Radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita, seperti pada saluran tuba, rahim, ovarium, vagina dan serviks (leher rahim). Cara mengobati radang panggul itu sendiri dengan cara mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan. Radang panggul biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).

Radang panggul adalah infeksi umum dengan gejala yang biasanya ringan dan kebanyakan diabaikan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang melewati vagina ke rahim dan saluran tuba yang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Sangat penting untuk mengetahui gejalanya, karena radang panggul yang tidak segera diobati dapat merusak tuba fallopi dan jaringan di sekitar rahim dan ovarium. Komplikasi radang panggul meliputi infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik, abses dan nyeri panggul (pelvic) kronis.

Radang Panggul Pada Umumnya Wanita

Radang panggul adalah penyakit serius yang disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Radang panggul dapat menyebabkan masalah termasuk nyeri kronis dan kesulitan untuk hamil (infertilitas atau kemandulan). Sangat penting untuk mengurangi peluang IMS dengan tidak berhubungan seksual dan selalu gunakan kondom jika berhubungan seksual dan melakukan diskrining dengan dokter.

Bagaimana Penyebab Radang Panggul Diketahui?


Radang panggul biasanya muncul dengan infeksi pada vagina dan serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh IMS seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia. Jika infeksi pada vagina dan serviks (leher rahim) tidak diobati dengan antibiotik, maka dapat menyebar ke endometrium (lapisan rahim) dan kemdudian ke saluran tuba, ovarium dan perut. Setiap wanita bisa mendapatkan radang panggul, akan tetapi wanita yang memiliki banyak pasangan seksual dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman kemungkinan besar dapat tertular IMS yang dapat menyebabkan radang panggul.

Baca Juga : Bahaya Radang Panggul Pada Wanita Hamil

 

Gejala Yang Mempengaruhi Radang Panggul

Wanita dengan radang panggul kemungkinan tidak selalu memiliki gejala. Jika memiliki, kemungkinan akan merasakan rasa sakit di area perut bagian bawah. Gejala radang panggul bisa meliputi:
 
• Terasa nyeri perut bagian bawah dan nyeri punggung bagian bawah.
• Periode menstruasi yang lebih lama atau lebih berat.
• Terasa kram atau adanya bercak setiap bulan.
• Memiliki jenis keputihan yang berbeda dari biasanya (perubahan bau, warna atau jumlah dan volume).
• Mengalami demam.
• Muntah dan mual.
• Terasa sakit saat berhubungan seksual atau dengan pemeriksaan panggul (pelvic) oleh dokter.
• Terasa nyeri atau terbakar saat kencing.

Radang Panggul Dan Diagnosisnya


Dokter akan mengetahui saat pasiennya menderita radang panggul berdasarkan gejala, pemeriksaan panggul (pelvic) dan tes atau pengujian darah. Terkadang USG (tes atau pengujian yang menggunakan gelombang suara tanpa radiasi) digunakan untuk melihat ke dalam organ reproduksi untuk melihat tanda-tanda abses atau kondisi lainnya. Laparoskopi (operasi kecil untuk melihat organ reproduksi) diperlukan jika keadaannya tidak membaik.

Cara Mengobati Radang Panggul Dengan Benar


Cara mengobati radang panggul tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya. Dokter akan menyarankan antibiotik intravena (pembuluh darah) dan melalui oral agar kondisinya terasa lebih baik. Jika cara mengobati radang panggul tidak efektif maka penyakitnya bisa bertambah parah. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami.

Tes atau pengujian bisa direkomendasikan untuk mengetahui hasil diagnosis dengan tepat. Jika hasil diagnosis diketahui, cara mengobati radang panggul bisa diterapkan. Cara mengobati radang panggul bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani radang panggul. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Penanganan Tidak Tepat, Begini Efek Radang Panggul

 

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.