Radang panggul pada wanita adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Radang panggul penyebabnya dari kontak seksual. Radang panggul dapat merusak rahim, indung telur, saluran tuba atau bagian lain dari sistem reproduksi wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ dan infertilitas atau kemandulan serta rasa sakit yang parah dan membuat sulit untuk hamil. Radang panggul mengacu pada infeksi organ reproduksi yang sering terjadi dan ditularkan secara seksual. Gejalanya bisa meliputi rasa sakit, kram, kedinginan, bercak dan mual.

Pengertian Radang Panggul Pada Wanita

Radang panggul pada wanita mengacu pada peradangan yang mempengaruhi bagian manapun dari saluran genital wanita bagian atas termasuk rahim, saluran tuba dan ovarium. Kondisi ini adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) yang tidak diobati khususnya Chlamydia Trachomatis dan Neisseria Gonorrhoeae.
 
Kemungkinan juga disebabkan oleh infeksi dari bakteri lain di vagina yang telah masuk ke rahim. Radang panggul adalah radang saluran reproduksi bagian atas pada wanita. Area yang terkena dampaknya dapat mencakup struktur rahim, ovarium dan saluran tuba. Salpingitis, radang saluran fallopi adalah area paling umum untuk penyakit ini.
 
Radang panggul dalam waktu jangka panjang muncul dari banyak penyakit menular seksual (PMS) seperti Bacterial Vaginosis (BV), operasi panggul (pelvic) dan prosedur lainnya yang melewati serviks (leher rahim). Pada dasarnya ini adalah kondisi yang dapat dicegah juga merupakan penyebab utama kemandulan (infertilitas) yang dapat dicegah.

Apa Yang Menyebabkan Radang Panggul Pada Wanita?


Serviks (leher rahim) mencegah bakteri yang memasuki vagina menyebar ke organ reproduksi internal. Jika serviks (leher rahim) terpapar penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia. Maka serviks (leher rahim) menjadi terinfeksi dan kurang mampu dalam mencegah penyebaran organisme ke organ internal.

Radang panggul terjadi ketika orgasme penyebab penyakit melakukan perjalanan dari serviks (leher rahim) ke saluran genital bagian atas. Gonore (kencing nanah) dan klamidia yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kasus radang panggul. Penyebab lain termasuk aborsi, persalinan dan prosedur panggul (pelvic) lainnya.

Baca Juga : Gejala Radang Panggul Pada Wanita

 

Apa Saja Gejala Radang Panggul Pada Wanita?

Gejala radang panggul dapat bervariasi akan tetapi kemungkinan termasuk:
 
• Nyeri tumpul atau nyeri di perut atau area perut bagian bawah atau rasa sakit di perut kanan atas (meskipun jarang terjadi).
• Keputihan abnormal (tidak normal) yang berwarna kuning atau berwarna hijau dan memiliki bau yang tidak biasa.
• Periode tidak teratur.
• Bercak atau kram setiap bulan.
• Menggigil dan demam tinggi.
• Mual dan muntah.
• Rasa sakit saat berhubungan seksual.

Bagaimana Radang Panggul Didiagnosis?


Bagi sebagian besar wanita untuk mendiagnosis radang panggul dengan cara melakukan pemeriksaan seperti mengetahui riwayat medis, pemeriksaan panggul (pelvic) dan kultur vagina yang diperlukan untuk membuat diagnosis radang panggul. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan secara umum dan aktifitas seksual secara terperinci.

Lalu melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) untuk memeriksa kesehatan organ reproduksi dan mengetahui infeksi gonore (kencing nanah) dan klamidia. Selain itu, dokter akan menyarankan untuk melakukan tes atau pengujian darah untuk mencari tanda-tanda infeksi, dan USG (sonogram) atau gelombang suara untuk membentuk gambar organ reproduksi.

Pengobatan Untuk Radang Panggul Pada Wanita


Jika hasil pemeriksaan dan tes atau pengujian menunjukkan radang panggul, dokter biasanya akan menyarankan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan awal untuk radang panggul biasanya terdiri dari beberapa antibiotik. Jika pengobatan tidak efektif, maka harus melakukan pengobatan lain. Jika didiagnosis menderita radang panggul, maka pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan.

Jika tidak melakukan pengobatan kemungkinan penyakitnya akan kambuh lagi terutama ketika melakukan hubungan seksual. Pengobatan radang panggul bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terbaik yang menangani masalah radang panggul. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi dibawah ini untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

Baca Juga : Mengenal Radang Panggul, Penyakit yang Bisa Membuat Wanita Mandul

 

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.