Macam Macam Keputihan
Macam Macam Keputihan

Keputihan adalah cairan yang dikeluarkan dari kelenjar kecil di vagina dan serviks (leher rahim). Ada beberapa macam macam keputihan seperti keputihan berwarna putih, keputihan yang jernih dan berair, keputihan yang jernih dan elastis, keputihan yang berwarna coklat dan berdarah dan keputihan yang berwarna kuning atau hijau.

Cairan ini bocor dari vagina setiap harinya untuk mengangkat sel-sel lama dan menjaga vagina dan saluran reproduksi tetap bersih dan sehat. Jumlah keputihan dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Warna, konsistensi dan jumlah juga dapat berubah dari hari ke hari tergantung dalam siklus menstruasi atau tidak.

Apa Yang Dimaksud Keputihan Pada Wanita?

Keputihan paling sering merupakan kejadian normal dan teratur. Namun ada beberapa macam keputihan yang dapat mengindikasikan infeksi. Keputihan yang tidak normal (abnormal) dapat berwarna kuning atau hijau, konsistensinya dan berbau busuk. Ragi atau infeksi bakteri biasanya menyebabkan keputihan yang tidak normal (abnormal). Jika melihat adanya cairan yang terlihat tidak biasa atau berbau busuk, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk didiagnosis dan melakukan pengobatan.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan?


Keputihan normal adalah fungsi tubuh yang sehat. Ini cara tubuh untuk membersihkan dan melindungi vagina misalnya normal untuk keluar dengan gairah seksual dan ovulasi meningkat. Dengan olahraga, penggunaan pil KB dan stress emosional juga dapat menyebabkan keluarnya cairan. Namun keputihan abnormal (tidak normal) biasanya disebabkan oleh infeksi.

Baca Juga : Tipe Penyakit Keputihan Wanita Berbahaya

Beberapa Macam Keputihan Secara Umum

Ada beberapa macam keputihan. Macam macam keputihan ini dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensinya. Beberapa kacam keputihan normal dan yang lainnya kemungkinan menunjukkan kondisi mendasar yang membutuhkan pengobatan. Macam keputihan meliputi :

1. Keputihan Berwarna Putih

Sedikit keputihan, terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi adalah normal. Namun jika keluarnya disertai dengan rasa gatal dan memiliki konsistensi atau penampilan yang menyerupai keju maka itu tidak normal (abnormal) dan memerlukan pengobatan. Macam keputihan ini kemungkinan merupakan tanda infeksi ragi.

2. Keputihan Jernih Dan Berair

Debit yang jernih dan berair sangat normal. Itu bisa terjadi kapan saja dalam 1 bulan. Kemungkinan sangat berat setelah berolahraga.

3. Keputihan Jernih Dan Elastis

Ketika keluarnya bening akan tetapi melar dan seperti lendir, bukan berair itu menunjukkan bahwa kemungkinan berovulasi dan ini adalah keputihan normal.

4. Keputihan Berwarna Coklat Dan Berdarah

Bercak coklat atau berdarah biasanya normal terutama ketika terjadi selama atau tepat setelah siklus menstruasi. Debit yang telat pada akhir menstruasi bisa terlihat berwarna coklat, bukan berwarna merah. Kemungkinan mengalami sejumlah kecil keputihan darah antar periode dan ini disebut bercak. Jika bercak ini muncul selama waktu yang normal saat menstruasi dan baru saja berhubungan seksual tanpa kondom dan ini bisa menjadi tanda kehamilan. Bercak selama fase awal kehamilan bisa menjadi tanda keguguran, oleh karena itu untuk mengetahui lebih jelasnya segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut.
 
Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, keputihan berdarah atau coklat dapat menjadi tanda kanker endometrium atau kanker serviks (leher rahim). Dan bisa menjadi masalah lain seperti fibroid atau pertumbuhan abnormal lainnya. Kondisi ini adalah sebab dari harus melakukan tes atau pengujian panggul (pelvic) setiap tahunnya atau bisa disebut (pap smear). Dokter akan melakukan pemeriksaan kelainan serviks (leher rahim) selama prosedur ini.

5. Keputihan Berwarna Kuning Atau Hijau


Keputihan berwarna kuning atau hijau terutama jika teksturnya tebal atau disertai dengan bau yang tidak enak dan tidak normal perlu ditindak lanjuti. Macam keputihan seperti ini merupakan tanda infeksi trikomoniasis dan biasanya menyebar melalui hubungan seksual.

Macam Macam Keputihan
Macam Macam Keputihan

Keputihan Dan Cara Mendiagnosisnya

Jika keputihan meningkat, berubah warna dan berbau atau tiba-tiba terasa gatal atau iritasi, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Kemungkinan mengalami infeksi jamur, bakteri vaginosis atau trikomoniasis. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosisnya. Tes atau pengujian akan mencakup menanyakan mengenai gejalanya. Dokter akan melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) untuk mencari pembengkakan dari keputihan.

Bagaimana Keputihan Diobati?


Untuk mencegah infeksi, maka harus selalu menjaga kebersihan yang baik dan mengenakan pakaian dalam berbahan katun yang bisa membuat organ kelamin bernapas. Jangan gunakan douche karena dapat memperparah debit dengan menghilangkan bakteri yang berguna. Selalu lakukan seks yang aman dan gunakan kondom untuk menghindari infeksi menular seksual (IMS).

Pengobatan untuk keputihan ini bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terjamin dan terpercaya dalam menangani permasalahan keputihan. Cukup dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di klinik kami. Atau dengan mengkonsultasikannya dengan layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengobati Keputihan yang Gatal?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.