Vaginitis adalah infeksi atau peradangan pada vagina. Penyebab vaginitis pada wanita adalah infeksi jamur atau ragi, Bacterial Vaginosis, Trichomonal vaginitis dan dermatitis alergi atau kontak. Dan dapat menyebabkan rasa gatal dan terbakar, perubahan keputihan dan terkadang rasa sakit saat berhubungan seksual. Vaginitis adalah radang vagina. Peradangan kemungkinan menular atau tidak menular. Sangat umum pada wanita dari segala usia. Ketika dinding vagina menjadi meradang, karena beberapa iritasi telah mengganggu keseimbangan area vagina yang dapat terjadi vaginitis.

Fakta Mengenai Vaginitis Pada Wanita


Vaginitis sering menyebabkan kesulitan dan ketidaknyamanan pada wanita dewasa. Infeksi vagina sering disertai dengan vaginitis yang merupakan peradangan (pembengkakan dan iritasi) pada vagina yang ditandai dengan keluarnya cairan, iritasi dan gatal-gatal. Penyebab vaginitis pada wanita tidak dapat ditentukan secara memadai hanya berdasarkan gejala atau pemeriksaan fisik. Selain itu, gejala ini dapat menutupi keberadaan penyakit menular seksual (PMS). Tes atau pengujian di laboratorium memungkinkan evaluasi mikroskopis cairan vagina yang diperlukan untuk diagnosis yang benar.

Baca Juga : Fakta Mengenai Vaginitis Pada Wanita

Penyebab Vaginitis Pada Wanita Yang Harus Diketahui

Penyebab vaginitis pada wanita yaitu bakteri, ragi, virus, bahan kimia dalam spray dan bahkan pakaian dapat menyebabkan vaginitis. Terkadang penyebab vaginitis pada wanita terjadi dari organisme yang ditularkan diantara pasangan seksual. Sejumlah faktor penyebab vaginitis pada wanita yang berbeda dapat mempengaruhi kesehatan vagina. Ini termasuk kesehatan secara keseluruhan, kebersihan pribadi, obat-obatan, hormon estrogen dan kesehatan pasangan seksual. Perubahan faktor-faktor ini dapat memicu vaginitis.

Inilah Gejala Vaginitis Pada Wanita Yang Umum

Gejala vaginitis dapat meliputi :
 
• Perubahan keputihan normal termasuk keputihan berwarna abu-abu, hijau atau kuning.
• Kemerahan vagina, bengkak, gatal dan sakit.
• Bau vagina.
• Terbakar saat kencing.
• Nyeri atau perdarahan saat berhubungan seksual.

Vaginitis Pada Wanita Dan Cara Mendiagnosisnya


Dokter akan memeriksa kemerahan dan pembengkakan vagina dan akan mengambil sampel keputihan. Sampel dapat diuji di laboratorium untuk melihat apa yang menyebabkan masalahnya. Karena vaginitis sering menimbulkan beberapa tanda dan gejala tertentu, dokter tidak dapat mendiagnosisnya dengan pemeriksaan rutin. Infeksi vagina didiagnosis dengan pemeriksaan cairan vagina di bawah mikroskop untuk mendeteksi jamur. Prosedur ini melibatkan pemeriksaan ginekologis dimana dokter mengambil sampel sekresi vagina.

Obati Vaginitis Pada Wanita Sebelum Terlambat

Jika sedang hamil, konsultasikan dengan dokter jika memiliki gejala. Beberapa masalah dapat mempengaruhi kehamilan, jadi Anda harus mendapatkan pengobatan yang tepat.

• Infeksi Ragi

Jika pernah mengalami infeksi jamur dan dapat mengenali gejalanya dan tidak sedang hamil, pengobatannya dengan obat-obatan antijamur dan dapat dimasukkan ke dalam vagina atau dokter akan meresepkan pengobatan untuk mengobati infeksi.

• Vaginosis Bakteri

Dokter biasanya menggunakan antibiotik untuk mengobati masalah ini. Ini biasanya masalah yang ringan. Akan tetapi dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, jadi sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

• Trikomoniasis

Infeksi ini juga diobati dengan antibiotik. Anda dan pasangan seksual Anda memerlukan pengobatan.

• Vaginitis Atrofi


Biasanya dilakukan pengobatan yang berhubungan dengan hormon estrogen.

Semua pengobatan itu Anda bisa dapatkan di Klinik Utama Gracia. Anda tidak perlu khawatir karena biaya pengobatan yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Dengan pelayanan yang sangat baik, lebih cepat dilakukan pengobatan maka akan cepat disembuhkan. Namun jia hanya ditunda-tunda hanya akan memperburuk keadaan Anda sendiri. Untuk mempermudah Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Keputihan Disertai Gatal? Waspada Bisa Jadi Gejala Vaginitis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.