Apakah Anda pernah mengalami keputihan berwarna kuning? Jika ya maka Anda harus mewaspadai hal tersebut karena ciri keputihan yang berbahaya dan ada baiknya jika Anda mengalami salah satu jenis keputihan berbahaya maka segeralah konsultasikan kepada tim medis.

Perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan biasanya berbentuk lendir yang dihasilkan dari leher rahim, atau dihasilkan pada pembukaan rahim dan keluar cairan keputihan merupakan bagian yang sepenuhnya normal dari kehidupan wanita dan merupakan cara agar Miss V dapat selalu bersih dan menjaga agar tetap sehat.

Selain itu jumlah cairan keputihan yang diproduksi dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita yang lainnya dan juga berubah secara teratur berdasarkan di mana seorang wanita berada di dalam siklus haidnya.

Baca Juga: Keluar Keputihan Putih Susu, Apa Normal?

Bahkan pada beberapa wanita bisa memiliki cairan keputihan yang lebih tebal tepat sebelum mereka mendapatkan menstruasi dan pada beberapa wanita yang lain mungkin melihat cairan keputihan encer ketika mereka sedang berovulasi.

Sehingga, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui ciri keputihan yang normal (fisiologis) dan tidak normal (Patologis), karena keputihan yang berbahaya bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu, lalu apa sajakah ciri-ciri keputihan yang berbahaya?

3 Ciri-Ciri Keputihan yang Berbahaya Salah Satunya Warna Kuning


Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda melihat keputihan Anda telah berubah warna dan konsistensi atau telah mengembangkan bau yang tidak normal, maka Anda harus ke dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia. Karena mungkin saja Anda mengalami infeksi ringan tetapi bisa juga merupakan tanda adanya infeksi menular seksual (IMS).

Bahkan Dr Beckett mengatakan: "Setiap perubahan tiba-tiba pada cairan keputihan pada wanita dapat mengindikasikan adanya infeksi pada Miss V.

"Tanda-tanda peringatan infeksi termasuk perubahan warna atau konsistensi, bau busuk yang tiba-tiba, jumlah kotoran yang luar biasa besar, gatal di luar Miss V, nyeri pada panggul atau perut, atau pendarahan yang tak terduga dari Miss V, seperti yang Kami kutip dari Situs TheSun

"Jadi jika seorang wanita tidak yakin apakah cairan keputihan nya normal atau tidak normal, maka dia harus mengunjungi dokter” ucapnya.

Selain itu menurut Dr Nina Brochmann dan Ellen Støkken Dahl yang Kami kutip dari situs TheSun mendiskusikan dalam buku baru mereka 'The Wonder Down Under: Panduan Pengguna untuk Vagina'.

Dalam bukunya pasangan ini mengidentifikasi lima aroma dan warna yang berbeda yang berfungsi sebagai indikasi adanya infeksi, penyakit menular seksual atau dalam kasus yang jarang terjadi, kanker.

Anda juga masih bisa untuk membedakan mana jenis keputihan yang normal dan mana jenis keputihan yang berbahaya dengan mengetahui ciri-ciri maupun tandanya dan berikut di bawah ini penjelasannya:


1. Cairan Keputihan Berwarna Kuning

Ciri-Ciri keputihan yang berbahaya yang pertama adalah keluarnya cairan keputihan berwarna kuning dan keputihan hijau yang berarti pertanda adanya infeksi dan jenis keputihan ini bisa menunjukan gejala gonore atau kencing nanah.

Dan menurut Badan Kesehatan Masyarakat Inggris gonore adalah salah satu IMS yang paling umum di Inggris. Selain itu biasanya keputihan ini memiliki bau busuk yang tidak normal seperti keputihan kuning tebal.

Baca Juga: Apakah Bahaya Punya Keputihan Berwarna Kuning?

Karena IMS atau penyakit menular seksual dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan dalam beberapa kasus dan cairan keputihan berwarna kuning dapat disebabkan karena transmisi saat berhubungan seks.

- Ciri-Ciri Keputihan Kuning yang Disebabkan Gonore:

Keputihan berwarna kekuningan bersamaan dengan bau busuk, perdarahan, vulva membengkak, sensasi terbakar, daerah terasa panas, hubungan seksual yang menyakitkan, demam dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejalanya dan bantuan medis segera harus dicari dalam kasus Gonore.

- Ciri-Ciri Keputihan Kuning yang Disebabkan Chlamydia:

Chlamydia disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Chlamydia trachomatis dan dapat terjadi pada wanita dari segala usia dan dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Jika terjadi selama kehamilan maka keputihan yang berbahaya ini ditandai dengan keputihan kuning dan memiliki aroma bau asam dan juga dapat menyebabkan pembengkakan dan gatal pada labia.

- Ciri-Ciri Keputihan Kuning yang Disebabkan Trikomoniasis

Ciri-ciri keputihan yang berbahaya yang disebabkan oleh trikomoniasis adalah cairan keputihan yang berwarna kuning kehijauan yang dibarengi dengan masalah buang air kecil dan rasa sakit selama hubungan seksual dan dapat menyebabkan iritasi pada alat kelamin.

 


2. Cairan Keputihan Berbau Amis

Ciri keputihan yang berbahaya selanjutnya adalah keputihan berbau amis atau bau seperti ikan dan umumnya disebabkan oleh adanya bakteri vaginosis, bahkan satu dari tiga wanita usia subur dikatakan menderita pada suatu saat dalam hidup mereka.

Bakteri vaginosis juga disebut sebagai vaginitis nonspesifik, adalah kondisi vagina yang dapat menghasilkan keputihan dan hasil dari pertumbuhan berlebih dari jenis bakteri tertentu pada Miss V.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Keputihan Berbau Amis

Dan terdapat fakta bahwa ada sejumlah spesies bakteri yang secara alami hidup di daerah Miss V dan dapat tumbuh berlebih, daripada infeksi yang sebenarnya dengan bakteri asing, seperti terjadi dengan banyak penyakit menular seksual.

Ciri-Ciri Maupun Tanda Keputihan yang Disebabkan Oleh Bakteri Vaginiosis:

Tahukah Anda bahwa kebanyakan wanita dengan bakteri vaginosis mungkin tidak memiliki ciri-ciri, tanda atau gejala sama sekali dan ketika gejala memang terjadi, yang paling umum termasuk:

- Memiliki jumlah keputihan yang abnormal.

- Keputihan tipis dan putih keabu-abuan.

- Bau pada Miss V seperti cairan berbau busuk atau bau amis.

- Keluar cairan berbau setelah melakukan hubungan seksual

- Terasa nyeri saat hubungan seksual atau buang air kecil yang terasa sakit

- Gejala vaginosis bakteri, jika ada dapat terjadi kapan saja dalam siklus menstruasi, termasuk sebelum, selama, atau setelah periode menstruasi dan jumlah keputihan yang dianggap normal bervariasi dari wanita ke wanita.


3. Cairan Keputihan Seperti Keju Cottage

Ciri-Ciri keputihan yang berbahaya selanjutnya adalah cairan keputihan yang seperti keju cottage dan dalam kebanyakan kasus disebabkan oleh adanya infeksi jamur dan biasanya cairan keputihan tersebut dibarengi dengan rasa gatal.

Meskipun cairan keputihan ini sangat mengganggu atau memalukan, akan tetapi infeksi jamur pada Miss V sangat umum pada wanita, bahkan diperkirakan bahwa 75% dari semua wanita akan memiliki setidaknya satu dalam hidupnya, dan 40% -45% akan memiliki banyak kasus.

Meskipun infeksi ragi dapat terjadi pada siapa saja kapan saja, ada hal-hal tertentu yang membuat mereka lebih mungkin dan sebagian besar infeksi dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah.

Ciri-Ciri Keputihan yang Disebabkan Oleh Jamur

- Terasa gatal dan tidak nyaman adalah ciri-ciri utama infeksi ragi.

- Terasa seperti terbakar, kemerahan, dan pembengkakan pada Miss V dan vulva.

- Rasa sakit atau terbakar ketika berkemih.

- Nyeri saat berhubungan seks

- Cairan Keputihan berwarna embun, putih, tidak berbau, mirip dengan keju cottage

Jika Anda berpikir Anda memiliki infeksi ragi, maka sudah saatnya temui dokter Kami di Klinik Utama Gracia dan jangan mengobatinya sendiri karena sangat dikhawatirkan bisa memperburuk keadaan.

Selain itu ciri-ciri maupun gejala-gejala infeksi ragi mirip dengan yang lain dan bisa jadi merupakan kondisi yang lebih serius, termasuk infeksi menular seksual dan vaginosis bakteri. Sehingga diagnosis yang akurat sangat penting dilakukan sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan terbaik.


Saya Mengalami Keputihan yang Berbahaya, Bagaimanakah Cara Mengobatinya?

Jika Anda memiliki salah satu ciri-ciri keputihan yang berbahaya seperti di atas tadi maka ada baiknya untuk segera mengobatinya, karena jika dibiarkan terlalu lama tanpa adanya pengobatan maupun perawatan yang tepat sangat dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan.

Dan biasanya sebelum dokter mengobati Anda, dokter terlebih dahulu akan menanyakan gejala maupun riwayat Anda kemudian dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan cairan keputihan, pemeriksaan daerah kelamin eksternal dan penyisipan spekulum untuk memeriksa dinding Miss V dan leher rahim.

Akan tetapi pemeriksaan bisa saja berbeda tergantung pada satu orang ke orang lainnya, kemudian dokter akan mengambil sampel dari cairan keputihan untuk untuk diperiksa di bawah mikroskop untuk membantu menentukan penyebab keputihan Anda, lalu dimanakah saya bisa memeriksakan kondisi tersebut?

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan atau perawatan di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Ginekologi yang didukung dengan tim medis yang kompeten dan peralatan medis yang modern.

Dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi chat online dengan mengklik tombol chat online di atas ini atau bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia dan semoga saja artikel tentang keputihan yang berbahaya dapat bermanfaat buat Kita semua.


Panduan Penting 

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.