Cara mengobati keputihan yang gatal bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli. Keputihan merupakan hal wajar yang pasti dialami oleh semua wanita. Keluarnya cairan keputihan ini bertujuan untuk menbersihkan organ kelamin dan mencegah munculnya infeksi. Normalnya, organ kelamin mengeluarkan cairan keputihan dengan warna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Namun, jika keputihan sudah menyebabkan rasa gatal dan bau di sekitar alat vital, maka bisa mengindikasikan adanya penyakit menular seksual.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Keputihan Gatal


Penyebab seorang wanita merasakan gatal ketika keputihan terjadi adalah infeksi bakteri jamur, maupun parasit. Keputihan yang disertai dengan rasa gatal biasanya merupakan salah satu tanda jika tubuh sudah terinfeksi oleh penyakit tertentu, pada masa menopause, serta mengalami iritasi zat, seperti sabun pembersih organ kelamin. Beberapa alasan mengapa organ kelamin terasa gatal saat keputihan berlangsung, antara lain:

• Infeksi Bakteri

Bakteri yang menginfeksi bagian organ kelamin wanita ini bernama bacterial vaginosis. Bakterial vaginosis mengakibatkan infeksi karena adanya ketidakseimbangan bakteri anaerob di dalam tubuh. Bakteri anaerob akan meningkat sehingga menyebabkan keputihan disertai dengan bau menyengat, tidak nyaman di sekitar organ kelamin, dan perih atau gatal.

• Infeksi Parasit

Tubuh yang telah terinfeksi parasit bernama trikomoniasis akan menyebabkan keputihan menjadi berwarna kuning, hijau, serta mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, parasit ini juga bisa mengakibatkan organ kelamin mengalami peradangan dan rasa gatal yang tidak bisa ditahan. Penularan parasit jenis ini mudah terjadi melalui kontak seksual dan berbagi handuk yang sama.

• Infeksi Jamur

Infeksi ini mengakibatknan keputihan berwarna putih, seperti keju, adanya sensasi panas atau terbakar, dan rasa gatal di sekitar organ kelamin. Keberadaan jamur di organ kelamin wanita ini sebenarnya adalah yang normal, namun akan berbahaya jika sudah tumbuh dan berkembang biak. Munculnya jamur dapat diakibatkan karena menggunakan obat kontrasepsi, adanya penyakit diabetes, stres, dan juga kehamilan.

• Penyakit Menular Seksual

Risiko keputihan yang gatal dapat meningkat jika seorang wanita juga menderita penyakit menular seksual. Beberapa penyakit menular seksual tersebut, seperti klamidia dan gonore. Kedua penyakit ini akan menyebabkan keputihan yang gatal, berubahnya cairan menjadi kehijauan, kental, dan berbau tidak sedap.

Baca juga: Indikasi Penyakit Akibat Keputihan Warna Hijau

 

Gejala Keputihan Lain yang Menyertai

Keputihan yang gatal merupakan salah satu ciri keputihan tidak normal. Keputihan yang tidak nomal bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Karena itu, Anda harus mengetahui beberapa gejala lainnya yang menyertai masalah keputihan ini. Tanda atau ciri keputihan tidak normal yang sudah berbahaya, meliputi:


• Kemerahan pada sekitar organ kelamin.
• Munculnnya bau menyengat yang tidak sedap.
• Cairan keputihan berwarna kuning kehijauan.
• Tekstur keputihan tebal dan lengket.
• Keputihan disertai dengan bercak darah.

Cara mengobati keputihan yang gatal dapat ditangani dengan melakukan perawatan dengan mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Selain itu, cara mengobati keputihan yang gatal adalah dengan melakukan tindak pencegahan, seperti menjaga organ kelamin tetap bersih serta kering, tidak menggunakan pembersih organ kelamin dengan kandungan kimia, kenakan pakaian dalam yang nyaman, dan hindari penggunaan bedak pada organ kelamin. Beberapa cara mencegah keputihan yang gatal, dapat berupa:

• Rutin konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.
• Hindari berendam di dalam air panas terlalu lama.
• Bersihkan organ kelamin dengan menggunkan air hangat.
• Ganti pembalut ketika haid secara rutin dan teratur.

Keputihan Gatal dan Cara Mendiagnosisnya


Cara mendiagnosis keputihan yang gatal biasanya akan diawali oleh dokter dengan menanyakan beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan, yaitu seputar gejala dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Dokter juga memungkinkan untuk menayakan bagaimana riwayat hubungan seksual yang dimiliki, kapan pertama kali masalah keputihan muncul, dan ada tidaknya rasa gatal atau nyeri. Selanjutnya, pemeriksaan fisik baru akan dilakukan, yakni dengan mengambil sejumlah cairan keputihan dari penderitanya. Cairan tersebut dapat diperoleh melalui pemeriksaan pap smear yang kemudian dianalisis di laboratorium.

Apa Saja Penanganan Pada Masalah Keputihan?


Cara mengobati keputihan yang gatal memerlukan penanganan khusus. Selain perawatan bersama dokter, cara mengobati keputihan yang gatal dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Beberapa penanganan yang bisa diterapkan, antara lain:

• Kompres air dingin

Peradangan akan memunculkan rasa gatal di sekitar organ kelamin. Karena itu, cara mengobati keputihan yang gatal dapat dilakukan dengan mengompres menggunakan air dingin. Air dingin yang sudah berbalut kain berguna untuk meredakan gatal dan pembengkakan di sekitar organ kelamin. Gejala keputihan akan menghilang dalam beberapa hari jika melakukan penanganan secara rutin.

• Gunakan pelindung

Keputihan yang gatal sering kali diakibatkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Bakteri atau jamur ini mudah menular melalui hubungan seksual yang tidak aman. Karena itu, untuk menghindari penularan hingga menyebabkan masalah keputihan, Anda dan pasangan disarankan menggunakan pelindung atau kondom

• Periksakan dengan dokter

Cara mengobati keputihan yang gatal dan tak kunjung membaik, adalah dengan berkonsultasi bersama dokter. Keputihan yang disertai dengan kemerahan, bengkak, serta perih saat buang air kecil sebaiknya diperiksakan dengan segera. Dokter akan memberikan cara mengobati keputihan yang gatal serta perawatan tepat berdasarkan penyebab keputihan yang terjadi.

Untuk mengetahui cara mengobati keputihan yang gatal adalah berkonsultasi secara online dan gratis bersama Klinik Utama Gracia. Klinik ini merupakan salah klinik kesehatan yang menangani masalah kulit dan kelamin, termasuk keputihan gatal pada wanita. Untuk infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555. Semakin dini penanganan dilakukan, maka risiko komplikasi serius dapat dihindari.

Baca juga: Wanita, Simak Penyebab Keputihan Coklat Kental

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.