Semua wanita pasti sudah mengetahui dan paham apa itu penyakit keputihan pada wanita. Keputihan adalah kondisi alami yang terjadi pada setiap wanita dan berfungsi untuk membersihkan serta melindungi organ kelamin wanita dari infeksi.

Ketika mengalami keputihan, normalnya wanita akan mengelurkan lendir dari organ kelamin wanita. Lendir ini berguna untuk membawa keluar sel-sel mati serta bakteri yang telah diproduksi kelenjar dalam organ kelamin wanita.

Apa Saja Penyebab Keputihan Pada Wanita?

Keputihan yang sering terjadi biasanya disebabkan karena adanya infeksi berbagai jenis jamur. Jamur akan berkembang menjadi infeksi karena kurangnya menjaga kebersihan di area organ kelamin wanita. Selain itu, penyebab lain dari keputihan bisa berasal dari ketidakseimbangan kuman pada organ kelamin wanita baik dari hormon dan obat-obatan.

Ini Dia Gejala yang Timbul dari Penyakit Keputihan Pada Wanita


Cairan yang dikeluarkan dari keputihan pada wanita biasanya kental, berbau, dan berubah warna. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa gatal, nyeri pada saat buang air kecil, pendarahan saat menstruasi, dan pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

Keputihan lebih sering dikarenakan adanya infeksi dari jamur sehingga menyebabkan kemerahan di luar organ kelamin wanita. Jika keputihan disebabkan oleh bakteri, biasanya berwarna keabu-abuan dan berbau amis. Selain itu, ada pula keputihan yang menimbulkan rasa nyeri pada tunggal panggul.

Berbeda dengan jamur dan bakteri, gejala keputihan yang ditumbulkan akibat penyakit menular seksual biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan, berbuih, berbau amis, dan rasa perih ketika buang air kecil.

Baca Juga : Punya Keputihan Berbau Busuk? Ini 5 Penyebabnya

 

Diagnosis Penyakit Keputihan Pada Wanita

Dokter akan mendiagnosis penyebab penyakit ini dengan konsultasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang lainnya. Dokter akan menanyakan gejala apa yang sering dirasakan, sejak kapan mulai keputihan, dan obat yang sering dikonsumsi. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengurangi rasa gatal akibat keputihan.

Bagaimana Pencegahan Penyakit Keputihan Pada Wanita?


Keputihan adalah keadaan yang pasti pernah dialami oleh wanita. Namun, terkadang banyak wanita yang merasa tidak nyaman dan percaya diri meskipun sudah melakukan perawatan. Untuk itu, berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan agar terhindar dari keputihan :

• Membersihkan Organ Kelamin Wanita tanpa Sabun

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan wanita adalah membersihkan area intim dengan menggunakan sabun. Padahal hal itu yang justru dapat mengundang bakteri masuk melalui sabun yang digunakan.

• Membersihkan Organ Kelamin Wanita dari Arah yang Salah

Kebiasaan membersihkan organ kelamin wanita dari arah belakang ke depan ternyata bisa menyebabkan Anda menderita penyakit keputihan pada wanita. Cara yang paling tepat untuk membersihkan organ intim adalah dari arah depan ke belakang agar bakteri yang berasal dari anus tidak masuk ke area organ kelamin wanita.

• Keringkan Organ Kelamin Setelah Buang Air

Setelah buang air kecil ataupun besar, sebaiknya bersihkan segera dengan handuk bersih atau tisu kering. Hal ini bisa mencegah bakteri berkembang biak karena keadaan organ kelamin yang lembab.

• Pilihlah Celana Dalam yang Tepat

Menggunakan celana dalam yang tepat juga dapat mengurangi Anda terkena keputihan. Celana dalam yang disarankan untuk kenyamanan organ kelamin adalah celana yang berbahan dasar katun.

Penanganan Penyakit Keputihan Pada Wanita

Penanganan penyakit keputihan pada wanita biasanya dengan membersihkan bagian luar organ intim kewanitaan secara teratur, terutama saat menstruasi dan setelah berhubungan seksual. Namun, jika hal ini masih dianggap kurang, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter. Keputihan yang berulang dapat dihindari dengan menggunakan antibiotik atau antiseptik yang diberikan oleh dokter.

Tempat yang Cocok untuk Menyembuhkan Penyakit Keputihan Pada Wanita

Klinik kesehatan khusus penyakit kelamin sudah banyak menjamur di Jakarta. Salah satu klinik terbaik yang ada sekarang ini adalah Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klinik terpecaya yang bergerak di bidang Ginekologi, Andrologi, dan Penyakit Kelamin.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi tim medis Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555. Anda juga dapat melakukan konsultasi penyakit kelamin lainnya langsung dengan dokter ahli di klinik kami dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Apakah Keputihan Kental dan Gatal Merupakan Keputihan yang Normal?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.