Images By: Medicalnewstoday
 
Banyak wanita yang tidak mengetahui apa saja ciri radang panggul, padahal ini termasuk jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang hanya menyerang kaum wanita, sehingga sangat penting bagi wanita untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai radang panggul.
 
Tahukah Anda, bahwa ciri ciri radang panggul pada wanita mudah untuk diketahui. Namun, karena kurangnya informasi tentang penyakit ini, maka tidak jarang wanita yang menderita gangguan ini mengalami komplikasi akibat kondisi yang sudah semakin buruk.

Mengenal Penyakit Radang Panggul Pada Wanita


Radang panggul atau dikenal juga dengan Pelvic Inflammatory Disease (PID) adalah sebuah infeksi yang menyerang organ reproduksi wanita bagian panggul, seperti leher rahim, saluran indung telur, dan rahim. Kondisi ini juga termasuk salah satu komplikasi akibat penyakit tertentu.
 
Dan tahukah Anda bahwa penyakit radang panggul sering menyerang wanita di usia mulai 15 hingga 24 tahun. Terlebih, pada mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Karena, seringnya wanita menderita radang panggul disebabkan oleh komplikasi penyakit kelamin yang di derita.
 
Namun, sayangnya pada beberapa penderita tidak memiliki ciri ciri radang panggul, sehingga mereka terlambat mengetahui bahwa mereka memiliki radang panggul dan terlambat melakukan penanganan, sehingga mengakibatkan kondisi yang lebih buruk.

Apakah yang Menyebabkan Wanita Mengalami Radang Panggul?


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa radang panggul terjadi akibat adanya komplikasi dari penyakit kelamin yang menyerang wanita. Biasanya, jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri, seperti gonore dan klamidia sering menjadi penyebabnya.

Baca Juga: 7 Penyakit Kelamin Paling Wanita Paling Bahaya di Dunia

Bakteri gonore yang tidak ditangani dengan benar akan terus berkembang dan menginfeksi bagian panggul atau leher rahim, sehingga menyebabkan peradangan pada area tersebut dan mengakibatkan wanita mengalami radang panggul.

Seorang wanita juga akan meningkatkan risiko untuk terinfeksi apabila memiliki aktivitas seks bebas. Selain itu hubungan seks yang dilakukan sejak usia dini dan sering berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual hingga sering bergonta-ganti pasangan menjadi faktor utama untuk meningkatkan risiko infeksi.

Tidak hanya itu, tindakan pengobatan yang tidak tepat dalam melakukan pengobatan penyakit kelamin akan berdampak pada komplikasi yang mengakibatkan peradangan pada area panggul. Sebaiknya, Anda mengenali setiap ciri radang panggul dan segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

7 Ciri-Ciri Radang Panggul Ini Perlu Anda Waspadai

 
Banyak wanita yang tidak mengetahui, apa saja ciri ciri radang panggul yang sedang mereka alami. Hal ini sering terjadi akibat kurangnya informasi mengenai penyakit radang panggul. Namun, Anda tak perlu khawatir karena berikut di bawah ini Kami akan menjelaskan 7 ciri radang panggul pada wanita, diantaranya:


1. Terasa nyeri pada perut bagian bawah.

2. Seringkali merasakan nyeri dan sakit pada bagian panggul.

3. Mengalami siklus menstruasi yang tidak normal.

4. Mengeluarkan cairan keputihan tidak normal, seperti cairan yang disertai dengan bau tidak sedap.

5. Terasa sakit ketika berhubungan seksual.

6. Mengalami pendarahan diluar periode menstruasi.

7. Terasa sakit dan nyeri saat buang air kecil.

Namun, sayangnya kebanyakan wanita yang tidak menyadari, bahwa sebenarnya mereka memiliki ciri ciri radang panggul dan kondisi ini sering terjadi, akibat gejala penyakit radang panggul akan muncul seperti kondisi normal.

Namun, perlu diketahui bahwa pendarahan diluar masa menstruasi dan keputihan yang tidak normal menjadi ciri dan gejala utama dari kondisi ini.

Mungkin, beberapa di antara wanita pernah mengalami pendarahan di luar masa menstruasi dan darah yang sangat banyak saat sedang haid, Maka kondisi seperti ini termasuk ciri ciri radang panggul.

Baca Juga: Keputihan Warna Kuning Di Celana Dalam Bahayakah?

Beberapa wanita juga akan mengalami gejala maupun ciri-ciri yang ditandai dengan keputihan yang berubah warna menjadi kuning kehijauan dan biasanya disertai dengan bau yang tidak sedap, serta cairan keputihan yang encer dan sangat kental.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, maka segera periksakan diri Anda dengan dokter ahli ginekologi secepat mungkin untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih berbahaya.

 Apakah Radang Panggul Berbahaya?


Umumnya, radang panggul bukan kondisi yang berbahaya, karena, ini termasuk jenis penyakit yang dapat disembuhkan. Namun, meskipun begitu radang panggul tetap berbahaya apabila tidak dilakukan penanganan sejak dini dan pengobatan yang tidak sesuai akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Wanita yang menderita radang panggul dan tidak melakukan penanganan apapun akan berdampak pada kondisi organ reproduksinya yang mempengaruhi kehamilan menjadi ektopik atau hamil diluar kandungan. Bahkan, radang panggul dapat mengakibatkan infertilitas (ketidak suburan).


Bagaimana Cara Mencegah Radang Panggul?


Tentunya, banyak wanita yang sudah menderita radang panggul akan mencari informasi mengenai pencegahan terhadap radang panggul yang mereka derita agar tidak menjadi komplikasi yang berbahaya. Tidak hanya itu, penting juga bagi wanita yang belum terinfeksi untuk mengetahui pencegahannya.

Bagi Anda yang sudah aktif berhubungan seksual, maka sebaiknya hindari aktivitas seks yang bebas dan berisiko tinggi untuk menyebabkan Anda terinfeksi oleh berbagai jenis penyakit kelamin. Sebaiknya, lakukan hubungan seks hanya dengan satu pasangan seks yang terhindar dari penyakit menular seksual (PMS) jenis apapun.

Jika Anda memiliki ciri ciri penyakit kelamin, maka segera periksakan diri Anda dengan dokter. Pemeriksaan dan penanganan di awal dapat menjadi bentuk pencegahan komplikasi yang berdampak pada penyakit radang panggul.


Langkah Pengobatan Radang Panggul Secara Tepat Dan Aman


Banyak yang tidak mengetahui, bahwa setelah wanita positif terinfeksi radang panggul maka mereka langsung melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran tanpa adanya resep dari dokter padahal hal tersebut sangat tidak disarankan oleh medis. Karena dengan melakukan tindakan pengobatan yang salah dan tidak tepat dapat menyebabkan pasien yang lebih parah.

Hal ini dapat terjadi, karena infeksi yang tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan bakteri berkembang menjadi semakin besar dan mengakibatkan komplikasi.

Selain itu pengobatan yang tidak tepat dapat menyebabkan wanita untuk menderita infeksi berulang. Seseorang yang terinfeksi dan sudah melakukan pengobatan memiliki risiko untuk menderita infeksi ini kembali akibat langkah pengobatan yang tidak sesuai.

Untuk itu, jika Anda memiliki ciri radang panggul maka segera periksakan diri Anda dengan Klinik Utama Gracia. Kami memiliki dokter ahli ginekologi yang sudah berpengalaman dalam membantu mengatasi masalah radang panggul pada wanita.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit dan perkembangan bakteri. Setelah dokter mengetahui kondisi Anda, maka akan lebih mudah untuk memberikan obat ataupun tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan yang Anda derita.

Sehingga, tindakan pengobatan seperti ini lebih tepat dan tentunya aman. Jika, Anda membutuhkan informasi lain mengenai ciri ciri radang panggul dan pengobatan radang panggul, segera hubungi tim medis Klinik Utama Gracia melalui 081336361555 atau melalui tombol konsultasi atas ini.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.