Ladies, Apakah Anda mengetahui apa saja gejala vaginitis? Karena belum banyak wanita yang mengetahui gejala dari gangguan ini, padahal vaginitis salah satu gangguan yang terjadi pada Miss V yang harus di waspadai setiap tanda dan gejalanya.

Banyaknya, wanita yang tidak mengetahui setiap gejala dari vaginitis menyebabkan wanita membiarkan kondisi ini begitu saja tanpa melakukan pengobatan sehingga mengakibatkan komplikasi yang buruk pada kesehatan.

Karena itulah, sangat penting untuk Anda mengetahui apa saja tanda dan gejalanya berikut ini informasinya untuk Anda dan ada banyak infeksi lain yang bisa terjadi pada vagina salah satunya vaginitis.

Baca Juga: Apakah Normal Keluar Keputihan Putih Susu?

Perlu Anda ketahui bahwa vaginitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada organ intim wanita dan kondisi ini dapat terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan penyakit menular seksual.

Meskipun begitu, vaginitis merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi pada wanita, namun sangat penting untuk Anda mengetahui apa saja gejala vaginitis untuk mencegah terjadinya komplikasi.

 

Waspada, Inilah Penyebab Vaginitis Pada Wanita



Tahukah Anda bahwa ada banyak kondisi yang menyebabkan vaginitis dan biasanya ini tergantung pada jenis vaginitis yang Anda alami dan berikut di bawah ini beberapa infeksi yang umum menjadi penyebab vaginitis diantaranya:

- Bakteri Vaginosis
Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab vaginitis yaitu ketidak seimbangan bakteri yang terdapat pada vagina dan salah satunya adalah adanya ketidakseimbangan bakteri yang bernama Bakteri Vaginosis.

Pertumbuhan bakteri buruk yang lebih banyak dibanding dengan bakteri baik akan mengakibatkan ketidakseimbangan bakteri pada Miss V sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri vaginosis yang berlebihan dan selanjutnya menjadi salah satu penyebab vaginitis.

- Penyakit Menular Seksual
Penyebab vaginitis selanjutnya adalah karena adanya Trikomoniasis adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya bakteri dan biasanya akan mengakibatkan terjadinya infeksi vagina seperti vaginitis.

Namun, sayangnya kebanyakan wanita yang mengalami penyakit ini tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami gejala vaginitis.

- Adanya Infeksi Jamur
Tahukah Anda bahwa pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans pada Miss V dapat menyebabkan infeksi pada Miss V?

Biasanya, jamur ini mudah menginfeksi Miss V yang lembab dan menyebabkan terjadinya vaginitis, karena itulah mengapa sangat penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan organ intimnya.

 

Keluar Cairan Keputihan Disertai Gatal? Waspada Bisa Jadi Gejala Vaginitis

 

Umumnya, gejala vaginitis selalu mengakibatkan terjadinya keputihan tidak normal dan kaum wanita yang menderita vaginitis akan mengalami keputihan yang disertai dengan rasa gatal bisa menjadi salah satu gejala vaginitis dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala yang umum terjadi diantaranya:

- Keluar Cairan Keputihan Abnormal
Perlu Anda ketahui bahwa keluarnya keputihan yang tidak normal juga dipengaruhi jika wanita mengalami vaginitis.

Selain itu cairan keputihan berwarna abu-abu dan disertai dengan rasa gatal biasanya disebabkan oleh adanya bakteri vaginosis.

Selanjutnya, keputihan yang berwarna kuning kehijauan disertai bau busuk biasanya gejala vaginitis ini disebabkan oleh adanya penyakit menular seksual trikomoniasis.

- Sering Merasa Gatal-Gatal Pada Miss V
Selain wanita sering mengeluarkan cairan keputihan, biasanya gejala vaginitis terasa gatal-gatal dan terasa nyeri yang terjadi pada vagina.

Tentunya kondisi ini akan menyebabkan rasa tidaknyaman yang sangat menyiksa dan tidak sedikit wanita yang menggaruk area Miss V yang terasa gatal sehingga menyebabkan iritasi yang semakin parah.

Baca Juga: Punya Keputihan Berbau Amis Begini Cara Mengatasinya

- Miss V Terasa Panas Seperti Terbakar
Gejala vaginitis selanjutnya adalah Miss V akan terasa panas yang seperti terbakar yang umumnya akan terjadi pada vagina dan umumnya wanita yang mengalami kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi candidiasis.

- Bengkak Pada Vulva Dan Vagina
Gejala vaginitis selanjutnya adalah mengalami pembengkakan pada bagian vulva dan pada vagina yang menimbulkan rasa sakit dan terkadang saat buang air kecil akan mengalami kesulitan disertai nyeri.

- Terasa Tidak Nyaman Saat Melakukan Hubungan Seks
Tahukah Anda bahwa kaum wanita yang mengalami vaginitis akan mengalami ketidaknyamanan saat berhubungan seksual dan beberapa kasus akan menyebabkan pendarahan di luar masa menstruasi? Sehingga, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter jika mengalami gejala seperti di atas.


Apakah Vaginitis Dapat Menular?


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa vaginitis merupakan peradangan atau iritasi pada vagina dan gangguan ini tidak bersifat menular.

Hanya saja, beberapa penyebab gangguan ini dapat terjadi karena infeksi menular seksual dan tentu saja dapat menular karena umumnya penyakit menular seksual ditularkan melalui berbagai macam aktifitas seksual.

Sebaiknya Anda menghindari melakukan hubungan seksual saat mengalami gejala vaginitis dan hal sederhana ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan infeksi.

 

Inilah Beberapa Kondisi Yang Bisa Mengurangi Risiko Vaginitis

 

Menjaga kebersihan organ kewanitaan menjadi salah satu faktor penting yang harus dilakukan, karena umumnya wanita yang tidak menjaga kebersihan pada Miss V akan sangat mudah untuk terinfeksi berbagai penyakit dan hal ini disebabkan oleh Miss V yang dalam keadaan kotor.

Selain itu ada baiknya Anda menghindari menggunakan sabun pembersih vagina, karena mungkin saja pembersihan kebersihan wanita mengandung bahan kimia berlebihan karena dapat memicu terjadinya iritasi.

Dan ada baiknya Anda membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang, hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke Miss V dan bersihkan area Miss V menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk yang kering dan bersih



Apakah Vaginitis Dapat Di Obati?


Ya, tentu saja vaginitis dapat diobati dengan bantuan dari dokter spesialis ginekologi dan biasanya sebelum wanita melakukan pengobatan maka terlebih dahulu dokter akan menanyakan gejala vaginitis yang Anda alami sebagai langkah diagnosa.

Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap cairan yang terdapat pada Miss V untuk mengetahui penyebab pasti yang mengakibatkan Anda mengalami vaginitis.

Sehingga, tindakan pengobatan yang diberikan akan sesuai dengan penyebab Anda menderita infeksi ini. Kemudian nantinya dokter akan meresepkan Anda beberapa obat untuk meredakan rasa tidak nyaman dari gejala vaginitis.

Sehingga pada intinya jika Anda seorang wanita yang mengalami gejala vaginitis maka ada baiknya untuk segera mengatasi hal tersebut dengan menghubungi Kami di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dari dokter ahli dan jangan menganggap remeh kondisi ini karena dapat menyebabkan komplikasi yang akan memperburuk kesehatan kelamin Anda.



Pandungan Penting:

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.