Keputihan Seperti Susu
Keputihan Seperti Susu

Keputihan adalah gejala alami dari vagina dan terjadi sepanjang kehidupan hormonal seorang wanita sebelum mentruasi hingga menopause. Namun jika mengalami keputihan seperti susu, perlu diwaspadai dan dilakukan pemeriksaan. Memiliki debit yang normal dari siklus keputihan pada wanita berarti alat kelaminnya bekerja dengan baik.

Keputihan memberikan hidrasi permanen dan pelumasan vagina karena terdiri dari lendir serviks (leher rahim) yang disekresikan dan biasanya meningkat jumlahnya ketika mendekati ovulasi atau sedang berovulasi. Namun ada beberapa kejadian langka ketika kondisi tersebut bisa menjadi tanda infeksi genital. Memeriksakan jenis cairan putih tersebut dan memahaminya akan lebih baik bagi tubuh.

Keputihan Seperti Susu Pada Wanita

Keputihan adalah cairan yang mengandung campuran sekresi vagina dan lendir serviks (leher rahim). Jumlah keputihan yang diprosuksi bervariasi dari wanita ke wanita, akan tetapi seringkali terjadi secara normal dan sehat. Kehamilan, perubahan hormon atau adanya infeksi juga dapat mempengaruhi konsistensi dan jumlah keputihan. Biasanya keputihan muncul setelah seseorang menstruasi. Secara alami berguna untuk menjaga kebersihan vagina, memberikan pelumasan selama berhubungan seksual dan dapat membantu mencegah infeksi.

Apa Penyebab Keputihan Seperti Susu Pada Umumnya?


Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko keputihan yang tidak normal (abnormal) meliputi :

• Mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
• Perubahan hormonal (pubertas, kehamilan, menstruasi, kontrasepsi oral, IUD, hormonal dan lainnya).
• Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
• Diabetes (kencing manis).
• Kebersihan yang berlebihan (douches dan sabun yang mengiritasi).
• Kegiatan olahraga yang intensif yang menyebabkan keringat berlebih.
• Berenang di kolam yang diklorinasi.
• Pakaian yang sangat ketat dan basah.
• Kadar gula darah (pada wanita dengan tes atau pengujian glukosa terganggu).

Baca Juga : Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita

Tanda Dan Gejala Keputihan Seperti Susu

Gejalanya pada vagina bisa meliputi :
 
• Terasa nyeri, terasa gatal atau terasa terbakar pada vagina.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.
• Perdarahan ringan setelah hubungan intim.
• Keputihan yang ringan.

Bagaimana Mendiagnosis Keputihan Seperti Susu?

Keputihan adalah gejala umum pada wanita dan normal serta merupakan tanda vagina berfungsi dengan baik. Vagina memiliki Ph asam alami untuk melindungi dari infeksi. vagina yang sehat secara teratur mengeluarkan cairan yang pada gilorannya membawa sel-sel mati dan bakteri dari tubuh. Namun keputihan dapat menjadi gejala infeksi atau penyakit. Oleh karena itu dibedakan keputihan normal dan keputihan abnormal (tidak normal) untuk menjaga kesehatan vagina yang baik.

Pengobatan Untuk Keputihan Seperti Susu


Dokter kemungkinan meresepkan pengobatan antijamur. Obat-obatan ini juga diresepkan untuk peradangan vulva. Pengobatan keputihan harus ditentukan dan jika gejalanya hilang dengan cepat karena untuk menghindari kekambuhan. Pengobatan ini bisa Anda temukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani berbagai macam keputihan.

Jangan pernah menunggu dan menunda-nunda penyakitnya hingga bertambah parah. Karena pengobatannya dan waktu pengobatanya dapat berbeda. Pengobatan dilakukan berdasarkan tingkat keparahan penyakitnya. Semakin cepat dilakukan pengobatan maka akan semakin baik. Namun jika tidak segera melakukan pengobatan, penyakitnya hanya akan bertambah menjadi lebih parah.

Klinik Utama Gracia adalah klinik spesialis penyakit yang berhubungan dengan kelamin. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pengobatan di klinik kami. Karena klinik kami sangat aman terpercaya dan terjamin pengobatannya. Klinik kami ditangani langsung oleh para dokter ahli dan berpengalaman di dalam bidangnya serta peralatan medisnya sangat menunjang pengobatan ini. Peralatan medis canggih dan modern tidak akan kalah dengan melakukan pengobatan di klinik lain. Segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan seperti dibawah ini.

Baca Juga : Awas, Ini 3 Bahaya Keputihan Pada Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.