkan adalah cara untuk menjaga kebersihan vagina. Dan membantu vagina menjaga keseimbangan pH yang sempurna antara bakteri baik dan bakteri jahat. Sel-sel mati juga dibersihkan dalam proses ini. Jadi tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan cair bening atau melihat adanya cairan encer di celana. Keputihan normal terlihat bening atau putih, berair, melar, seperti putih telur. Keputihan normal memiliki bau yang ringan.

Adakah Penyebab Keputihan Cair Bening?


Keputihan dapat disebabkan oleh iritan (misalnya pantyliner beraroma, spermisida, sabun dan parfum atau beberapa obat-obatan resep dan non resep) selain itu dari alergi (misalnya kondom lateks atau yang lainnya) yang menghasilkan reaksi hipersensitif akut dan kronis termasuk dermatitis kontak. Selain itu usahakan tidak menggunakan bahan-bahan kimia pembersih vagina karena itu dapat berpengaruh pada pH keasaman vagina.

Baca Juga : Pahami Saat Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan

 

Adapun Jenis-Jenis Keputihan Lainnya Meliputi:

Jenis keputihan yang lainnya bisa meliputi sebagai berikut:
 
• Keputihan Jelas Dan Berair
Debit yang jernih dan berair terkadang dapat terjadi setelah berolahraga atau ketika sedang menstruasi.
 
• Keputihan Berwarna Putih
Keputihan normal selama periode tebal dan berwarna putih. Keputihan yang normal seharusnya tidak membuat rasa gatal. Jika merasa gatal pada vagina kemungkinan merupakan tanda infeksi jamur.
 
• Keputihan Jelas Dan Elastis
Saat berevolusi, cairannya akan jernih dan elastis. Lendir ini bisa menandakan sehat dan tidak perlu mengkhawatirkannya.
 
• Keputihan Berwarna Hijau Atau Berwarna Kuning
Jika debitnya salah satu dari warna hijau atau warna kuning yang berarti ini adalah infeksi. Biasanya terjadi jika adanya bau busuk atau cairannya tebal seperti keju.
 
• Keputihan Berwarna Cokelat
Keputihan selama menstruasi kemungkinan juga berwarna cokelat. Ini menandakan vagina sedang membersihkan.
 
• Keputihan Berwarna Seperti Merah Darah
Keputihan ini dapat diproduksi selama pertengahan siklus. Keputihan berwarna kemerahan atau berwarna kecokelatan juga dapat diproduksi di awal kehamilan ketika periode menstuasi biasanya.

Keputihan, Bagaimana Mendiagnosisnya?


Diagnosis melibatkan pengindentifikasian dan penghilangan penyebab dengan menanyakan riwayat secara menyeluruh dan secara sistematis menghilangkan potensi iritasi dan alergi dari area urogenital. Dengan mengambil sampel cairan dan melakukan pemeriksaan dibawah mikroskop digunakan sebagai metode standar evaluasi keputihan. Namun ada cara lain atau teknik modern yang secara akurat untuk mendiagnosis jenis infeksi untuk membantu pengobatan yang lebih tepat.

Penanganan Untuk Keputihan Cair Bening Pada Wanita


Tidak ada pengobatan khusus untuk debit encer atau keputihan cair bening ini sehingga lebih baik dengan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keputihan tersebut. Akan tetapi dalam kasus penyakit kelamin atau infeksi, biasanya disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter dan melakukan pengobatan medis yang diperlukan untuk menghentikan kondisinya sebelum menjadi lebih buruk.

Namun untuk melakukan pemeriksaan, tes atau pengujian dan pengobatan mengenai segala jenis penyakit ginekologi atau kewanitaan. Anda bisa melakukannya di Klinik Utama Gracia. Klinik ini selain menangani ginekologi juga menangani andrologi dan penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Klinik ini sudah sangat merekomendasi segala jenis penyakit kelamin. Segera hubungi kami Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555 atau Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui layanan chat konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Hati Hati Jika Mengalami Keputihan Lengket Dan Berbau

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.