Gejala Keputihan Berbahaya
Gejala Keputihan Berbahaya

Keputihan berbahaya didefinisikan sebagai aliran atau cairan berwarna putih di saluran vagina wanita. Gejala keputihan berbahaya bisa merupakan keluarnya cairan yang lengket dan kental. Pada sebagian besar wanita memiliki keputihan yang bersifat berubah seiring bertambahanya usia atau aktifitas lainnya.

Keputihan adalah fenomena yang cukup normal dan sehat pada wanita sampai batas tertentu. Keputihan sebenarnya adalah bentuk cairan dari semua sel mati di saluran vagina. Pada wanita yang sehat keputihannya berwarna putih bening. Akan tetapi jika keputihannya menjadi gelap maka itu adalah gejala keputihan berbahaya yang harus mendapatkan pengobatan medis.

Ketahui Kondisi Keputihan Berbahaya


Keputihan bercama-macam dan gejala keputihan berbahaya itu sendiri bisa berstektur tebal dan berwarna kekuningan. Kondisi ini sangat umum dialami wanita pada usia reproduksi. Wanita yang mengalami keputihan pada awalnya merasa sangat malu dan khawatir saat menderita masalah ini. Pada kebanyakan wanita menganggap ini adalah penyakit dan biasanya itu tanda dari infeksi.

Seorang wanita yang mengalami keputihan sangat normal sebelum menstruasi. Keputihan adalah beberapa jumlah cairan normal dan untuk pelumasan vagina. Namun jumlah keputihan dapat meningkat karena gejala keputihan dapat muncul dan hilang dari waktu ke waktu. Kondisi ini bisa sangat memalukan jika ditandai dengan keputihan yang berbau busuk. Keputihan bisa juga menjadi petunjuk dari berbagai kondisi ginekologis dan infertilitas atau kemandulan. Oleh karena itu harus melakukan evaluasi dan pengobatan.

Baca Juga : 5 Macam Macam Keputihan Pada Wanita Apakah Normal

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Berbahaya?

Ada berbagai alasan karena keputihan dapat terjadi pada seorang wanita, beberapa penyebabnya kemungkinan adalah :

• Infeksi

Jamur seperti ragi yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran vagina yang menyebabkan keputihan. Ketika wanita terinfeksi jamur maka keputihannya kental dan berwarna putih disertai dengan rasa gatal. Jenis keputihan ini disebut kandidiasis vagina.

• Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum adalah trikomoniasis. Keputihan ini berwarna kehijauan atau kuning.

• Kebersihan Yang Tidak Higienis

Berbagi peralatan mandi terutama toilet umum dapat menyebabkan infeksi pada vagina yang mengakibatkan keputihan. Ini juga dapat diamati ketika lupa melepas tampon atau diafragma. Wanita yang sangat bergantung pada obat-obatan vagina bisa berakibat keputihan berbahaya.

• Masalah Serviks (Leher Rahim)


2 jenis masalah dengan serviks (leher rahim), erosi serviks dan polip serviks dapat menyebabkan keputihan. Jenis keputihan ini biasanya lebih banyak setelah berhubungan seksual. Keputihan berwarna cokelat dan menyerupai darah yang terkoagulasi.

Kenali Gejala Keputihan Berbahaya Pada Wanita

Gejala keputihan berbahaya yang paling menonjol adalah kelainan pada kondisi umum keputihan, seperti :
 
• Warnanya lebih gelap dari biasanya dan kebanyakan berwarna kuning, hijau atau coklat.
Berwarna putih akan tetapi dalam jumlah yang banyak.
• Keputihan yang disertai dengan rasa gatal atau sakit di perut bagian bawah.

Bagaimana Keputihan Berbahaya Didiagnosis?

Jika memiliki gejala, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dengan melakukan tes atau pengujian untuk dianalisis di laboratorium. Sampel urine bisa menjadi salah satu cara untuk mendiagnosis keputihan ini. Pemeriksaan ke dalam vagina juga diperlukan dengan menggunakan spekulum yang digunakan untuk tes atau pengujian pap smear dan mengambil swab.

Bagaimana Keputihan Berbahaya Diobati?


Dalam sebagian besar kasus, keputihan tidak berbahaya dan tidak menunjukkan masalah. Biasanya terjadi pada wanita yang tidak hamil selama ovulasi. Kemungkinan adanya keputihan sebelum menstruasi. Namun jika keputihannya sudah bersifat infeksi dan adanya gejala keputihan berbahaya, seperti ketika cairannya banyak dan menimbulkan ketidaknyamanan, maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Hindari penggunaan celana ketat dan usahakan menjaga agar area vagina tetap bersih dan kering. Jika mengalami jenis keputihan tidak biasa selama kehamilan atau di waktu lain maka segera lakukan pemeriksaan kesehatan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani permasalahan keputihan. Dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Tipe Penyakit Keputihan Wanita Berbahaya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.